no comments

Tempat Wisata Kuliner Madura: Serunya Bersantap Kuliner di Pulau Garam


Tempat Wisata Kuliner Madura

Tempat Wisata Kuliner Madura – Bicara tentang Madura dibenak kita mungkin terlintas dialeg bahasa yang khas, selain mungkin tradisi Kerapan Sapi yang konon telah mendunia. Terlepas dari dua hal tersebut Madura juga sangat kaya tempat wisata terutama wisata pantai. Bangkalan termasuk salah satu kabupaten di Madura yang memiliki lokasi wisata pantai paling menarik. Sebut saja Pantai Siring Kemuning, Pantai Rongkang, pantai Camplong, Pantai Nepa dan Hutan Kera Nepa, dan Pantai Talang Siring. Ini belum termasuk spot menarik lain seperti Api Tak Kunjung Padam, Air terjun Toroan, Sentra Batik Madura Tanjung Bumi dan masih banyak lagi.

Secara geografis Kabupaten Bangkalan terletak di ujung paling Barat Pulau Madura berbatasan langsung dengan Laut Jawa di bagian Utara, Selat Madura di bagian Selatan dan Barat, dan kabupaten Sumenep di bagian Timur. Kabupaten Bangkalan sendiri menjadi akses pintu masuk dari Surabaya ke Pulau Madura semenjak diresmikannya Jembatan Suramadu.

Tempat Wisata Kuliner Paling Populer di Madura

Selain terkenal dengan ragam wisatanya, Pulau Madura yang masih termasuk wilayah Provinsi Jawa Timur ini juga terkenal dengan kulinernya yang unik. Di Kabupaten Bangkalan sendiri terdapat puluhan bahkan ratusan kuliner yang menarik untuk dicoba. Bagi yang ingin berlibur ke Pulau Madura, berikut rekomendasi tempat wisata kuliner paling populer di Madura yang bisa kita temukan di Bangkalan.

Nasi Serpang Bangkalan

 Nasi Serpang Bangkalan

Kuliner khas Madura yang satu ini merupakan sajian lezat dari perpaduan nasi dan lauk pauk. Rasanya unik karena diolah dengan bumbu dan rempah tradisional. Dalam satu porsi nasi Serpang juga terdapat daging dan ikan laut. Rasa sajian kuliner ini semakin mantap karena biasanya ditambah dengan kerupuk rambak bumbu rujak.

Yang penasaran dengan rasa Nasi Serpang bisa langsung menuju lokasi di Jalan Panglima Sudirman – Bangkalan.

Kaldu Kokot

Kaldu Kokot

Nama kuliner yang aneh dan mungkin seunik rasanya. Kaldu Kokot sebenarnya mirip dengan sop. Bedanya, jika sop biasa yang sering kita makan terdiri dari kuah segar berisi daging dan sayuran, Kaldu Kokot ini adalah sop terbuat dari kacang hijau yang diolah dengan aneka bumbu rempah kemudian disajikan dengan potongan-potongan kikil. Yang membuat rasanya semakin unik karena penyajiannya ditambah kacang uleg bumbu petis.

Kuliner ini cukup populer di Madura terutama di Bangkalan,  namun untuk rasa Kaldu  Kokot yang istimewa biasanya masyarakat Kota Bangkalan lebih memilih Warung Kaldu Kokot di Jalan Arif Rahman Hakim Nomor 13 – Bangkalan.

Bebek Goreng Sinjai

Bebek Goreng Sinjai

Bebek goreng sebenarnya bukan kuliner trade mark-nya Madura pasalnya kuliner yang satu ini ada disetiap daerah di Indonesia dengan versi rasa berbeda. namun Bebek Goreng Sinjai memang istimewa karena citarasanya yang khas. Selain tekstur daging bebek yang lembut, kremes-nya juga sangat gurih. Konon banyak masyarakat Surabaya yang rela menyeberang ke Madura hanya untuk bersantap kuliner Bebek Sinjai ini.

Selain dinikmati dengan nasi hangat, Bebek Goreng Sinjai biasanya disajikan dengan sambel pencit yang pedasnya menggugah selera. Tempat wisata kuliner Madura ini bisa kita temui di Jalan raya Ketengen Nomor 45 – Bangkalan.

Soto Mata Sapi

Soto Mata Sapi

Mungkin kita sudah biasa menikmati rasa khas soto seperti Soto Babat, Soto Daging, Soto Ayam, atau Soto Kikil. Nah, bagaimana dengan Soto Mata Sapi? Apakah benar-benar dibuat dari mata sapi? Iya benar, kuliner asli Madura ini memang terbuat dari mata sapi yang masih utuh terbalut tulang. Tapi tenang, kuliner ini tidak begitu ekstrim seperti yang kita bayangkan karena masih dilengkapi dengan irisan daging sapi dan disajikan dengan kuah soto.

Nama “Soto Mata Sapi”, apalagi terbuat dari bahan mata sapi asli memang terdengar seram dan mengerikan. Namun karena diolah dengan bumbu-bumbu rahasia, rasanya justru lebih enak dan lezat. Soto Mata sapi ini biasanya disantap dengan sambal pedas atau bisa juga sebagai lauk nasi. Mau mencoba keunikan rasa Soto Mata Sapi? Langsung datang saja di Jalan Raya Burneh – Bangkalan.

Nasi jagung

Nasi jagung

Nasi jagung memang makanan khas Madura dan termasuk kuliner unik bagi yang datang dari luar daerah. Sebenarnya disetiap daerah di Indonesia memiliki cara tersendiri dalam mengolah jagung menjadi nasi. Akan tetapi nasi jagung khas Madura memiliki ciri khas dan rasa tersendiri, lebih enak dan lezat. Nasi jagung khas Madura tidak hanya terbuat dari jagung yang sudah digiling tapi juga dicampur beras. Tentunya mengggunakan perbandingan khusus untuk menghasilkan nasi jagung yang enak dan tidak terlalu didominasi warna kuning jagung.

Nasi jagung Madura biasanya disajikan dengan aneka lauk pauk seperti pepes ikan, gudangan, ikan asin, rempeyek, dan jenis lauk lainnya. Rasanya tentu saja lebih lezat dibanding dengan nasi putih biasa. Tidak ada lokasi khusus yang direkomendasikan karena hampir semua warung makan di Madura, khususnya Bangkalan menyediakan kuliner nasi jagung ini. Jadi cukup mudah ditemukan tanpa harus jauh-jauh mencari di tempat tertentu.

Tajin Sobih Bangkalan

Tajin Sobih Bangkalan

Kuliner khas Madura tidak hanya melulu didominasi rasa gurih, paling tidak Tajin Sobih menjadi kuliner dengan rasa berbeda. Kuliner yang satu ini penyajiannya hampir mirip dengan bubur. Hanya saja Tajin Sobih rasanya lebih enak dan didominasi rasa manis yang kuat. Rasa manis ini didapat dari perpaduan santan dan gula Jawa yang dimasak hingga mengental. Kuliner Tajin Sobih bisa kita temukan di Jalan RE Martadinata Nomor 24 – Bangkalan.

Sepertinya beberapa tempat wisata kuliner Madura diatas cukup untuk melengkapi liburan Anda di Madura khususnya di Kabupaten Bangkalan. Tapi ingat jika punya banyak waktu masih banyak lagi kuliner-kuliner lain yang harus Anda coba seperti Sate Madura, Topak Ladeh, Otok, Lorjuk, Bebek Songkem, atau Soto Madura.

 

Reply

hit counter
Select Language