no comments

Tempat Wisata Kuliner Palembang: Menikmati Kuliner Asli di Tepian Sungai Musi


Tempat Wisata Kuliner Palembang

Tempat wisata Kuliner Medan – Memiliki bandara besar sekelas Bandara Internasional Sultan Mahmud Badaruddin II tentu tak sulit bagi Kota Pelembang untuk menjaring pengunjung terutama wisatawan mancanegara. Palembang memang salah satu kota di Sumatera Selatan yang kaya tempat wisata dimana posisinya sendiri merupakan pintu ideal bagi wisatawan mancanegara yang masuk dari Indonesia bagian barat.

Palembang memang memiliki daya tarik luar biasa. Pemandangan nan elok di Sungai Musi atau Jembatan Ampera menjadi destinasi wisata skala internasional yang tak pernah sepi dari pengunjung. Belum lagi Taman Rusa Pusri, Kawah Tengkurep, Benteng Kuto Besak, Museum Sultan Mahmud Badaruddin 2, Monumen Perjuangan Rakyat (Ampera), Kampoeng Kapitan hingga Pemancingan Bukit Sangkal, menawarkan wisata sejarah dan wisata alam yang memukau saat kita berlibur di kota ini.

Tempat Wisata Kuliner di Palembang Paling Populer

Berlibur ke Palembang tidak hanya sekedar Sungai Musi atau Jembatan Ampera. Ada aktivitas lain yang tak kalah seru yaitu mengunjung tempat wisata kuliner Palembang yang menyediakan menu-menu khas menggugah selera.

Butuh informasi  tempat kuliner paling populer di Palembang? Berikut ini beberapa ulasannya.

Pempek dan Es Kacang Merah “Saga” Sudi Mampir

Pempek dan Es Kacang Merah

Tidak masuk akal jika berkunjung ke Palembang tidak mencoba Pempek, makanan tradisional khas Pelembang yang konon sudah mendunia ini. Masalahnya dimana tepat penjual Pempek paling enak di kota ini? Tidak perlu bingung karena Rumah Makan Pempek Saga Sudi Mampir menawarkan rasa Pempek paling istimewa di kota Palembang.

Karena berbahan utama ikan hampir semua produk makanan Pempek berbau amis yang cukup menyengat. Namun itu tidak akan kita temui di rumah makan ini. hal ini karena Pempek buatan Saga Sudi Mampir menggunakan bahan dasar Ikan Tenggiri yang kondisinya masih segar. Rasanya bertambah gurih ketika dsantap bersama asam cuka. Nah sebagai penutup kita bisa memesan es kacang merah yang juga termasuk kuliner asli Palembang. Jika tertarik membeli Pempek rasa paling enak kita bisa langsung meluncur di Pempek “Saga” Sudi Mampir Jalan Merdeka Palembang (depan kantor walikota). Jam buka pukul 12.00 – 22.00 WIB.

Brengkes Tempoyak Rumah Makan Pindang Pegagan Adenia

Brengkes Tempoyak Rumah Makan Pindang Pegagan Adenia

Brengkes Tempoyak, nama kuliner ini mungkin sulit diucapkan namun sekali lidah merasakan nikmatnya dijamin ketagihan. Brengkes Tempoyak memang menggugah selera. Brengkes dalam bahasa Indonesia artinya pepes, makanan yang identik dengan bungkus daun pisang. Sementara Tempoyak adalah durian yang sudah difermentasikan. Meski begitu Brengkes Tempoyak bukan sekedar durian yang difermentasi kemudian dibungkus daun pisang tapi juga ditambahkan ikan. Ikan yang digunakan biasanya Ikan Patin atau Ikan Baung, jenis ikan yang mudah ditemukan di sepanjang aliran Sungai Musi.

Brengkes Tempoyak mudah kita jumpai di sejumlah rumah makan di Palembang. Namun untuk Brengkes Tempoyak yang paling enak hanya ada di Rumah Makan Pindang Pegagan Adenia Jalan Gubernur HA Bastari Palembang. Di Pondok Pindang Meranjat Jakabaring tak jauh dari Rumah Makan Pindang Pegagan juga terdapat rumah makan yang menyediakan Brengkes Tempoyak dengan rasa dan kelezatan yang sama.

Mie Celor HM Syafei Z

Mie Celor HM Syafei Z

Selain Pempek dan Brengkes Tempoyak, Mie Celor juga merupakan kuliner paling populer di Palembang. Menurut bahasa lokal “celor” artinya diseduh. Jadi Mie celor berarti mie yang disajikan dengan cara diseduh. Mie Celor ini biasa disantap untuk sarapan pagi. Selain mie dan kuah santan, komposisi kuliner ini juga terdapat irisan telur, tauge dan ditambah kaldu udang kental. Tak hanya itu, sebagai pelengkap Mie Celor biasanya juga ditambah udang rebus, daun kucai yang diiris dan taburan bawang goreng.

Nah, daripada hanya membayangkan kelezatannya lebih baik langsung meluncur ke Rumah Makan Mi Celor HM Syafei Z. Tak perlu berfikir soal harga karena 1 porsi Mie Celor harganya sekitar Rp 15 ribu saja. Rumah Makan HM Syafei Z ini berada di Jalan KH Ahmad Dahlan Nomor 2, 26 Ilir Palembang.

Celimpungan Jalan Merdeka

Celimpungan Jalan Merdeka

Kuliner khas Palembang yang satu ini hampir mirip dengan Pempek. Hanya saja bentuknya bulat sebesar bola pingpong. Varian lain dari Pempek ini bahan dasarnya sebagian besar sama seperti Pempek. Cara menyantapnya, Celimpungan disiram kuah warna kuning yang merupakan perpaduan santan dan kaldu ikan.

Meskipun bahan dan rasanya hampir sama namun tidak semua rumah makan yang menjual Pempek juga menyediakan Celimpungan. Namun jika penasaran ingin mencicipi kuliner ini kita bisa datang di salah satu tempat wisata kuliner Palembang kawasan Jalan Merdeka atau Jalan Simpang Ilir 26 Palembang.

Pindang Patin Rumah Makan Pindang Pegagan Adenia

Pindang Patin Rumah Makan Pindang Pegagan Adenia

Di Rumah Makan Pindang Pegagan Adenia tidak hanya menyediakan Brengkes Tempoyak namun juga kuliner lain yang tak kalah lezat yaitu Pindang patin. Kuliner yang menggunakan bahan dasar Ikan Patin ini disantap bersama guyuran kuah warna merah. Kuah berwarna merah merupakan perpaduan santan, gula, terasi, asam Jawa, bawang merah dan cabai. Untuk rasa yang lebih nikmat biasanya ditambah potongan nanas dan tomat.

Di Palembang tidak banya Rumah Makan Pindang Pegagan Adenia yang menyediakan Pindang Patin, namun di sejumlah restoran dan rumah makan kini juga sudah tersedia. Salah satunya di rumah makan kawasan Pondok Pindang Meranjat yang masih berada di satu lokasi dengan Rumah Makan Pindang Pegagan Adenia yaitu di Jalan Gubernur HA Bastari.

Sebenarnya untuk menikmati aneka kuliner khas Palembang kita tidak perlu mendatangi tempatnya satu-persatu. Kita cukup datang di Pasar Kuliner di tepian Sungai Musi. Di kawasan ini apapun menu yang dijual di tempat wisata kuliner Palembang pasti tersedia. Sambil bersantap kuliner yang dipesan kita sekaligus bisa menikmati pemandangan di bantaran Sungai Musi dan kerlip lampu di Jembatan Ampera.

 

Reply

hit counter
Select Language