no comments

Temaram Senja di Pantai Tanjung Kelayang Belitung


Pantai Tanjung Kelayang Belitung

Pantai Tanjung Kelayang Belitung – Booming film Laskar Pelangi yang sukses menyabet beberapa penghargaan beberapa tahun silam berpengaruh positif terhadap beberapa hal, termasuk semakin populernya lokasi syuting film tersebut. Ya, sejak film garapan Andrea Hirata itu mengguncang jagad perfilman tanah air, Pulau Belitung tempat dimana proses pengambilan gambar film Laskar Pelangi namanya ikut melambung.

Adalah Pantai Tanjung Kelayang di Pulau Belitung menjadi perbincangan hangat seiring meroketnya film Laskar Pelangi. Pantai ini memang sangat indah, tidak hanya batuan granit ukuran raksasa di sepanjang pantai namun Pantai Tanjung Kelayang terlihat menakjubkan karena airnya yang jernih. Bahkan menurut kabar terakhir, pantai ini akan dieksplorasi lebih serius hingga menyamai ketenaran Phuket di Thailand atau Langkawi di Malaysia.

Keaslian alam belantara dan panorama pantai yang mempesona sepertinya bukan pekerjaan sulit untuk merubah Pulau Belitung menjadi destinasi wisata kelas dunia, yang mampu mendatangkan ribuan wisatawan setiap harinya. Jika sektor pariwisata berkembang pesat maka imbasnya secara langsung akan terasa oleh masyarakat setempat. Intinya kehidupan penduduk Belitung semakin sejahtera jika potensi alam dikelola menjadi tempat wisata dengan benar. Bisa ambil contoh Phuket dan Langkawi, kedua kawasan tersebut dulunya bukan apa-apa namun setelah dikelola dan dipromosikan secara besar-besaran ke luar negeri kini keduanya menjelma menjadi obyek wisata terkemuka di dunia.

Tempat Paling Damai untuk Liburan

Menilik Thailand atau Malaysia yang mampu mengakomodasi tempat wisata yang terkesan biasa saja menjadi sangat mendunia, sebenarnya kawasan Pantai Tanjung Binga, Pantai Tanjung Tinggi dan Pantai Tanjung Kelayang Belitung ini tidak kalah dengan Phuket ataupun Langkawi. Mungkin selain promosi hanya diperlukan pembenahan fasilitas, penambahan hotel, sarana transportasi, infrastruktur dan bandara bertaraf internasional sudah lebih dari cukup untuk menyulap Belitung menjadi destinasi wisata kelas dunia.

Sedikit berbeda dari kebanyakan pantai pada umumya, di Pantai Tanjung Kelayang ini terdapat batuan granit berukuran besar di pulau kecil tak jauh dari pantai. Pasirnya yang putih bersih turut menyempurnakan pemandangan khas pantai yang indah dan menentramkan. Dari segi popularitas mungkin masih di bawah tempat wisata di Belitung lainnya seperti Pantai Tanjung Tinggi, namun sebenarnya Pantai Tanjung Kalayang tidak kalah rupawan. Suasana yang cukup lengang membuat damai di hati. Tak salah jika banyak yang memilih pantai ini untuk menenangkan diri.

Pantai Tanjung Kelayang Belitung

Sepertinya cukup beralasan jika pantai ini disebut Pantai Tanjung Kelayang karena suasana yang ada mampu membuat pengunjung seperti melayang-layang. Keindahan pantai ini memang tak terbantahkan. Hamparan laut yang nampak jernih kebiruan dan pasir halus yang terlihat semakin putih tertimpa cahaya matahari adalah gambaran betapa nyaman menghabiskan waktu liburan disini. Tak ada kebisingian asap kendaraan, hanya ketenangan dan kedamaian yang ada.

Tahun 2011 silam di Pantai Tanjung Kelayang Belitung ini pernah digelar Sail Wakatobi Belitong dan hingga saat ini event tersebut masih membekas. Ini bisa dilihat dari pohon-pohon yang tumbuh subur yang kala itu ditanam oleh beberapa pejabat dan menteri yang namanya tertera di pohon-pohon tersebut. Ada satu buah batu hitam yang ada diantara batuan granit di Pantai Tanjung Kelayang. Batu hitam ini bertuliskan “Sail Wakatobi-Belitong 2011”.

Eksotisme Alam di Pantai Kelayang

Begitu menginjakkan kaki di pantai pengunjung akan disambut tulisan ucapan selamat datang berukuran besar dengan bunyi “Welcome to Belitong”. Dibelakangnya dibangun sebuah jembatan untuk para pengunjung agar lebih leluasa menikmati pesona pantai lebih dekat lagi. Dari jembatan ini wisatawan bisa melihat dari dekat batuan granit tersusun rapi yang lebih mirip kepala burung garuda.

Pantai Tanjung Kelayang Belitung

Jembatan di Pantai Kelayang memang tidak begitu besar, namun jangan salah karena tempat ini menjadi spot favorit para pemancing untuk menyalurkan hobinya. Airnya yang sangat jernih membuat ribuan ikan yang berseliweran didalamnya bisa terlihat jelas. Di ujung pantai pemandangannya juga tak kalah eksotis. Pengunjung bisa berjalan diatas pasir putih hingga ujung Tanjung sambil sesekali naik ke tumpukan batuan granit jika ingin berfoto selfie.

Selain tumpukan batuan granit yang membentuk mirip kepala burung garuda, di pantai ini juga terdapat batu-batuan granit yang bentuknya mirip kura-kura raksasa. Gugusan pulau-pulau kecil di tengah laut dikelilingi formasi batuan granit adalah obyek paling menarik bagi pengunjung yang menyukai fotografi. Momen indah sepanjang pagi hingga sore tentu menjadi saat paling ditunggu oleh para fotografer untuk mendapatkan koleksi foto alam yang terbaik.

Sunset di Pantai Tanjung Kelayang Belitung menjadi momen paling ditunggu oleh semua pengunjung. Sambil berdiri di hamparan pasir putih mereka bisa menyaksikan indahnya ufuk barat ketika matahari mulai meninggalkan senja. Cahayanya yang semakin temaram membiaskan gradasi warna air laut yang keperakan membuat suasana semakin romantis. Selain berburu sunset disini pengunjung juga bisa melakukan aktivitas menarik lainnya seperti memancing, berenang, snorkeling, diving, atau sekedar berfoto bersama teman atau keluarga.

Pantai Tanjung Kelayang Belitung

Fasilitas Akomodasi di Pantai Tanjung Kelayang

Jarak Pantai Tanjung Kelayang hanya sekitar 27 kilometer dari Kota Tanjung Pandan. Bagi yang ingin berlibur selama beberapa hari, disini sudah tersedia fasilitas umum termasuk hotel dan penginapan. Salah satu tempat menginap yang direkomendasikan adalah Kelayang Beach Cottages. Letaknya tepat di tepi Pantai Tanjung Kelayang dengan view pemandangan Pulau Lengkuas dan Pulau Burung.

Penginapan Kelayang Beach Cottages ini terdiri dari 8 cottage dengan desain mirip rumah panggung. Dilihat dari dindingnya yang terbuat dari kayu alam dan atap dari rumbia, tempat ini menawarkan suasana bermalam yang berbeda dari penginapan atau hotel kebanyakan. Di cottage ini pengunjung juga bisa menyewa alat-alat olahraga air untuk bersenang-senang di Pantai Tanjung Kelayang Belitung.

 

 

Reply

hit counter
Select Language