no comments

Tempat Wisata Kuliner Gorontalo: Sensasi Pedas Kuliner Asli Kota Serambi Madinah


Tempat Wisata Kuliner Gorontalo

Tempat Wisata di Gorontalo – Berlibur di tempat istimewa selalu meninggalkan banyak cerita. Terselip kenangan yang mungkin akan menjadi memori seumur hidup saat menikmati pesona wisata bersama orang-orang tercinta. Cerita indah ini mungkin juga akan kita temui saat berlibur di Gorontalo. Sebuah kota yang dulu merupakan bagian dari Provinsi Sulawesi Utara namun kini berdiri sebagai provinsi sendiri.

Di bagian Timur Indonesia sepertinya sulit sulit mencari lokasi wisata yang sebanding dengan pesona wisata di Gorontalo. Pantai Bolihutua, Pulau Bitia, Danau Limboto dan Taman Laut Olele dengan pemandangan bawah laut yang maha indah, adalah sedikit gambaran keindahan alam di kota berjuluk Kota Serambi Madinah ini dan merupakan salah satu surgawisata yang dimiliki Indonesia.

Tempat Wisata Kuliner di Gorontalo Paling Populer

Kekayaan alam di Gorontalo hampir semua berpotensi menjadi destinasi wisata kelas dunia. Namun dibalik itu ada satu hal lagi yang tak kalah istimewa yaitu keunikan kulinernya. Benar, Gorontalo memiliki beragam kuliner yang mungkin belum pernah kita cicipi atau bahkan baru kali ini kita dengar namanya. Nah, jika sekali waktu berlibur di kota ini, ada beberapa menu kuliner sekaligus tempat wisata kuliner di Gorontalo paling populer yang harus kita kunjungi.

Sate Tuna Asli Gorontalo

Sate Tuna Asli Gorontalo

Sate bukan kuliner asing bagi masyarakat Indonesia. Hampir semua daerah mengenal makanan ini meski rasa dan cara pengolahannya mungkin berbeda. Namun begitu Sate Tuna khas Gorontalo ini benar-benar unik. Jika sate biasa menggunakan bahan daging kambing, daging ayam atau daging sapi, Sate Tuna menggunakan bahan Ikan Tuna segar. Ikan Tuna yang cukup besar dipotong dadu lalu ditusuk berderet seperti sate pada umumnya.

Pantai-pantai di Gorontalo selain menawarkan keindahan juga menghasilkan Ikan Tuna yang melimpah. Selain dibuat Sate Tuna, Ikan Tuna biasanya juga diolah menjadi makanan khas Jepang yaitu Sashimi. Tentunya dengan bumbu-bumbu rempah khas Indonesia sehingga citarasanya benar-benar isitmewa. Ada beberapa variasi Ikan Tuna olahan lainnya seperti Sup Ikan Tuna, Dada Tuna Bakar dan Tuna Bumbu Woku.

Tempat yang direkomendasikan: Kompleks Wisata Tangga 2000, Pantai Pohe, Gorontalo

Binte Biluhuta

Binte Biluhuta

Provinsi Gorontalo tercatat sabagai salah satu daerah penghasil jagung terbesar di Indonesia. Cukup masuk akal jika salah satu koleksi kulinernya terbuat dari bahan jagung. Berdasarkan kamus bahasa lokal, “Binte” artinya jagung dan “Biluhuta” artinya disiram. Jadi Binte Biluhuta kurang lebih artinya jagung yang disiram.

Kuliner khas Gorontalo ini sekilas mirip Tinutuan atau Bubur Manado. Terlihat mirip karena keduanya sama-sama berkuah dilengkapi sayuran dan Ikan Cakalang yang disuwir-suwir. Yang membedakan, Tinutuan menggunakan bahan singkong dan beras, sementara Binte Biluhuta khusus menggunakan bahan jagung ditambah parutan kelapa. Binte Biluhuta sendiri paling enak dinikmati sewaktu masih panas.

Kompoisis Binte Biluhuta terdiri dari Jagung Milu Pulo atau jagung manis (jagung kuning), parutan kelapa, suwiran Ikan Cakalang dan udang disajikan dengan kuah yang sudah diberi bumbu-bumbu rempah khas Gorontalo. Sebagai pelengkap biasanya disajikan dengan irisan tomat, daun bawang, cabai dan daun kemangi. Agar lebih segar kuliner ini juga ditambah perasan Jeruk Lemon Suwanggi. Cukup banyak tempat wisata kuliner Gorontalo yang menyediakan menu ini karena Binte Biluhuta saat ini sudah menjadi icon kuliner kota Gorontalo.

Tempat yang direkomendasikan: Rumah Makan Ci’Kia Jalan Tribatra No 69 Gorontalo.

Bilenthango Khas Gorontalo

Bilenthango Khas Gorontalo

Kuliner Bilenthango masih ada hubungannya dengan ikan, tapi bukan Ikan Tuna melainkan Ikan Mujair. Kuliner ini merupakan kreasi yang luar biasa dimana Ikan Mujair di goreng setengah matang atau lebih tepatnya dipanggang. Prosesnya, ikan dibungkus daun pisang kemudian diletakkan di penggorengan yang telah diolesi minyak goreng lalu dimasak diatas api kecil. Sebelumnya, ikan yang dipanggang dibelah menjadi dua dan diolesi bumbu-bumbu rempah.

Supaya Bilenthango ini lebih nikmat biasanya disajikan dengan irisan cabe rawit, daun bawang dan daun kemangi. Untuk sajian Bilenthango lengkap biasanya juga disajikan dengan Sambal Roa, Dabu Dabu, dan Pilitode Lo Poki Poki (perpaduan terong santan dan terong bakar). Dari bahan-bahan dan cara pembuatannya kuliner yang satu ini dijamin membuat kita rindu kembali ke Gorontalo.

Tempat yang direkomendasikan: Café Brazil, Kawasan Wisata Teluk Tomini, Gorontalo

Ayam Iloni & Ilabulo

Ayam Iloni & Ilabulo

Sama seperti kuliner sate, ayam bakar juga merupakan kuliner yang mudah dijumpai di daerah manapun. Hanya saja Ayam Iloni memiliki ciri khas yang tidak sama dengan ayam bakar atau ayam panggang biasa. Citarasa Ayam Iloni lebih kuat karena bumbu olesnya benar-benar meresap. Adapun bumbu-bumbu yang digunakan antara lain: cabai, kunyit, kemiri, jahe, bawang merah, bawang putih dan rempah-rempah asli Indonesia lainnya. Perpaduan rasa gurih dan pedasnya meninggalkan sensasi nikmat yang tak mudah hilang di lidah.

Berbeda dari Ayam Iloni, Ilabulo termasuk kuliner ringan namun juga mengenyangkan. Makanan khas Gorontalo ini terbuat dari sagu dicampur hati ayam lalu dimasak dengan santan. Nah, jika kita pernah makan Otak-otak kurang lebih bentuknya seperti itu. Bedanya, jika Otak-otak dinikmati dengan cara dicocol sambal kacang untuk mendapatkan rasa pedas, Ilabulo sudah terasa pedas dengan sendirinya karena diolah dengan rempah-rempah yang sudah mengandung unsur pedas.

Tempat yang direkomendasikan: Rumah Makan Prima Rasa (Ayam Iloni) Limboto, Jalan Sudirman, Limboto, Gorontalo.

Wisata Kuliner Gorontalo

Satu kebanggaan jika Anda sempat berpetualang menjelajah tempat wisata alam di Gorontalo. Namun lebih bangga lagi jika Anda sempat menyambangi beberapa tempat wisata kuliner Gorontalo diatas. Jangan mengaku pecinta kuliner nusantara jika belum mencicipi uniknya kuliner khas Gorontalo.

Reply

hit counter
Select Language