no comments

Sajian Ragam Wisata di Kawasan Sungai Krueng Banda Aceh


Sungai Krueng Banda Aceh

Sungai Krueng Banda Aceh – Kekayaan alam di bumi Nanggroe Aceh Darussalam yang banyak dieksplorasi menjadi destinasi wisata kini mulai dikenal publik. Tidak hanya di Indonesia namun gaung keindahan alam di Aceh secara keseluruhan mulai mendapat respon positif dari wisatawan mancanegara. Salah satunya Sungai Krueng, tempat wisata terbaru di Aceh ini bukan hanya destinasi wisata yang mulai mendunia tapi sekaligus menjadi tempat mata pencaharian masyarakat setempat. Ya, selain memiliki eksotisme alam yang memukau, Sungai Krueng terkenal dengan kekayaan ikan yang dimanfaatkan penduduk lokal memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Sungai Krueng sangat panjang dan luas. Ini dibuktikan dari hulu sungai yang berada di Pegunungan Aceh Besar dan bermuara di Selat Malaka. Panjang Sungai Krueng ini tak kurang dari 145 kilometer dan menjadi batas dua wilayah yaitu Aceh Utara dan Aceh Selatan. Panjang sungai Krueng yang membentang membelah di Kota Banda Aceh sendiri lebih dari 10 kilometer. Posisinya yang membelah di tengah-tengah kota membuat sungai ini menjadi tempat wisata menarik bagi wisatawan.

Ragam Fasilitas dan Hiburan untuk Pengunjung

Dari data statistik kunjungan wisatawan di Sungai Krueng Banda Aceh, tempat ini sudah menjelma menjadi salah satu destinasi wisata paling populer di Pulau Sumatera. Fasilitas dan hiburan yang disediakan juga cukup lengkap. Kebersihan dan kelestarian alam yang terus terjaga membuat Sungai Krueng tetap terlihat asri. Sebuah pemandangan yang menyegarkan mata dan dan menyejukkan pikiran bagi wisatawan yang menghabiskan waktu liburan di kawasan ini. Bersama teman atau keluarga pengunjung leluasa menikmati keindahan alam di Gampong Keudah atau Gampong Kuta Alam yang loksainya masih di kawasan Sungai Krueng. Tentunya dengan fasilitan bangku taman yang nyaman di bawah pepohonan teduh.

Bercengkerama sambil menikmati indahnya alam Sungai Krueng dan sekitarnya akan lebih sempurna jika ditemani aneka kuliner yang dijual oleh beberapa pedagang di sepanjang pinggiran sungai. Selain Jagung Bakar juga tersedia beberapa sajian ringan untuk pengunjung seperti Bakso dan Mie Aceh. Tentu menghadirkan sensasi berbeda jika berkesempatan bersantap di bangku panjang pinggir sungai ditemani sejuk angin yang berhembus pelan.

Sungai Krueng Banda Aceh

Aktivitas Menarik di Sungai Krueng

Layaknya di tempat wisata alam pada umumnya di Sungai Krueng Banda Aceh ini banyak hal yang bisa dilakukan para wisatawan. Bahkan mereka bisa mencoba serunya naik motor boat sepanjang sungai atau yang lebih seru lagi yaitu menaiki Kapal Gantung bagi yang suka uji adrenaline. Tentunya menjadi sesuatu yang menakjubkan manakala pengunjung dapat menyaksikan indahnya permukaan Sungai Krueng dari ketinggian. Ketika menaiki Kapal Gantung pengunjung akan dibawa hingga ke tempat sungai bermuara yaitu di Gampong Kuta Raja.

Begitu sampai di Gampong Kuta Raja guide atau pemandu wisata akan menceritakan banyak hal terkaits sejarah kawasan tersebut. Perlu diketahui pembaca, Gampong Kuta Raja di zaman dulu adalah perkampungan yang dibangun pahlawan nasional Sultan Iskandar Muda. Beliau juga menjadi tokoh paling berpengaruh pada pembangunan Masjid Raya Baiturrahman yang berdiri megah di Banda Aceh hingga saat ini.

Water Front City di Taman Kota

Menyadari potensi Sungai Krueng Banda Aceh yang mampu menyedot banyak pengunjung maka Pemda setempat berkeinginan membangun fasilitas publik yaitu sebuah Taman Kota. Kini Taman Kota Krueng Aceh sudah terealisasi dengan konsep Water Front city. Lokasinya sendiri masih di tepian Sungai Krueng. Taman Kota dengan konsep modern ini dilengkapi sejumlah fasilitas untuk pengunjung seperti alat-alat memancing dan perahu motor.

Beberapa titik yang termasuk kawasan Water Font City diantaranya Gampong Kuta Alam dan kawasan Gampong Lamgugob. Selain menyewa berbagai fasilitas yang disediakan pengunjung juga bisa jogging di pagi atau sore hari di track khusus yang sudah disiapkan didekat Jembatan Peunayong. Di sekitar area jembatan ini tidak hanya untuk sarana olahraga namun sekaligus berfungsi sebagai kawasan pembibitan benih tanaman.

Taman Pembibitan Terbesar di Aceh

Bisa dibilang Sungai Krueng Banda Aceh merupakan kawasan multi-fungsi karena selain suasana alam yang sejuk ternyata kawasan ini cukup potensial untuk lokasi pembibitan tanaman. Karena itu selain Taman Kota dengan konsep Water Front City pemerintah daerah juga sekaligus membangun Taman Pembibitan Krueng Aceh. Pengunjung yang berjalan-jalan di area taman pembibitan bisa melihat-lihat beragam bibit tanaman yang berasal dari berbagai tempat di Aceh.

Di area taman pembibitan sudah dilengkapi berbagai fasilitas diantaranya rumah bibit, bangku dermaga, lampu taman, shelter, dan gazebo. Konon untuk membangun taman pembibitan ini hanya butuh waktu 6 bulan. Meskipun begitu taman ini terlhat sangat bagus dengan penataan yang benar-benar rapi. Lokasi taman juga cukup strategis dan sangat dekat dengan lokasi Masjid Raya Baiturrahman.

Pesona Hulu Sungai Pucok Krueng

Dalam bahasa Aceh Pucok Krueng sama artinya dengan Hulu Sungai. Jadi Pucok Krueng merupakan hulu Sungai Krueng, terletak tepat di Kecamatan Lhoknga Kabupaten Aceh Besar. Hulu sungai ini merupakan tempat favorit para wisatawan karena terdapat tebing gunung yang nampak menjulang indah. Keberadaan Pucok Krueng sendiri cukup jauh dari pemukiman warga, jaraknya kurang lebih 3 kilometer jika diakses dari Kecamatan Lhoknga atau dari pusat Kota Banda Aceh tak kurang dari 20 kilometer. Meskipun hulu sungai ini tidak begitu luas namun keindahan alam sekitarnya sanggup mengundang decak kagum siapapun yang melihatnya.

Sungai Krueng Banda Aceh

Menghabiskan waktu liburan di kawasan Sungai Krueng Banda Aceh berarti kita berlibur ke beberapa tempat wisata sekaligus. Hal ini karena memang terdapat beberapa spot menarik yang bisa dikunjungi di tempat ini. Jadi bisa dibilang berlibur di kawasan ini tidak cukup dengan waktu satu hari. Ingin menginap? Jangan khawatir karena sudah tersedia sejumlah penginapan tak jauh dari lokasi wisata Sungai Krueng di Banda Aceh ini.

Reply

hit counter
Select Language