no comments

Tempat Wisata di Kediri, Berpetualang Seru di Kota Tahu


Tempat Wisata di Kediri

Tempat Wisata di Kediri – Bukan rahasia lagi jika Jawa Timur memiliki potensi wisata menarik yang tersebar di seluruh daerah. Setelah Malang dan Pacitan yang terkenal dengan wisata pantainya, kini giliran Kediri yang mulai unjuk gigi dengan keragaman wisata yang mengangkat Jawa Timur menjadi bagian terpenting dari indahnya Indonesia.

Jika dilihat dari luas wilayahnya, Kediri merupakan kota terbesar ketiga di Jawa Timur, tentunya setelah Surabaya dan Malang. Hingga sekarang kota ini masih terkenal sebagai pusat niaga, namun begitu potensi wisata di Kabupaten Kediri tak kalah populer dengan kota-kota lain. Buat kamu yang berencana liburan ke luar kota, sepertinya berlibur ke Kediri adalah opsi yang paling tepat. Setidaknya rekomendasi beberapa tempat wisata di Kediri berikut ini memantapkan langkah kamu untuk menghabiskan waktu liburan di kota berjuluk Kota Tahu.

Sensasi Sejuk Air Terjun Dolo

Sensasi Sejuk Air Terjun Dolo

Hampir mirip dengan Surabaya, cuaca Kota Kediri juga terkenal sangat panas. Sepertinya pilihan yang tepat jika kamu langsung ‘ngadem’ menikmati sejuknya Air terjun Dolo. Wisata air terjun ini terletak di Desa Jugo, dari pusat Kota Kediri sekitar 20 kilometer. Untuk mencapai lokasi Air Terjun Dolo kamu harus melakukan trekking melalui medan yang cukup sulit, sedikit terjal dan menanjak. Namun bagi kamu yang suka wisata alam perjalanan ini justru sangat menyenangkan.

Tak jauh dari lokasi air terjun terdapat perkembuanan strawberry dan aneka sayuran. Kamu bisa mampir sejenak jika ingin sejenak memetik segarnya buah strawberry dan mencicipinya. Seru kan?

Menelusuri Udara Dingin Goa Selomangleng

Goa Selomangleng

Menurut cerita Goa Selomangleng dulunya merupakan tempat bertapa Dewi Kilisuci. Dewi Kilisuci sendiri adalah putri dari Raja Airlangga. Konon Dewi Kilisuci memilih mengasingkan diri di goa ini karena menolak tahta yang diwariskan padanya. Bukti kebenaran cerita tersebut dapat kamu lihat dari relief-relief di dalam maupun di luar dinding goa. Dengan sendirinya Goa Selomangleng ini memiliki nilai historis tersendiri sama seperti peninggalan-peningggalan bersejarah lainnya di Kediri. Goa Selomangleng ini terletak di Desa Waung Kecamatan Mojoroto, sekitar 7 kilometer dari Kediri Kota.

Uji Bakatmu Berbicara Bahasa Asing di Kampung Inggris

Kampung Inggris

Wisata Kampung Inggris ini berada di Pare, dimana masyarakatnya selalu menggunakan Bahasa Inggris untuk komunikasi sehari-hari. Di kampung ini kamu bakal menjumpai ratusan lembaga bimbingan atau kursus Bahasa Inggris. Kampung ini sangat terkenal di seluruh Indonesia. Dan jika kamu ingin lancar berbahasa Inggris datang saja langsung ke lokasi. waktu liburan tiba kampung ini ramai oleh wisatawan terutama siswa sekolah atau mahasiswa yag tertarik belajar Bahasa Inggris di Kampung Inggris.

Hunting Foto di Arc de Triomphe-nya Indonesia di Monumen Simpang Lima Gumul

Monumen Simpang Lima Gumul

Kalau kamu ingi menuntaskan hobi fotografi tidak perlu jauh-jauh pergi ke Arc de Triomphe Paris. Di Kediri ada tempat wisata baru Monumen Simpang Lima Gumul yang tak jauh beda dari Arc de Triomphe. Monumen ini awalnya dibangun pada tahun 2003 dan baru diresmikan tahun 2008 silam.

Meskipun masih terbilang tempat wisata baru di Kediri, namun monumen ini cepat populer di Indonesia. Buat kamu yang hobi hunting foto tentunya banyak sekali spot-spot menarik untuk diabadikan lewat jepretan kamera. Tempat ini benar-benar menjelma menjadi lokasi wisata sekaligus tempat nongkrong yang nyaman. Dinamakan “Simpang Lima” karena monumen ini berada dipersimpangan 5 jalan utama yaitu Pare, Plosoklaten, Pesantren, Pagu dan Gampengrejo.

Menjajal Wahana di Gumul Paradise Island

Gumul Paradise Island

Berlibur bersama keluarga di Kediri tak lengkap jika kamu tidak singgah di Gumul Paradise Island. Salah satu tempat wisata di Kediri ini berada di Jalan Simpang Lima Gumul Barat, cukup dekat dengan Monumen Simpang Lima Gumul yang populer itu.

Di lokasi wisata modern ini kamu bisa bermain di sejumlah wahana atau fasilitas hiburan seperti berenang, speed slider, hingga flying fox  yang bikin kamu lupa waktu. Untuk tiket masuk terbilang paling murah di Kediri dibanding beberapa tempat lainnya.

Wisata Sejarah di Candi Surawana

Candi Surawana

Kembali ke Kota Pare, kali ini kita akan singgah di Candi Surawana yang cukup terkenal di kalangan wisatawan lokal. Candi Surawana sendiri merupakan candi bernuansa Hindu yang cukup bersejarah. Candi ini sudah ada sejak abad ke-14 dan dibangun untuk menghormati Raja Bhree Wengker yang merupakan raja dari kerajaan Wengker. Kalau kamu ingin mengulik lebih dalam lagi tentang sejarah Candi Surawana, datang saja langsung ke lokasi.

Menyibak Kabut di Gunung Kelud

Gunung Kelud

Mungkin banyak yang menyangka Gunung Kelud masuk wilayah Blitar. Namun ternyata gunung berapi paling aktif setelah Gunung Merapi Jogja ini berada di wilayah Kabupaten Kediri. Gunung api ini terakhir meletus awal tahun 2014 lalu. Puncak Gunung Kelud menawarkan pemandangan yang eksotis dari ketinggian. Mereka yang melakukan perjalanan ke Gunung Kelud bukan hanya wisatawan setempat namun juga datang dari luar daerah, dan rata-rata mereka adalah pendaki. Untuk mencapai puncak Gunung Kelud kamu bisa menggunakan kendaraan bermotor karena medannya cukup mudah sehingga mudah dilalui.

Tentunya masih ada sederet tempat wisata di Kediri yang harus kamu coba seperti Kediri Waterpark, Sumber Ubalan, Museum fotografi dan masih banyak lagi tempat menarik lainnya. Jangan lupa jika berlibur ke Kediri kamu wajib mencoba kuliner asli Kediri yang terkenal cukup murah seperti Tahu dan Gethuk Pisang. Kamu  bisa mendapatkan jajanan ini hampir di semua sudut Kota Kediri.

Reply

hit counter
Select Language