no comments

Tempat Wisata Kuliner Magelang: Kuliner Istimewa di Kota Sejuta Bunga


Wisata Kuliner Magelang

Magelang merupakan salah satu kabupaten di Jawa Tengah yang letaknya bersebelahan dengan Jogja bagian utara. Karena berbatasan langsung dengan Yogyakarta maka sering ada kerancuan terkait dua daerah yang sebenarnya beda provinsi ini. Contoh yang paling fatal adalah Candi Borobudur yang sebenarnya terletak di Magelang kadang disebut-sebut menjadi bagian dari Yogyakarta.

Terlepas dari bayang-bayang nama besar Yogyakarta dengan segala kekayaan wisata dan budayanya, Magelang punya ciri khas tersendiri terkait aset wisata. Tanpa harus silau dengan pamor ‘tetangga sebelah’, Magelang memiliki sejumlah tempat wisata yang cukup familiar bagi wisatawan lokal maupun dari luar daerah. Selain Candi Borobudur yang menjadi salah satu keajaiban dunia, masih ada ‘keajaiban’ tempat wisata lain yang tak kalah menarik seperti Punthuk Setumbu, Grojogan Kedung Kayang, Curug Silawe, Gunung Andong, Pemandian Candi Umbul dan masih banyak lagi.

Tempat Wisata Kuliner di Magelang Paling Populer

Jika Yogyakarta punya Gudeg sebagai icon kulinernya, Magelang juga memiliki aset kuliner yang cukup beragam. Ada banyak rumah makan dan restoran yang menyediakan berbagai menu kuliner yang mungkin jauh lebih lezat dari tempat kuliner di daerah lain. Butuh informasi tempat wisata kuliner di Magelang paling populer? Berikut ini rekomendasinya.

Warung Sop Senerek

Warung Sop Senerek

Sop Senerek adalah kuliner asli Magelang yang konon merupakan makanan warisan zaman Belanda. Pada zaman penjajahan dulu makanan ini disebut Snert Soup, yaitu sop yang menggunakan bahan utama kacang polong hijau. Setelah beberapa puluh tahun kini Sop Senerek bahan bakunya diganti dengan kacang merah.

Secara lengkap Sop Senerek terdiri dari campuran kacang merah, kentang dan daging sapi. Sebagai pelengkap ditambah irisan wortel, daun bawang dan daun seledri. Kuliner ini paling enak jika dinikmati saat masih panas. Tentunya lebih cocok disantap malam hari di tengah udara dingin Kota Magelang.

Untuk Sop Senerak paling enak banyak pengunjung yang memilih Warung Sop Senerek Pak Harto. Lokasinya ada di Jalan Ikhlas No. 12 (Pertokoan Rejo Mulyo) atau sebelah gerbang masuk ke Gunung Tidar.

Kupat Tahu Magelangan

Kupat Tahu Magelangan

Kupat Tahu juga salah satu kuliner khas Magelang yang tidak boleh dilewatkan. Banyak juga yang menyebut kuliner ini dengan Tahu Guling. Rasanya gurih dan lezat. Jika melintas sepanjang jalan Magelang banyak gerobak-gerobak di pinggir jalan yang menjual Kupat Tahu. Saking banyaknya orang yang menjual kuliner ini, bisa di bilang Kupat Tahu ini menjadi icon-nya kuliner Magelang.

Selain bahan Ketupat dan Tahu, kuliner ini dilengkapi bahan-bahan lain seperti kubis, kacang tanah (diulek), bawang goreng, bakwan, daun seledri, cabai, dan taburan tauge. Untuk menyempurnakan kelezatannya ditambahkan kuah dicampur kecap dan topping kerupuk renyah. Kupat Tahu ini mudah dijumpai di Magelang terutama di Kecamatan Blabak. Namun bagi yang berada di pusat kota bisa menemukan kuliner ini di sekitar alun-alun Kota Magelang.

Warung Sego Godog Pak Broto

Warung Sego Godog Pak Broto

Mungkin kuliner ini terdengar aneh karena jika diartikan dalam Bahasa Indonesia “Nasi Godog” artinya “Nasi Rebus”. Lho, dimana letak enaknya nasi yang direbus? Tunggu dulu kita ikuti proses pembuatannya.

Sego Godog memang kuliner dari nasi yang direbus. Yang membuat sajian ini sangat istimewa, kuah direbus ditambah bumbu-bumbu rempah tradisional. Setelah kuah bercampur bumbu selanjutnya nasi dan mie dimasukkan kemudian dimasak hingga matang. Cara memasaknya tidak menggunakan kompor tapi dipanaskan diatas bara dari arang. Setelah matang lalu ditambah bahan pelangkap yaitu telur dan potongan daging ayam. Pembeli juga bisa request lauk lain seperti ceker, rempelo ati atau lainnya.

Konon tempat wisata kuliner Magelang yang menyediakan Sego Godog paling enak yaitu Warung Sego Godog Pak Broto. Lokasinya ada di Noyotidan, Banjarnegoro (Mertoyudan), Magelang atau selatan SMA Taruna Nusantara.

Mangut Beong Warung Makan Sehati

Mangut Beong Warung Makan Sehati

Mangut Beong merupakan kuliner khas Magelang yang menggunakan bahan dasar ikan Beong. Beong sendiri termasuk ikan air tawar yang banyak terdapat di sepanjang aliran sungai di Magelang. Secara fisik bentuknya mirip Ikan Lele. Nah, tempat yang menyediakan kuliner Mangut Beong paling enak di Magelang yaitu Warung Makan Sehati.

Pemilik warung ini namanya Bu IStiqomah sekaligus merupakan pemilik generasi kedua setelah pemilik pertama. Singkatnya, Warung Makan Sehati ini berdiri sejak tahun 1996. Bermula ketika ada pemancing yang menawarkan Ikan Beong ke pemilik warung yang waktu itu masih berupa warung kecil-kecilan. Nah, setelah Ikan Beong tersebut diolah menjadi Mangut Beong ternyata rasanya sangat enak dan gurih. Sejak tahun 2000 Mangut Beong ala Warung Makan Sehati mulai terkenal. Kini setiap harinya warung ini memasak Ikan Beong tak kurang dari 80 kg perhari.

Jika ingin mencicipi gurihnya Mangut Beong bisa langsung datang di Warung Makan Sehati di Desa Bumen, Kelurahan Kembanglimus, Kecamatan Salaman, Magelang. Jaraknya hanya sekitar 1,5 kilometer dari kawasan Borobudur.

Mangut Lele Warung Purnama

Mangut Lele Warung Purnama

Setelah mencicipi Mangut Beong di Warung Makan Sehati, berikutnya kita coba kuliner Mangut lainnya yaitu Mangut Lele di Warung Purnama. Warung ini sudah terkenal dengan kuliner Mangut Lele sejak tahun 1965 silam. Mangut Lele disini terkenal dengan kuah santannya yang kental dilengkap sambel goreng. Sambel goreng ini dibuat dari beberapa bahan seperti potongan tahu, cabe merah, cabe hijau, pete dan buncis. Rasanya sudah pasti menggugah selera makan. Jangan lupa, selain Mangut Lele disini juga tersedia Mangut Bawal dan Ikan Goreng air tawar.

Jika ingin mencoba sensasi lezat Mangut Lele dan sambel gorengnya bisa langsung meluncur ke Warung Purnama. Lokasinya tak jauh dari jembatan Sungai Pabelan atau perbatasan Muntilan – Magelang.

Bagaimana, sudah cukup puas dengan informasi tempat wisata kuliner Magelang di atas? Jangan dulu bilang tidak puas sebelum mencoba satu-persatu ya. Selamat berlibur di Magelang, Kota Sejuta Bunga.

Reply

hit counter
Select Language