no comments

Tempat Wisata Kuliner Madiun: Sajian Kuliner Manis di Kota Gadis


Tempat Wisata Kuliner Madiun: Sajian Kuliner Manis di Kota Gadis

Tempat Wisata Kuliner Madiun – Sejatinya Madiun mempunyai potensi wisata yang tak kalah fantastis di banding daerah lain di Jawa Timur. Namun masih minimnya eksplorasi dan promosi dari pihak pengelola menjadi penyebab sebagian tempat wisata di Madiun seperti ‘tenggelam’ di bawah kepopuleran Jatim Park I & II di Batu, Taman Safari II Pasuruan, Gunung Bromo atau tempat-tempat wisata lain di Provinsi Jawa Timur.

Meski kurang begitu terekspos Madiun kini terus bersolek, salah satunya pembangunan yang dititikberatkan di sektor pariwisata. Hasilnya mulai kelihatan. Berbagai tempat wisata seperti Taman Wisata Umbul, Sun City & Theme Park, Dumilah Water Park kini mulai dipadati pengunjung yang ingin menikmati berbagai wahana menarik untuk mengisi liburan. Tak hanya itu, potensi wisata alam juga mulai dipercantik dengan pembaruan sejumlah fasilitas umum. Dampaknya cukup signifikan, tengok saja Air Terjun Krecekan Ndenu, Air Terjun Seweru, Wisata Alam Grape, dan beberapa tempat wisata alam lainnya kini mulai dibanjiri wisatawan.

Tempat Wisata Kuliner di Madiun Paling Populer

Bicara kuliner khas Madiun, terlihat sekali kita sangat kudet jika hanya menyebut “Pecel”. Jelas saja karena daerah yang berjuluk Kota Gadis ini memiliki varian kuliner yang sangat recommended untuk memanjakan perut. Mau tahu? Simak beberapa tempat wisata kuliner di Madiun paling populer berikut ini.

Om Breng Café

Om Breng Café

Tempat wisata kuliner di Madiun yang satu ini merupakan opsi yang tepat bagi yang mencari aneka menu kuliner lengkap. Mengusung desain café layaknya rumah makan yang sedang booming saat ini, Om Breng Café menawarkan varian menu kuliner lengkap seperti Nasi Ayam Geprek, Mie Brengos, Kwetiau Ayam Klasik dan Mie Godog. Sebagai menu andalan pengunjung bisa mencicipi kelezatan Nasi Gandul.

Menu Mie Godog yang tersedia disini tentunya bukan sekedar mie rebus biasa. Ada tambahan bumbu-bumbu khusus sehingga rasanya lebih gurih dan lezat. Untuk hidangan penutup kita bisa memilih aneka es krim serta beberapa jenis minuman klasik seperti Es Kling, Mujito, dan Es Serut Strawberry. Nah, sebelum lapar terlanjur parah segera datang di Om Breng Café di Jalan Jawa Nomor 4 Kartoharjo, Madiun.

Lombok Idjo

Lombok Idjo

Lombok Idjo merupakan restoran khas Jawa yang terletak di pusat Kota Madiun. Merujuk dari namanya, restoran ini menyediakan menu kuliner yang identik dengan sambal. Benar, disini setidaknya ada 2 jenis sambal untuk melengkapi menu utama yaitu sambal bawang dari bahan caber rawit dan sambal hijau dari bahan cabai hijau. Karena terletak di pusat kota, restoran Lombok Idjo mudah diakses dari berbagai arah. Lokasinya juga sangat dekat dengan Plaza Sri Ratu dan Hotel Amaris. Di papan nama terlihat tulisan “Khas Semarang” yang menandakan restoran ini memiliki sejumlah cabang di beberapa tempat.

Menu kuliner yang tersedia disini cukup beragam. Ada ayam bakar, daging empal, ayam goreng, ikan bakar, ikan goreng, hingga tahu dan tempe serta berbagai jenis olahan sayur-sayuran. Yang membuat sajian Restoran Lombok Idjo terasa istimewa adalah kekuatan rasa bumbu-bumbunya. Apalagi jika dikombinasikan sambal bawang atau sambal hijau tentu menyisakan sensasi berbeda di lidah. Tidak perlu khawatir kepedasan karena disini juga tersedia aneka minuman seperti teh, jus buah, kopi, soft drink dan air mineral. Mau coba sensasi pedas kuliner khas Madiun? Datang saja di Lombok Idjo Restaurant di Jalan Kalimantan, Madiun.

Depot Dawet Suronatan

Depot Dawet Suronatan

Sesuai namanya salah satu tempat wisata kuliner Madiun ini menyediakan dawet sebagai menu andalan. Rumah makan yang sudah terkenal sejak tahun 80-an ini tak hanya menyediakan kuliner Dawet Suronatan namun juga berbagai hidangan lain. Konon Dawet Suronatan diolah menggunakan resep khusus turun temurun sehingga rasanya tidak berubah dari generasi ke generasi.

Selain rasanya yang manis, Dawet Suronatan terlihat istimewa karena ditambahkan tape, ketan hitam dan potongan-potongan roti. Selain menu andalan Dawet Suronatan disini juga menyediakan gado-gado dan aneka gorengan mulai dari bakwan, tahu goreng, tempe goreng, pisang goreng, singkong keju, dan lain sebagainya. Di dalam ruangan  terdapat banyak sekali kalender baik kalender lama maupun baru. Tentu saja membuat depot ini terlihat unik dan nyentrik.

Lokasi Depot Dawet Suronatan di Jalan Merbabu, Mangunharjo, Madiun. Dari alun-alun kota hanya berjarak sekitar 100 meter. Ada lagi satu cabangnya yaitu di Jalan Panjaitan Madiun, dekat Perempatan Te,an.

Depot Nasi Pecel 99

Depot Nasi Pecel 99

Untuk rekomendasi tempat kuliner berikutnya kita mampir sebentar di Depot Nasi Pecel 99 Madiun. Soal kelezatan Nasi Pecel hampir semua orang sudah tahu karena pecel sendiri merupakan icon kuliner di Madiun. Untuk hidangan yang lebih bervariasi, Depot Nasi Pecel 99 ini tidak hanya menyediakan Nasi Pecel tapi juga beberapa kuliner lain seperti Nasi Bumbu Bali, Pecel Lele dan Rawon.

Depot Nasi Pecel 99 juga merupakan pusat oleh-oleh khas Madiun. Jadi bagi pengunjung yang datang dari luar kota bisa sekalian membeli aneka oleh-oleh seperti Sambel Pecel, Brem, Madumongso dan Kripik Lempeng.

Mau bersantap sambil berbelanja oleh-oleh khas Madiun? Langsung saja meluncur ke Depot Nasi Pecel 99 di Jalan HOS Cokroaminoto, Madiun bersebelahan dengan tempat Karaoke “Happy Puppy”. Rumah makan ini terletak di pusat Kota Madiun sehingga mudah diakses dari segala arah.

Masih belum puas dengan rekomendasi 4 tempat wisata kuliner Madiun diatas? Tenang saja karena masih banyak tempat-tempat kuliner lain yang tak kalah menarik di Madiun seperti “Ayam Bakar Cobek” di Jalan Kelapa Manis, “Warung Latte” di Jalan HOS Cokroaminoto, “Gado-Gado & Tahu Campur Pak Tomo” di Jalan Biliton, dan “Nasi Bakar Cak Wot” di Jalan Serayu Timur.

 

Reply

hit counter
Select Language