no comments

Pulau Tikus, Surga Kecil di Bengkulu


pulau tikus bengkulu

Pulau tikus merupakan salah satu destinasi wisata bahari yang cukup populer di Kota Bengkulu. Dinamakan Pulau Tikus karena ukurannya yang kecil seperti tikus. Luas pulau ini lebih kurang hanya 2 Ha saja. Pulau ini juga didominasi oleh batu karang. Batu karang yang secara alami mengelilingi pulau kecil ini membantu melindungi pulau dari ancaman abrasi oleh gelombang air laut yang besar.

Pesona batu karang dan jernihnya air laut di sekitar pulau menjadi daya tarik tersendiri bagi pengunjung hingga membuatnya begitu populer sebagai salah satu tempat wisata di Bengkulu. Walaupun pulaunya sangat kecil tapi pengunjung disini dapat melakukan berbagai aktivitas seperti di pulau-pulau lainnya. Di Pulau ini tersaji begitu banyak keindahan karang dan bawah laut lainnya serta berbagai macam sumber daya hayati yang sangat mempesona.

keindahan pulau tikus

Memancing, Snorkeling Hingga Menyaksikan Penyu Bertelur

Meskipun terbilang sangat kecil, di pulau ini Anda dapat bermain pasir yang ada di tepian pantai. Anda juga dapat berenang di pinggiran pantai karena ombak di sekitar pulau ini cukup aman untuk digunakan bermain dan berenang. Hal ini dikarenakan sebagain dari daerah pulau ini berupa ceruk pantai yang dikelilingi oleh karang sehingga ombak yang datang tidak terlalu tinggi.

Bagi Anda yang memiliki hobi snorkeling, Anda juga dapat menikmati keindahan alam bawah laut sekitar pulau. Jernihnya air laut mengakibatkan keindahan alam bawah laut nampak dengan jelas, bahkan dari permukaan sekalipun. Hamparan batu karang seperti acroporase, porite, fungia, montipora dan sarcophiton yang masih terawat dengan asri dan gerombolan ikan-ikan kecil, kepiting bahkan udang yang hidup disekitar karang dijamin akan membuat Anda terpesona dan betah berlama-lama melakukan aktivitas snorkeling di sini.

memancing

Selain kegiatan snorkeling dan bermain pasir, di salah satu tempat wisata di Bengkulu ini, Anda juga dapat menyalurkan hobi memancing Anda. Anda dapat memancing di sekitar pantai atau pun memanfaatkan kapal nelayan yang ada. Di sini ada banyak sekali ikan yang diperbolehkan untuk dipancing dan dikonsumsi oleh para wisatawan.

Jika kebetulan Anda sedang beruntung, Anda dapat menyaksikan sebuah fenomena yang amat sangat langka dan unik, yaitu kegiatan penyu bertelur. Pulau Tikus ini memang menjadi salah satu lokasi yang sering dijadikan sebagai tempat bertelurnya para penyu sisik dan penyu hijau yang terbilang langka. Walau demikian, Anda hanya dapat menyaksikannya dari kejauhan saja dan dilarang untuk mendekat apalagi sampai dengan mengganggu penyu yang sedang bertelur tersebut atau bahkan mengambil telur-telurnya, itu sangat dilarang.

 

Lokasi Pulau Tikus

Pulau Tikus ini terletak di sebelah barat kota Bengkulu, jaraknya sekitar 10 KM dari pusat kota. Tidak terlalu jauh memang. Jika Anda ingin mengunjungi pulau ini, Anda dapat menggunakan berbagai fasilitas yang ada di pantai bagian barat kota Bengkulu. Untuk mencapainya Anda dapat menumpang speed boat atau pun kapal nelayan yang disewakan khusus untuk mengantar para wisatawan ke pulau tersebut. Sebenarnya ada dua akses yang biasa digunakan untuk menuju ke Pulau Tikus ini.

Pertama adalah akses yang melalui pinggiran Pantai Pulau Baai. Dari Pulau Baai, Anda dapat menggunakan speed boat yang disewakan masyarakat sekitar. Biaya menyewa speed boat ini memang tidaklah murah, harganya dapat mencapai jutaan rupiah tergantung dari ukuran speed boat yang Anda sewa dan juga lamanya penyewaan yang dilakukan.

pesona pulau tikus

Jika dengan menyewa speed boat dirasa terlalu mahal, maka alternatif lainnya yang bisa Anda gunakan adalah dengan memanfaatkan jasa para nelayan. Namun jika Anda ingin menggunakan jasa nelayan, Anda tidak bisa menggunakannya lewat Pulau Baai, tetapi Anda harus melewati Pantai Tapak Padri. Di Pantai Tapak Padri ini ada banyak sekali nelayan yang menyewakan atau pun menyediakan jasa transportasi untuk menuju Pulau Tikus tentunya dengan biaya yang lebih murah jika dibandingkan dengan speed boat. Cukup dengan membayar seratus lima puluh hingga empat ratus ribu saja, Anda sudah dapat berekreasi di pulau ini.

Untuk mencapai tempat wisata ini, biasanya pengunjung membutuhkan waktu sekitar 1 jam dari Pantai Tapak Padri dengan menggunakan kapal nelayan dan sekitar 45 menit dari Pelabuhan Pulau Baai dengan menggunakan speed boat.

Atau jika Anda ingin lebih ekonomis lagi, Anda dapat memanfaatkan berbagai jasa perjalanan yang menyediakan paket wisata ke Pulau Tikus. Sejumlah paket wisata yang ditawarkan pun sangat bervariatif dan tentunya lebih ekonomis seperti paket transportasi yang hanya Rp 150.000 per orang, paket join Rp 275.000 per orang dengan full fasilitas seperti rompi pelampung, google dan sepatu katak untuk kegiatan snorkeling juga snack, air mineral dan makan siang turut disediakan. Paket lainya berupa paket fun trip untuk 2 orang, paket family gathering hingga paket dengan full penginapan yang harga keseluruhannya masih terjangkau dan masuk akal. Jasa penyedia perjalanan ini banyak terdapat di Kota Bengkulu.

Karena luas wilayah pulau yang sangat kecil, maka jangan harap Anda kan menemukan penginapan di Pulau Tikus ini. Jika memang Anda membutuhkan akomodasi berupa penginapan, maka alangkah baiknya jika Anda mencari penginapan di sekitar kota Bengkulu karena ada banyak pilihan yang tersedia di kota ini. Dari mulai hotel berbintang hingga wisma berharga murah semuanya tersedia di Kota Bengkulu. Tentu dalam mencari penginapan tinggal disesuaikan saja dengan selera dan kemampuan kocek Anda.

 

 

Reply

hit counter
Select Language