no comments

Wisata Alam dan Wisata Kuliner di Pantai Popoh Tulungagung


Pantai Popoh Tulungagung

Pantai Popoh Tulungagung – Seperti yang sudah sering dibahas sebelumnya hampir tiga perempat wilayah Indonesia terdiri dari lautan. Jadi sangat wajar jika Indonesia memiliki ribuan obyek wisata pantai yang membentang dari ujung Barat hingga ujung Timur,dan hal itu semakin membuktikan indahnya indonesia di mata dunia. Kini satu lagi wisata pantai yang mulai menyedot perhatian publik yaitu Pantai Popoh. Salah satu tempat wisata di Tulungagung Jawa Timur ini terkenal tidak hanya karena pemandangan alamnya yang indah namun juga kulinernya yang unik dan lezat.

Pantai Popoh berada di Kabupaten Tulungagung sekitar 30 kilometer dari pusat kota. Pantai paling populer di Tulungagung ini menawarkan panorama pantai yang tak kalah indah dari pantai-pantai terkenal lainnya di Indonesia. Selain itu pengunjung dapat menyaksikan langsung ritual unik Labuh Sembayo yang digelar setiap tahun. Dalam perjalanan ke lokasi atau dari lokasi, wisatawan bisa singgah di desa pengrajin marmer untuk melihat proses pengolahan marmer secara langsung.

Berlibur di Pantai Popoh Tulungagung sama artinya pengunjung menghabiskan waktu liburan di dua tempat. Ini sangat beralasan karena Pantai Popoh berdampingan dengan wisata pantai lainnya yaitu Pantai Sidem. Akses menuju kedua pantai cukup mudah apalagi infrastrukturjuga sangat mendukung. Meskipun jalan sudah mulus beraspal namun pengunjung tetap harus berhati-hati karena banyak tikungan tajam dan turunan curam khas jalan-jalan menuju pantai.

Menikmati Pemandangan Laut dari Atas Bukit

Pantai Popoh maupun Pantai Sidem merupakan lokasi yang tepat untuk mereka yang hobi surfing maupun snorkeling. Ombaknya yang tidak begitu besar memang cukup ramah untuk aktivitas-aktivitas tersebut. Pemandangan laut yang indah nampak semakin eksotis dilihat dari atas bukit tak jauh dari pantai. Untuk mencapai puncak bukit ini butuh stamina yang prima sebab pengunjung harus meniti anak tangga yang cukup panjang dan melelahkan. Dari puncak bukit ini pula pengunjung biasanya menikmati momen sunset yang dramatis menjelang senja.

Sampai di Pantai Popoh Tulungagung sepertinya terlalu sayang jika tidak sekalian mengunjungi “tetangga terdekat” yaitu Pantai Sidem. Untuk masuk pantai Sidem pengunjung tidak perlu membayar tiket lagi karena lokasinya masih berada digaris yang sama dengan Pantai Popoh. Jika Pantai Popoh memang dikhususkan untuk tempat wisata, Pantai Sidem justru lebih diprioritaskan sebagai perkampungan nelayan. Meski hanya memiliki garis pantai sepanjang 500 meter namun Pantai Sidem juga tak bisa menyembunyikan keelokannya dengan pepohonan yang tumbuh subur disekelilingnya. Jika bukan hari libur Pantai Sidem nampak lengang, biasanya hanya terlihat orang-orang mencari rajungan untuk makanan ternak bebek.

wisata pantai popoh

Sajian Menu Seafood Ala Mak Yah

Sudah menjadi rahasia umum setiap wisatawan yang berkunjung di Pantai Popoh Tulungagung hampir pasti singgah di Warung Mak Yah. Warung Mak Yah memang istimewa karena populer dengan sajian kuliner yang membangkitkan selera makan. Warung yang tak pernah sepi dari pengunjung ini menyajikan menu spesial seafood dengan kelezatan berbeda. Menu paling disukai di warung ini adalah udang dan kepiting asam manis. Kelezatan menu favorit ini tak kalah dengan menu seafood di restoran-restoran mahal.

Menu makanan di Warung Mak Yah semua diolah dengan cara tradisional. Proses memasaknya menggunakan tungku arang sehingga bumbunya benar-benar meresap. Satu lagi yang membuat Warung Mak Yah ini semakin populer adalah Sambel Bledheg. Sambel ala Mak Yah ini rasanya benar-benar pedas sehingga diberi nama Sambel Bledheg atau dalam Bahasa Indonesia berarti Sambal Petir.

pantai popoh

Beberapa meter dari Warung Mak Yah berdiri beberapa kios souvenir. Selain oleh-oleh berupa makanan, di kios-kios ini juga menjual aksesoris dan aneka cinderamata khas Tulungagung. Berbagi jenis dan ukuran kaos bertema Pantai Popoh juga banyak dijual disini. Pengunjung juga sekalian bisa membeli berbagai kerajinan unik karya penduduk lokal dan pernak-pernik yang terbuat dari rumah kerang dan benda-benda laut lainnya.        

Mengunjungi Pusat Kerajinan Marmer dan Ritual Labuh Semboyo

Jika pengunjung berangkat dari pusat kota Tulungagung ke Pantai Popoh biasanya akan melewati Desa Gamping Kecamatan Campurdarat. Desa ini merupakan sentra kerajinan marmer terbesar di Provinsi Jawa Timur. Jika punya banyak waktu pengunjung bisa singgah sejenak di kecamatan ini untuk melihat-lihat secara langsung tangan-tangan pengrajin marmer yang begitu piawai membuat berbagai bentuk furnitur dari marmer. Di tempat ini pula pengunjung bisa langsung membeli aneka kerajinan yang terbuat dari marmer, tentunya dari pengrajinnya langsung.

kerajinan marmer

Belakangan pengembang memilih memprioritaskan pembangunan infrastruktur menuju Pantai Popoh. Intinya dengan infrastruktur yang memadai akses ke lokasi juga semakin mudah. Kondisi ini otomatis membuat jumlah pengunjung yang datang semakin bertambah. Apalagi di Pantai Popoh rutin digelar ritual Labuh Semboyo yang semakin menarik wisawatan untuk datang menyaksikannya.

Labuh Semboyo adalah ritual larung sesaji ke laut berupa makanan dan buah-buahan lengkap. Prosesi larung sesaji ini dilaksanakan setiap bulan Syuro satu tahun sekali sebagai wujud rasa syukur atas hasil laut yang diterima penduduk sekitar dalam kurun waktu satu tahun terakhir. Satu hal yang menjadi nilai minus Pantai Popoh Tulungagung adalah minimnya ruang terbuka. Sayang sekali karena pantai yang begitu indah tertutup oleh pembangunan sejumlah gedung. Meski demikian kondisi ini tak menyurutkan langkah wisatawan untuk menikmati panorama di pantai yang merupakan aset berharga milik masyarakat Tulungagung ini.

Akses Terdekat ke Pantai Popoh

Pantai Popoh Tulungagung mudah diakses dari segala arah, terutama untuk pengunjung yang tinggal di Blitar dan Kediri. Jika pengunjung dari luar daerah berangkat dari Surabaya maka bisa menggunakan 2 jalur yaitu jalur utama yaitu Mojokerto dan Malang.

Lewat Mojokerto: Surabaya – Mojokerto – Jombang – Kertosono – Kediri. Dari Kediri ambil arah ke Tulungagung.

Lewat Malang: Surabaya – Sidoarjo – Malang – Kepanjen – Wlingi – Blitar. Sampai di Blitar ambil arah ke Tulungagung.

 

Reply

hit counter
Select Language