no comments

Tempat Wisata Kuliner Blitar: Mencicipi Kuliner Asli Bumi Proklamator


Tempat Wisata Kuliner Blitar

Tempat Wisata Kuliner Blitar – Blitar merupakan salah satu kabupaten yang terletak di ujung selatan Provinsi Jawa Timur. Meski hanya sebuah kota kecil, Blitar menyimpan banyak sejarah terutama tentang pemberontakan PETA di jaman kolonial Belanda. Aksi-aksi heroik pembela tanah air kala itu membuat Blitar selau dikenang dan menjadi bagian sejarah yang erat kaitannya dengan kemerdekaan RI.

Sama seperti kota-kota lain di Selatan Pulau Jawa, Blitar juga kaya tempat wisata terutama wisata pantai. biasanya selain berziarah ke makam Sang Proklamator wisatawan juga berkesempatan menikmati keindahan Pantai Pangi, Pantai Umbul Waru, Pantai Serang, Pantai Jolosutro, dan pantai-pantai menawan lainnya. Ini belum termasuk lokasi wisata dekat kota seperti Monumen Trisula, Monumen PETA, Water Park Sumber Udel, Alun-alun Blitar, Taman Sentul dan masih banyak lagi spot-spot menarik yang lain.

Tempat Wisata Kuliner Paling Populer di Blitar

Berlibur ke Blitar tentu bukan sekedar memanjakan diri dengan aneka tempat wisata. Satu hal yang juga harus diingat, Blitar juga terkenal dengan kuliner-kulinernya yang khas. Akan menjadi pengalaman yang berbeda jika kita menyempatkan diri menikmati aneka tempat wisata sekaligus mencicipi kuliner khas Blitar. Nah, berikut ini rekomendasi beberapa tempat wisata kuliner paling populer di Blitar yang kami rangkum untuk Anda.

 

Tahu Bumbu Lawu Istimewa

 Tahu Bumbu Lawu Istimewa

Kuliner khas Blitar ini sebenarnya makanan sederhana namun rasanya cukup menggugah selera. Komposisi lengkap Tahu Lawu sendiri diantaranya lontong, tahu yang dipotong bentuk dadu kemudian digoreng setengah matang, kacang goreng, sambal kecap, kecambah dan kerupuk. Mungkin lebih mirip dengan Tahu Thek (kuliner khas Surabaya) namun tidak menggunakan petis.

Kuliner Tahu Bumbu bisa ditemukan di Jalan Lawu Blitar. Salah satu tempat wisata kuliner Blitar ini melayani pembeli sejak lepas maghrib. Meski begitu sebaiknya datang jam 7 keatas sebab sebelum jam tersebut penjual masih sibuk menyiapkan semua dagangannya. Selain Tahu Bumbu disini juga menyediakan menu lain seperti penyet burung dara, pecel lele, dan beberapa jenis jajanan khas Blitar.

 

Soto Daging Bok Ireng

 Soto Daging Bok Ireng

Soto merupakan makanan yang cukup familiar di Indonesia. Dikatakan familiar karena hampir setiap daerah memiliki kuliner soto. Sebut saja Soto Lamongan, Soto Padang, Soto Makassar, dan lain sebagainya. Terlepas dari rasa soto versi daerahnya masing-masing, Soto Daging Bok Ireng khas Blitar memiliki kelezatan berbeda dari rasa soto pada umumnya. Sampai saat ini tidak ada yang tahu resep rahasia yang digunakan oleh pemiliknya, hanya saja Soto Bok Ireng konon sudah ada sejak tahun 1900-an. Resep soto ini diwariskan turun-temurun dan hingga tahun 2017 citarasanya tidak pernah berubah.

Lokasi Soto Bok Ireng ada di Jalan Kelud Blitar, tak jauh dari perempatan lampu merah Jalan Cokroaminoto. Rumah makan ini buka mulai jam 8 pagi sampai habis. Namun begitu biasanya diatas jam 2 siang menu Soto Bok Ireng sudah habis. Jadi jika ingin bersantap disini idealnya saat jam makan pagi atau makan siang.

 

Rujak Petis Ngegong

 Rujak Petis Ngegong

Pernah mencicipi kuliner Rujak Cingur khas Surabaya? Nah, Rujak Petis Ngegong ini bentuk, rasa dan cara pengolahannya hampir sama, bedanya Rujak Petis tidak menggunakan cingur. Komposisinya ada lontong, tahu dan tempe goreng di iris kecil-kecil, kecambah, kangkung dan sayuran lainnya. Bumbunya kacang digoreng sangrai lalu di uleg bersama petis. Untuk level pedasnya pembeli bisa request berapa biji cabe yang diinginkan.

Tempat kuliner Rujak Petis ini berada di daerah Ngegong Blitar, sekitar 300 meter sebelum gapura keluar Kota Blitar, kiri jalan raya arah Malang. Rujak Petis termasuk kuliner paling populer di Blitar,  jadi selain di daerah Ngegong cukup mudah ditemukan di warung-warung daerah Blitar Kota. Harganya sangat murah, biasanya tidak lebih dari Rp 4 ribu per-porsinya.

 

Sambel dan Nasi Pecel Blitar

 Sambel dan Nasi Pecel Blitar

Untuk kuliner yang satu ini sepertinya memang sudah menjadi icon-nya Kota Blitar. Bahkan konon Sambel Pecel khas Blitar disebut-sebut lebih enak dibanding Sambel Pecel Madiun yang juga sama-sama terkenal. Komposisi Sambel Pecel Blitar sebenarnya sangat sederhana yaitu kacang tanah digoreng sangrai kemudian dicampur bumbu-bumbu tradisional seperti gula merah, asam Jawa, kencur, daun jeruk purut dan garam. Cara penyajiannya, Sambe Pecel dilarutkan dengan air matang lalu dicampurkan sayuran kemudian disajikan bersama nasi. Untuk toping biasanya ditambah rempeyek, tahu dan tempe.

Jika ingin mencicipi kuliner asli Blitar ini bisa langsung datang di Warung Nasi Pecel Zarimah di depan Hotel Blitar Indah. Konon disini menyediakan nasi pecel paling enak se-Blitar Raya. Ada juga Warung Nasi Pecel di Jalan Diponegoro, tak jauh dari perempatan Jalan Sultan Agung. Di tempat ini juga menyediakan nasi pecel yang tak kalah lezat.

 

Es Plered Kebon Rojo

 Es Plered Kebon Rojo

Sejenak kita tinggalkan kuliner kategori ‘berat’ yang mengenyangkan. Sekarang kita coba meluncur ke kawasan Kebon Rojo Blitar untuk mencoba mencicipi kuliner Es Plered. Disebut Es Plered karena komposisi kuliner menyegarkan ini terdiri dari es batu, santan kelapa, gula dan Plered. Plered sendiri merupakan bahan minuman yang terbuat dari tepung kanji (mirip dengan bahan cendol).

Selain lebih murah, Es Plered Kebon Rojo ini konon lebih enak dibanding yang dijual di sekitar alun-alun Kota Blitar dengan nama yang sama. Tempatnya juga lebih nyaman, enak buat nongkrong saat santai. Tempat nongkrong Es Plered Kebon Rojo buka setiap hari mulai jam 8 – 2 siang.

Selain beberapa tempat diatas masih banyak tempat wisata kuliner Blitar lainnya yang menarik untuk dikunjungi. Ada Mie Ayam Pak Ridho di daerah Gedog, Soto Babat Budi Rahayu dekat bimbel Ganesha Operation, STMJ Lawu di Jalan Lawu dan lain-lainnya.

Selamat berwisata kuliner di bumi Proklamator.

 

 

Reply

hit counter
Select Language