no comments

Tempat Wisata Kuliner Makassar: Seporsi Sajian Nikmat di Kota Daeng


Tempat Wisata Kuliner Makassar

Tempat Wisata Kuliner Makassar – Berada di bagian pesisir Pulau Sulawesi menjadikan Kota Makassar sangat populer dengan wisata-wisata pantai. Satu nama pantai yang hingga kini tetap menjadi icon wisata di kota ini adalah Pantai Losari. Pantai yang terkenal dengan sunset-nya ini menawarkan pesona maha indah saat senja menjemput. Berlayar, bermain babana boat, memancing, bersepeda air dan aktivitas seru lain semua dapat dilakukan disini.

Namun Pantai Losari bukan satu-satunya destinasi wisata di Makassar. Dataran Tinggi Malino, Taman Nasional Bantimurung, Tanjung Bira, Taman Laut Taka Bonerate, Danau Tempe adalah sedikit dari sekian banyak lokasi wisata yang bisa diakses dengan mudah dari kota Makassar. Bagi pengunjung yang lebih suka berinteraksi langsung dengan alam terbuka bisa sepuasnya berendam di Pemandian Air Panas Lejja. Sebaliknya jika lebih suka wisata dengan wahana-wahana modern bisa meluncur ke Trans Studio Makassar.

Tempat wisata Kuliner Paling Populer di Makassar

Selain memiliki banyak koleksi wisata alam dan modern, Makassar juga terkenal dengan kulinernya yang enak dan unik. Sejak dulu kota-kota di Sulawesi identik dengan kuliner yang mengandung rasa bumbu begitu kuat, belum lagi rasa pedas yang cukup dominan. Demikian juga dengan Makassar, di kota ini cukup mudah menemukan kuliner lokal dengan ciri-ciri tersebut. Berikut ini rekomendasi beberapa tempat wisata kuliner paling populer di Makassar.

Pallubasa Serigala & Pallubasa Onta

Pallubasa Serigala & Pallubasa Onta

Daging Serigala dan Daging Onta? Bukan, kuliner khas Makassar ini tidak se-ekstrim itu. Serigala dan Onta hanyalah nama jalan dimana kuliner ini bisa didapatkan. Menu Pallubasa sejatinya adalah sup daging sapi. Namun kuah sup yang dicampur dengan kelapa goreng membuat kuliner ini terasa unik. Tempat paling populer yang menyediakan kuliner ini ada di Jalan Serigala dan Jalan Onta. Jadi memang kedua warung makan ini saling berdekatan. Seperti halnya di daerah lain, nama jalan tempat warung itu berada umumnya dijadikan brand warung makan tersebut.

Baik di Pallubasa Serigala maupun Pallubasa Onta pembeli bisa request bagian-bagian daging sapi yang diinginkan. Misalnya full daging sapi, lidah sapi, daging pipi sapi atau bagian-bagian lain. Selain daging sapi, menu ini biasanya dilengkapi telur ayam kampung. Harga Pallubasa di kedua tempat ini tersebut cukup murah, wajar jika kadang-kadang terdapat antrian mengular.

Sop Konro & Konro Bakar Karebosi

Sop Konro & Konro Bakar Karebosi

Lokasi Sop Konro & Konro Bakar Karebosi berada di Jalan Gunung Lompobattang, tepat dibelakang Bank Indonesia Makassar. Penamaan “Karebosi” merujuk dari nama alun-alun Kota Makassar tempat awal Warung Sop Konro ini dibuka. Kini lokasi warung milik Haji Hanafi ini sedikit bergeser namun masih tak jauh dari area Lapangan Karebosi.

Sedikit informasi tentang Sop Konro, kuliner ini dibuat dari daging sapi dicampur dengan kuah sup. Sementara Konro Bakar adalah daging iga sapi dilumuri racikan bumbu kacang kemudian dipanggang. Selain Sop Konro dan Konro Bakar, disini juga menyediakan Sop Kikil. Di Makassar sendiri sebenarnya banyak warung makan yang menyediakan kuliner ini namun konon yang paling istimewa hanya di warung Konro Bakar Karebosi.

Selain di Makassar warung Konro Bakar Karebosi juga membuka cabang di Jakarta yaitu “Warung Konro Karebosi Kelapa Gading” di Jalan Boulevard Raya Blok TA 2 Nomor 38 Kelapa Gading, Jakarata Utara. Konon Konro Kelapa Gading ini hanya satu-satunya cabang di Indonesia.

Coto Makassar Nusantara

Coto Makassar Nusantara

Bisa dibilang Coto Makassar adalah icon kuliner di Makassar. Terdapat ratusan tempat wisata kuliner Makassar yang menyediakan menu ini, namun hanya ada beberapa tempat yang biasanya menjadi favorit pengunjung, salah satunya Coto Makassar yang ada di Jalan Nusantara. Tempatnya terletak di depan Terminal Peti Kemas, Pelabuhan Makassar. Warung Selain di Jalan Nusantara, Coto Makassar milik Haji Tutu ini juga membuka cabang di Jalan Merpati, tak jauh dari Bank Sulsel di Jalan Ratulangi.

Coto Makassar Jalan Nusantara areanya mungkin tidak seluas di Jalan Merpati. Hanya saja suasana yang ramai di lokasi yang cukup sempit membuat sensasi bersantap yang berbeda. Coto Makassar panas yang baru dimasak dengan kayu bakar ini rasanya lebih nikmat jika disantap beramai-ramai.

Mie Titi

Mie Titi

Kita tinggalkan sejenak kuliner dari daging-dagingan, kita coba kuliner berbahan dasar mie yaitu Mie Titi. Kuliner ini dibuat dari mie yang digoreng hingga kering kemudian disiram dengan kuah kental. Kuah kental ini dibuat dari campuran sayuran hijau dengan adonan telur. Sebagai pelengkap, ditambahkan daging ayam dipotong kecil-kecil dan udang. Di Makassar sendiri Mie Titi sudah populer lebih dari 30 tahun silam. Kuliner ini lebih nikmat jika disantap dengan ramuan cabe rawit dan saus sambal.

Sedikit informasi tentang Mie Titi, kuliner ini merupakan resep turun temurun keluarga Kho Sek Cao. Terakhir Mie Titi dirintis oleh Rusmi Kohen sekitar 40 tahun lalu. Jika penasaran dengan kelezatan kuliner khas Makassar ini bisa langsung datang ke lokasi di Jalan Irian Makassar. Selain di Jalan Irian, Mie Titi juga membuka beberapa cabang di Kota Makassar seperti di Jalan Datumuseng, Jalan Perintis Kemerdekaan, Jalan Bumi Tamalanrea Permai dan Jalan Boulevard. Mie Titi juga membuka cabang di Sungguminarsa, Kabupaten Goa, juda di Pare-Pare. Di Bali juga ada 1 cabang di Jalan Teuku Umar Denpasar namun dengan nama “Mie Galang”. Selain Mie Titi ada beberapa warung dan rumah makan di Makassar yang menyediakan mie kering, misalnya “Mie Awa” di Jalan Pattimura dan di Jalan Sulawesi, juga “Mie Anto”di Jalan Lombok.

Semua tempat wisata kuliner Makassar semua menawarkan ragam sajian yang menggugah selera. Jadi ketika berlibur ke Sulawesi Selatan, khususnya Kota Makassar pastikan perut Anda selalu lapar karena Makassar adalah surganya kuliner.

Reply

hit counter
Select Language