no comments

Tempat Wisata Kuliner Lampung: Mencicipi Kuliner Asli Kota Kain Tapis


Tempat Wisata Kuliner Lampung: Mencicipi Kuliner Asli Kota Kain Tapis

Tempat Wisata Kuliner Lampung – Indonesia sangat beruntung memiliki Provinsi seperti Bandar Lampung. Kekayaan alam yang sebagian besar telah dieksplorasi menjadi obyek wisata, membuat daerah yang resmi menjadi provinsi di Indonesia tahun 1964 ini semakin dikenal luas. Tak hanya oleh mereka yang tinggal di Pulau Sumatera namun tempat-tempat  wisata di Lampung sudah terkenal hingga luar pulau bahkan luar negeri.

Pantai-pantai yang indah siap menyambut kapanpun kita berkunjung ke Lampung. Pantai Pasir Putih, Pantai Tanjung Tiga, Pantai Tanjung Setia, Pulau Kubur dan Teluk Kiluan adalah bukti nyata bahwa Lampung memang memukau. Kita juga bisa lebih dekat melihat pelatihan gajah di Taman Nasional Way Kambas atau sekedar jalan-jalan di Menara Siger yang merupakan titik nol jalur lintas Sumatera. Bagi yang mencari sarana rekreasi keluarga bisa datang langsung di Taman Wisata Lembah Hijau dengan Kebun Binatang Mini dan Water Boom-nya.

Tempat Wisata Kuliner di Lampung Paling Populer

Seperti halnya tempat wisata alam dan modern, Lampung yang memiliki julukan Kota Kain Tapis ini juga terkenal dengan kuliner-kulinernya yang khas. Ini juga menjadi daya tarik dari sisi lain dimana aneka kuliner di Lampung mampu menjadi magnet bagi wisatawan untuk menghabiskan waktu liburan.

Yang berencana pergi ke Lampung untuk liburan mendatang, berikut rekomendasi tempat wisata kuliner di Lampung paling populer saat ini.

Mie Khodon Teluk Betung

Mie Khodon Teluk Betung

Seperti namanya tempat wisata kuliner di Lampung ini menawarkan kuliner mie sebagai bahan utamanya. Rasa mie yang unik membuat Mie Khodon cukup familiar di Bandar Lampung. Banyak orang menyebutnya tempat kuliner legendaris karena memang sudah memiliki banyak pelanggan sejak tahun 1965. Track record-nya yang cukup mentereng membuatnya menjadi tempat persinggahan wajib para pelancong lokal maupun dari luar pulau.

Sajian mie disini memang berbeda dari mie kebanyakan. Selain lebih tebal, tekstur mie juga lebih halus dan kenyal. Belum lagi kombinasi bumbu-bumbu tradisionalnya sanggup membangkitkan rasa lapar hanya dengan mencium aromanya. Di Bandar lampung hanya Mie Khodon pilihan paling tepat untuk pecinta kuliner mie.

“Mie Khodon” Jalan Kan Bawal No. 23-24 Teluk Betung – Bandar Lampung.

Pondok Santap LG

Pondok Santap LG

Ini bukan brand produk elektronik tapi salah satu tempat wisata kuliner Lampung yang cukup terkenal. Tak banyak yang ingin tahu sejarah penamaan rumah makan berkonsep lesehan ini karena orang lebih fokus pada sajian menu kuliner yang konon paling lezat di Bandar Lampung. Salah satu menu andalan di Pondok Santap LG adalah Nasi Bakar.

Nasi bakar ayam pedas menjadi menu favorit para pelanggan di Pondok Santap LG. Rasa pedas yang istimewa berasal dari sambal yang diracik menggunakan resep turun temurun. Rasanya sangat unik, berbeda dari rasa ayam olahan kebanyakan. Disini juga menyediakan aneka minuman mulai dari teh, kopi, soft drink, air mineral hingga aneka jus buah.

“Pondok Santap LG” Jalan Ir. Juanda, Pomahan, Bandar –Lampung.

Rumah Makan Pindang Meranjat

Rumah Makan Pindang Meranjat

Nama Pindang Meranjat mungkin terdengar aneh, namun bagi penduduk Pulau Sumatera kuliner ini sangat terkenal bahkan bisa dibilang icon-nya kuliner Sumatera. Seperti namanya kuliner ini mengandalkan Ikan Pindang sebagai bahan utama. Yang membuatnya istimewa karena dicampur bumbu-bumbu rahasia sehingga rasanya lebih lezat dari olahan ikan laut pada umumnya.

Salah satu rumah makan paling terkenal dengan kuliner ini adalah Rumah Makan Pindang Meranjat di Kawasan Rajabasa. Suasana bersantap disini lebih nyaman, lebih bersih apalagi didukung desain tempat dengan tema melayu sehingga kesan vintage terlihat lebih menonjol. Hampir semua masyarakat Bandar Lampung mengenal rumah makan di Jalan Pramuka ini karena sudah memiliki banyak pelanggan sejak tahun 1980.

“Rumah Makan Pindang Meranjat” Jalan Pramuka. Rajabasa – Bandar Lampung

Granny’s Nest Café And Resto

Granny’s Nest Café And Resto

Granny’s Nest Café And Resto menjadi populer bukan hanya karena sajian kulinernya, namun desain rumah makan dengan konsep café ini membuat banyak orang tertarik bersantap disini. Namun sedikit keluar dari kuliner asli Lampung, disini lebih memprioritakan menu western dan Asian cuisine. Intinya bagi pengunjung yang suka menu-menu Eropa dan Asia, pilihan paling tepat hanya di Granny’s Nest Café And Resto ini.

Sedikit membahas masalah desainnya, tempat makan berkonsep café dan resto ini mengusung desain minimalis modern. Dekorasi Shabby Vintage membuat pengunjung seperti berada di era beberapa puluh tahun lalu dimana nuansa klasik terasa cukup kental. Para pengunjung tidak perlu phobia dengan harga menu western karena faktanya harga menu-menu yang ditawarkan disini cukup ramah di kantong.

“Granny’s Nest Café And Resto” Jalan Sebuku No 9 Antasari – Bandar Lampung

Nasi Uduk Toha Bandar Lampung

Nasi Uduk Toha Bandar Lampung

Nasi uduk ternyata tidak hanya bisa dijumpai di Jakarta namun kuliner ini juga bisa kita temukan di Bandar Lampung. Di kota ini ada banyak tempat yang menyediakan nasi uduk, namun konon yang paling lezat hanya ada di Rumah Makan Nasi Uduk Toha di pusat Kota Bandar Lampung.

Nasi Uduk Toha menawarkan kelezatan nasi dan lauk pauk yang berbeda dari tempat lain, atau bisa dikatakan lebih lengkap. Adapun varian lauk pauk yang siap menggoyang lidah diantaranya ayam goreng, dadar telur, telur mata sapi, bawang goreng dan sambal spesial. Tempat kuliner ini direkomendasikan untuk pengunjung yang suka menu-meu kuliner dengan lauk melimpah.

“Rumah Makan Nasi Uduk Toha” Jalan RA Kartini No 156 – Bandar Lampung.

Aneka tempat wisata kuliner Lampung bisa menjadi alternatif bersantap jika suatu saat berlibur di Lampung. Bagi wisatawan dari luar pulau Sumatera yang berencana berwisata ke Lampung sebaiknya menggunakan jasa agen perjalanan wisata. Biasanya tarif agen wisata lebih murah karena perjalanan dilakukan secara berombongan, jadi biaya transportasi bisa ditekan. Selamat Berlibur.

 

Reply

hit counter
Select Language