no comments

Tempat Wisata Kuliner Bondowoso: Cerita Kuliner Unik di Kota Tape


Wisata Kuliner Bondowoso

Tempat Wisata Kuliner Bondowoso – Berbeda dari  kabupaten lain di Jawa Timur, Kabupaten Bondowoso tidak berbatasan langsung dengan laut. Dengan sendirinya daerah ini tidak memiliki kawasan wisata bahari atau pantai. Bondowoso bagian Utara berbatasan dengan Kabupaten Situbondo, bagian Selatan berbatasan dengan Kabupaten Jember, bagian Timur berbatasan dengan Kabupaten Banyuwangi, dan Kabupaten Probolinggo di bagian Barat.

Meskipun tidak memiliki obyek wisata pantai namun Bondowoso tetap kaya akan tempat wisata. Tempat-tempat seperti Kawah Ijen, Air Terjun Tancak Kembar, Air terjun Belawan, Air Terjun Polo Agung, Pemandangan Wringin Arak-arak, Gunung Raung, Pemandian Tasnan, Bosamba Rafting adalah sedikit contoh wisata populer di Bondowoso yang tak pernah sepi dari wisatawan lokal maupun mancanegara.

Tempat Wisata Kuliner di Bondowoso Paling Populer

Seperti Kabupaten lain di Jawa Timur yang terkenal dengan keunikan kulinernya, Bondowoso juga memiliki aset kuliner yang cukup terkenal. Selain Tape Bondowoso tentunya masih banyak sajian kuliner lain yang layak untuk dicoba. Berikut tempat wisata kuliner di Bondowoso paling populer yang direkomendasikan saat berwisata di kota berjuluk Kota Tape ini.

Nasi Bondowoso

Nasi Bondowoso

Perjalanan wisata kuliner ke Bondowoso kali ini kita awali dari Jalan Hi. Abdul Jalil di Rumah Makan Nasi Bondowoso. Sekilas kuliner ini hanyalah nasi dan lauk pauk biasa namun rasanya ternyata berbeda setelah kita cicipi. Makanan ini disajikan dengan sayur serta lauk pauk lengkap yang tentu saja sangat lezat karena bumbu-bumbunya dibuat dari rempah tradisional. Begitupun cara mengolahnya masih menggunakan cara-cara tradisional sehingga bumbu rempah benar-benar meresap. Siapapun yang mencobanya dijamin akan ketagihan.

Rumah Makan “Nasi Bondowoso” beralamat di Jalan Hi. Abdul Aziz Jalil Bondowoso.

Warung Prasmanan Pak Muhyit

Warung Prasmanan Pak Muhyit

Warung Prasmanan Pak Muhyit sebenarnya bisa dibilang warung sederhana. Kuliner yang disajikan juga hanya masakan kampung. Namuan ternyata masakan kampung inilah yang menjadi daya tarik sehingga warung ini selalu ramai. Warung sederhana ini juga menjadi persinggahan favorit para wisatawan yang hendak melakukan pendakian ke Kawah Ijen. Warung yang terletak di Tenggara Kota Bondowoso ini menyediakan kuliner aneka sayur tumis dan kulupan yang tersedia di rak bawah. Dengan hanya 5 ribu saja kita sudah bisa makan nasi dan lauk pauk di rak bawah sepuasnya namun akan dikenakan biaya tambahan untuk lauk pauk yang ditaruh di rak atas.

“Warung Prasmanan Pak Muhyit” beralamat di arah Tenggara Kota Bondowoso sekitar 13 km.

Bakso Solo Kencana

Bakso Solo Kencana

Selain Bakso Malang, Bakso Solo termasuk sajian yang cukup familiar bagi pemburu kuliner. Di Bondowoso sendiri terdapat tempat wisata kuliner yang konon menyediakan Bakso Solo paling enak yaitu “Bakso Solo Kencana”. Saat menyambangi Kota Bondowoso tidak ada salahnya mencicipi kuliner Bakso Solo disini. Baksonya lebih kenyal, lembut, tidak eneg, dan yang pasti halal. Kuahnya juga sangat gurih hingga tetes terakhir.

“Bakso Solo Kencana” beralamat di Jalan Imam Bonjol, Bondowoso.

Warung Mama Ra

Warung Mama Ra

Berikutnya kita coba singgah di tempat wisata kuliner di Bondowoso lainnya yaitu Warung Mama Ra, tepatnya di Jalan Mastrip. Warung makan ini cocok buat siapa saja yang menginginkan menu kuliner yang bervariasi. Ini karena Warung Mama Ra menyediakan makanan khas yang biasa dimasak sehari-hari seperti masakan Jawa, Nasi Campur, Sayur Lodeh, Rujak Solo, Nasi Rawon, Sate, Soto dan Dadar Jagung sebagai menu andalan. Selain itu juga tersedia aneka minuman seperti teh, kopi, air mineral dan soft drink.

“Warung Mama Ra” beralamat di Jalan Mastrip 45 Bunder Selatan PTP 27 Pancoran, Bondowoso.

Warung Pecel Madiun Tamansari

Warung Pecel Madiun Tamansari

Namanya boleh sama yaitu Pecel Madiun, namun rasa nasi pecel di Pecel Madiun Tamansari ini sedikit berbeda dari pecel asli Madiun atau pecel Blitar. Cara penyajiannya tak jauh beda dengan nasi pecel kebanyakan namun sekali lagi rasanya lebih enak dan unik dibanding pecel manapun. Pecel disini dibuat menggunakan kacang tanah pilihan dengan rasa pedas yang pas. Bumbu-bumbu seperti gula merah, kencur, daun jeruk purut dan asam Jawa takarannya pas sehingga rasanya lebih enak di lidah.

“Warung Pecel Madiun Taman Sari” beralamat di Kawasan Tamansari Bondowoso.

Depot Sate Blitar

Depot Sate Blitar

Dari Pecel Madiun Tamansari kita beralih ke depot Sate Blitar di Jalan Ahmad Yani Bondowoso. Belum diketahui sejarahnya bagaimana tempat ini dinamakan Sate Blitar sementara di Blitar sendiri sate bukan menjadi kuliner utama. Hanya saja konon penjual sate disini berasal dari Blitar sehingga disebut Sate Blitar. Di tempat ini menyediakan kuliner sate yang paling enak di Bondowoso baik sate ayam maupun sate kambing. Perpaduan bawang merah mentah, cabai, kecap dan bumbu kacangnya yang pas membuat siapapun yang mencobanya akan ketagihan. Tekstur dagingnya yang empuk dan tanpa lemak membuat kelezatan Sate Blitar ini benar-benar sempurna.

“Depot Sate Blitar” beralamat di Jalan A. Yani, Bondowoso.

Kuliner Tape Bondowoso

Kuliner Tape Bondowoso

Sepertinya kurang afdol jika berlibur ke Bondowoso tanpa mencicipi kuliner yang satu ini. Ya, Tape Bondowoso terkenal dengan rasanya yang khas, manis dan cocok untuk menghangatkan badan di tengah udara dingin Kota Bondowoso. Ikon kuliner Bondowoso ini terbuat dari hasil fermentasi ragi dan singkong pilihan, selain manis aromanya juga sangat harum. Cocok untuk oleh-oleh keluarga tercinta di rumah. Banyak pilihan Tape Bondowoso yang sudah terkenal yaitu Tape Bondowoso 31, Tape Bondowoso 82 dan Tape Agape 07.

Tidak ada tempat khusus yang direkomendasikan karena Tape Bondowoso mudah dijumpai disepanjang jalan di Bondowoso, Situbondo, Banyuwangi, Jember Probolinggo hingga Pasuruan.

Bagi pemburu kuliner sepertinya rekomendasi tempat wisata kuliner Bondowoso diatas cukup menjawab rasa penasaran bagaimana keunikan dan kelezatan aneka kuliner di Kota Tape. Selamat Berlibur di Bondowoso.

Reply

hit counter
Select Language