no comments

Santai Sejenak di Tempat Wisata Kuliner di Medan


Tempat Wisata Kuliner di Medan – Menghabiskan waktu liburan di Medan bisa dipastikan banyak aktivitas seru menunggu disana. Kita tinggal pilih, mau berjalan-jalan di Istana Maimun, bermain-main dengan satwa di Kebun Binatang Medan, menikmati serunya wahana air di Wonder Water World, atau menguji adrenalin di Arung Jeram Sungai Binge. Tentu masih banyak lagi sarana wisata yang bisa kita kunjungi seperti Menara Air Tirtanadi, Penangkaran Buaya Asam Kumbang, Vihara Gunung Timur, dan puluhan tempat wisata lainnya.

Seperti halnya di kota-kota lain, selain puluhan tempat wisata, Medan juga terkenal sebagai kota dengan ribuan kuliner. Aneka menu makanan lokal dengan citarasa yang khas tentu saja siap ‘memadamkan kelaparan’ yang sewaktu-waktu melanda karena terlalu asik bermain. Lantas dimana kita bisa menemukan sajian kuliner khas Medan untuk memanjakan perut? Berikut ini rekomendasinya.

Kuliner Kesawan Square

Tempat Wisata Kuliner di Medan

Kesawan Square merupakan tempat wisata kuliner di Medan yang selalu padat pengunjung terutama malam hari. Lokasinya berada di kawasan kota lama Medan, tepatnya di Jalan Ahmad Yani dimana ketika siang hari kawasan ini merupakan jalan umum.  Di kawasan jalan sepanjang 800 meter ini kita seolah berada di ‘mesin waktu’ yang membawa kita kembali ke masa lampau. Mencicipi aneka kuliner lezat diantara bangunan-bangunan tua bersejarah menjadi pengalaman menarik yang mungkin jarang kita dapati di daerah lain.

Sajian kuliner di Kesawan Square sangat beragam, mulai yang halal hingga beberapa menu yang konon masuk kategori tidak halal. Nah, bagaimana cara membedakan antara yang halal dan tidak halal? Tidak perlu khawatir sebab menu yang halal dan tidak halal masing-masing diberi tanda khusus. Untuk menu halal ditandai dengan kursi warna biru serta sejumlah atribut lainnya. Sementara yang termasuk non halal ditandai dengan kursi dan atribut merah. Jadi jika kita jeli tidak mungkin salah tempat.

Rumah Makan Soto Kesawan “Enak Tenan”

Rumah Makan Soto Kesawan “Enak Tenan”

Kali ini masih di kawasan kota lama Kesawan, kita bisa mencoba rasa Soto spesial di Rumah Makan Soto Kesawan “Enak Tenan”. Rumah makan di Jalan Ahmad Yani 116 ini menyajikan rasa soto yang unik karena terdapat tambahan udang dalam setiap sajiannya. Tentunya hal yang berbeda dari rasa soto pada umumnya seperti Soto Ayam, Soto Babat, Soto Daging dan lain-lainnya.

Bagi pengunjung yang alergi seafood juga disediakan soto versi non udang seperti soto daging sapi atau soto ayam. Jika ingin mencicipi tiga rasa sekaligus, kita bisa memesan soto kombinasi yaitu perpaduan soto udang, soto daging sapi dan ayam. Berbeda dari tempat kuliner lain di daerah Kesawan yang aktif malam hari, Rumah Makan Soto Kesawan “Enak Tenan” ini hanya buka pagi jam 8 sampai jam 3 sore.

Rumah Makan Tabona dan Mie Ayam Jamur Kumango

Rumah Makan Tabona dan Mie Ayam Jamur Kumango

Jika kita suka sajian lezat dengan dominasi rasa gurih seperti kari ayam, kari daging sapi, kari daging kambing atau bihun kari sebaiknya langsung meluncur di Rumah Makan Tabona. Lokasinya ada di Jalan Mangkubumi, Medan. Rumah makan yang buka dari jam 6.30 sampai 16.30 ini selalu ramai pada jam-jam makan siang karena lokasinya sangat dekat dengan kawasan perkantoran.

Masih disekitar jalan Mangkubumi, kita lanjutkan ke Mie Ayam Jamur Kumango. Menu mie ayam disini sangat spesial dan sanggup membuat lidah bergoyang. Kuliner Mie Ayam Jamur Kumango ini terdiri dari mie tipis kenyal lengkap dengan jamur dan irisan daging ayam dan masih ditaburi irisan sawi, tauge juga bawang goreng. Kelezatannya dijamin membuat kita nambah satu porsi lagi. Untuk melengkapi santap kuliner yang lezat kita bisa memesan minuman kopi susu tradisional.

Merdeka Walk

Merdeka Walk

Terbiasa begadang dan berburu kuliner malam hari? Meluncur saja ke Merdeka Walk. Disini tidak saja menyajikan aneka kuliner populer di Medan tapi juga kawasan hiburan malam untuk menghabiskan waktu bersama teman atau kerabat. Tempat ini sangat ramai, tidak hanya orang Medan sendiri namun juga pendatang dari luar kota.

Di Merdeka Walk ada tak kurang dari 30 outlet kuliner lengkap dengan 700 bangku yang disediakan untuk kenyamanan pengunjung. Aneka kuliner lezat bisa langsung kita cicipi seperti lontong sayur,  sushi, soto, sop buntut, steak dan masih banyak lagi. Nah, yang lebih menarik Merdeka Walk juga sering digunakan oleh anak-anak muda untuk unjuk kebolehan seperti lomba band, dance, hingga nobar pertandingan bola.

Kedai Kopi Apek

Kedai Kopi Apek

Bagi pecinta kopi yang terbiasa menjajal rasa kopi bisa datang di Kedai Kopi Apek Medan. Ini hanya sebuah nama, jadi jangan berasumsi aroma kopi disini apek seperti pakaian yang terlalu lama disimpan. Nyatanya rasa kopi disini sangat nikmat bahkan sejak Kedai Kopi Apek berdiri sejak tahun 1922 lalu, citarasanya sama sekali tidak berubah sampai sekarang.

Menurut cerita, kunci dari rasa kopi nikmat ini terletak pada pemilihan biji kopi, pengaturan suhu hingga cara menyeduh dan mengaduk semua dilakukan dengan tepat. Adapun menu favorit di kedai kopi paling tua di Medan ini yaitu Kopi “O”. Kopi “O” adalah kopi hitam spesial tanpa gula. Jangan lupa memesan menu lain untuk menemani nikmatnya minum kopi seperti roti kukus, roti bakar atau martabak telur. Ingin bersantai sambil menikmati secangkir kopi? Segera meluncur ke Kedai Kopi Apek di Jalan Hindu 37 Medan. Kedai kopi ini buka Senin hingga Sabtu jam 6 pagi sampai jam 2 siang. Khusus hari Minggu buka jam 6 pagi sampai jam 11.30 siang.

Masih belum puas dengan beberapa tempat wisata kuliner di Medan diatas? Tenang, masih ada tempat kuliner menarik lainnya seperti “Soto RM Sinar Pagi” di Jalan Sei Deli, “Kuliner Jalan Semarang”, “Restoran Tip Top” di Jalan Pandu, atau “Kedai Durian Ucok” di Jalan Wahid Hasyim. Selamat bersenang-senang di Medan. Horas !

 

Reply

hit counter
Select Language