no comments

Tempat Wisata Kuliner Cirebon: Memanjakan Perut dengan Kuliner Asli Kota Udang


Tempat Wisata Kuliner Cirebon

Tempat Wisata Kuliner Cirebon – Kesultanan Cirebon ratusan tahun yang lalu, disini nuansa penuh sejarah kala itu hingga kini tetap terasa. Sejumlah peninggalan cagar budaya seperti Keraton Kasepuhan, Keraton Kacirebonan, Keraton Kanoman membuktikan bahwa tradisi dan budaya di Cirebon tetap terjaga hingga saat ini. Hal ini sekaligus membuktikan bahwa Kota Cirebon tetap menjunjung tinggi adab dan budaya di tengah gerusan arus modernisasi.

Berlibur di Kota Cirebon bukan hanya soal berwisata budaya. Sebagai kota yang terus mengikuti perkembangan zaman, disini juga terdapat beberapa destinasi wisata modern untuk keluarga seperti Cirebon Waterland ADE IRMA SURYANI, Matahari Graha Fantasi dan beberapa tempat wisata dengan wahana-wahana menarik lainnya.

Tempat Wisata Kuliner di Cirebon Paling Populer

Berlibur kemanapun pasti tak lepas dari urusan perut. Bisa jadi tiba-tiba kita kelaparan karena terlalu asik menikmati tempat wisata yang kita kunjungi. Begitu juga ketika berlibur di Cirebon, urusan perut menjadi kebutuhan yang tidak bisa diremehkan. Tapi tenang, di Cirebon kita tidak akan mengenal apa itu kelaparan. Setidaknya tempat wiata kuliner di Cirebon paling populer berikut ini menjadi jawaban tepat jika tiba-tiba perut keroncongan.

 

Nasi Lengko Haji Barno

 Nasi Lengko Haji Barno

Sebenarnya Nasi Lengko Haji Barno hanya warung sederhana, bukan restoran mewah. Hanya saja disini menyediakan kuliner Nasi Lengko paling enak di Cirebon. Lokasinya berada di Jalan Cipto Mangunkusumo, tak jauh dari kawasan Matahari Grade Mall. Satu porsi Nasi Lengko ternyata isinya cukup besar ditambah dengan semangkuk sambal kacang yang konon diracik sendiri oleh pemiliknya.

Sekedar informasi, komposisi Nasi Lengko diantaranya nasi putih, potongan tahu dan tempe goreng, timun ditambah daun kucai. Cara penyajiannya, Nasi Lengko disiram kecap manis ditambah sambal kacang dan lauk-pauk serta kerupuk. Tak hanya Nasi Lengko, di warung Nasi Lengko Haji Barno juga tersedia sate kambing paling lezat yang disajikan dengan sambal kacang super pedas. Uniknya, setiap satu tusuk sate terdapat sepotong lemak yang membuat sajian ini terasa berbeda. Berlibur ke Cirebon sepertinya rugi besar jika tidak singgah di warung nasi di Jalan Dr Cipto Mangunkusumo dan Jalan Pagongan Nomor 15B Cirebon ini.

 

Bubur Toha

 Bubur Toha

Kuliner ini disebut Bubur Toha karena lokasinya ada di Jalan Muhammad Toha. Salah satu tempat wisata kuliner Cirebon ini menyajikan beberapa varian bubur panas, diantaranya bubur kacang hijau, bubur ayam, bubur ketan hitam atau kombinasi bubur kacang hijau dan bubur ketan hitam.

Yang paling spesial di tempat ini adalah menu bubur ketan hitam. Berbeda dari bubur ketan hitam kebanyakan, bubur ketan hitam disini sangat halus dan tidak ada tekstur butiran yang tersisa meskipun kecil sekalipun. Begitupun santan yang dituang di atas bubur, takarannya sangat pas sehingga satu porsi bubur habis hingga tetes terakhir.

Untuk bubur ayam juga tidak kalah istimewa. Disini bubur ayam disajikan dengan topping ayam suwir, kacang goreng, seledri, bawang goreng dan kerupuk. Jadi komposisinya lebih lengkap dari bubur ayam biasa. Pengunjung juga bisa request bubur ayam spesial yaitu bubur ayam ditambah telur yang diaduk langsung dalam bubur panas. Bubur Toha buka 24 jam, jadi bagi yang punya ‘penyakit’ lapar kambuhan sewaktu-waktu bisa langsung meluncur ke lokasi di Jalan Mohammad Toha, Cirebon.

 

Nasi Jamblang Mami Pitri

 Nasi Jamblang Mami Pitri

Selain Nasi Lengko, Nasi Jamblang juga salah satu icon kuliner di Cirebon. Hampir semua rumah makan dan restoran di Cirebon menyediakan menu kuliner ini. Namun menurut beberapa sumber, Nasi Jamblang paling spesial di kota ini adalah Nasi Jamblang Mami Pitri di Jalan Dokter Cipto yang konon buka mulai jam 9 malam hingga jam 3 pagi.

Rumah makan ini tidak begitu luas karena termasuk warung tenda. Kapasitasnya mungkin maksimal hanya 10 orang, itupun harus duduk berhimpitan. Selain rasanya yang enak harga Nasi Jamblang disini cukup murah sehingga tak heran jika selalu dipadati pengunjung. Nah, bagi yang budgetnya pas-pasan, Nasi Jamblang Pitri sepertinya satu-satunya opsi paling relevan. Warung tenda ini beralamat di Jalan Dr Cipto (dekat GTC, seberang Matahari Grade mall), Cirebon.

 

Empal Gentong dan Empal Asem Haji Apud

 Empal Gentong dan Empal Asem Haji Apud

Empal Gentong dan Empal Asem Haji Apud termasuk tempat wisata kuliner di Cirebon yang cukup familiar bagi wisatawan. Tempat ini cukup nyaman, ruangannya bersih dilengkapi AC. Tentunya cocok buat ngdem sejenak setelah seharian berpanas-panasan.

Empal Gentong dan Empal Asem sebenarnya sama, hanya campuran kuahnya yang berbeda. Empal Gentong mempunyai ciri khas kuah berwarna kuning, sedangkan Empal Asem kuahnya bening. Nah, kedua kuliner ini biasanya disajikan dengan sepiring nasi putih atau pengunjung bisa request jika lebih suka potongan-potongan lontong sebagai pengganti nasi.

Kuah Empal Gentong lebih kental cenderung berminyak karena menggunakan santan, sehingga meninggalkan sensasi rasa gurih di lidah. Sebaliknya Empal Asem kuahnya lebih encer karena tidak menggunakan santan, namun rasanya tak kalah enak. Karena diolah dengan campuran belimbing wuluh, ada kombinasi rasa yang unik di lidah yaitu manis, asam, dan asin. Selain belimbing wuluh, kuliner ini juga menggunakan tomat dan beberapa jenis bawang. Meski didominasi rasa asam namun tidak begitu overpowering sehingga dijamin kuahnya habis hingga tetes terakhir. Bagi yang suka kuliner dengan bahan utama daging sapi, sayang sekali jika tidak mencoba  Empal Gentong dan Empal Asem buatan Haji Apud ini.

Tertarik bersantap di tempat yang nyaman, adem dan bersih? Datang saja langsung di Warung Makan Empal Gentong dan Empal Asem Haji Apud di Jalan Raya Djuanda Nomor 24 Battenbat, Tengah Tani, Cirebon.

Kota berjuluk Kota Udang ini memang memiliki aset kuliner yang cukup beragam. Jadi selain tempat wisata kuliner Cirebon yang kami rekomendasikan diatas tentu saja masih banyak tempat lain yang menawarkan sajian kuliner yang lebih menggoda selera makan. Buktikan sendiri pada liburan yang akan datang.

 

 

Reply

hit counter
Select Language