no comments

Pulau Enggano, Surga Tersembunyi di Bengkulu


Pulau Enggano

Pulau Enggano adalah salah satu pulau terluar yang ada di Indonesia bagian barat. Tidak banyak referensi yang membahas pulau ini memang, namun ada sumber yang menyatakan bahwa kata Enggano ini berasal dari kosa kata bahasa Portugis yang berarti kecewa dan marah. Pulau ini dapat dikatakan sebagai surga tersembunyi tempat wisata di Bengkulu.

Pulau Enggano2

Tentang Pulau Enggano

Seperti yang sudah dijelaskan tadi, Enggano disinyalir berasal dari bahasa Portugis yang artinya kecewa dan marah. Namun demikian pulau ini memiliki pemandangan yang indah dan cantik. Sayangnya tidak semua orang tahu tentang keindahan pulau ini. Potensi wisata dari Enggano ini sangatlah luar biasa dengan bahasa lain dapat dikatakan bahwa pulau ini adalah surga tersembunyi di Bengkulu. Ketidaktahuan orang mengenai pulau ini sangatlah wajar karena Indonesia yang notabene adalah negara kepulauan setidaknya memiliki 17.504 pulau. Dari sekian banyak itu hanya 6000 pulau saja yang berpenghuni. Dengan kata lain berarti masih ada sekitar 11 ribu pulau lagi yang belum terjamah. Maka dari itu sangatwajar jika tidak banyak orang yang belum tahu mengenai keberadaan pulau ini.

Letak Pulau Enggano

Pulau Enggano ini termasuk kedalam wilayah administrasi Kabupaten Bengkulu Utara. Pulau ini terletak di barisan terluar Samudra Hindia yang berarti berada di garis depan wilayah kedaulatan Indonesia. Jika dilihat dari peta, pulau ini terletak cukup jauh dari pulau Sumatera. Pulau dengan luas sekitar 40.000 hektar ini sebagian wilayahnya masih berupa hutan.

Objek Wisata Pulau Enggano

Pulau ini memiliki banyak sekali keindahan alam. Keadaan alamnya masih terbilang sangat asri dan terawat karena belum terlalu banyak terjamah oleh manusia. Oleh karena itu untuk para pecinta alam ataupun wisata berbasis alam, mengunjungi pulau ini adalah sebuah keputusan terbaik dan dijamin akan betah berlama-lama berada di pulau ini. Adapun objek wisata yang terdapat di pulau ini diantaranya adalah:

Wisata Pantai dan Laut

Pantai yang sangat indah dengan hamparan pasir putih bersih yang terbentang luas sepanjang garis pantai di pulau ini dapat memanjakan Anda yang senang dengan suasana asri wilayah pantai. Selain itu di sini, Anda juga akan menemukan berbagai macam jenis karang dan ikan yang berwarna-warni yang berenang di bibir pantai. Hal ini akan Anda jumpai dengan sangat jelas tanpa harus menyelam terlebih dahulu karena air laut di sini sangatlah jernih. Maka tak heran jika Pulau Enggano sering disebut sebagai Raja Ampat-nya Bengkulu. Bagi Anda yang senang dengan aktivitas snorkeling maka sangat disarankan untuk berkunjung ke pulau ini. Salah satu pantai yang terkenal dengan keindahanya ialah Pantai Koomang dan Pantai Humo.

Pantai Koomang

Salah satu pantai yang paling terkenal di pulau ini adalah Pantai Koomang. Pantai ini terletak di ujung utara pesisir Pulau Enggano. Pantai ini berupa tanjung yang terdiri dari batuan dan karang. Batuan dan karang itu membentuk tebing-tebing yang terjal. Di pantai ini terdapat sebuah goa yang sangat unik yang terbentuk karena abrasi karang oleh air laut, dan didalamnya terdapat laguna kecil dengan air yang sangat jernih.

Pulau Enggano3

Pantai Humo

Pantai Humo ini menyimpan berbagai kekayaan ekosistem yang luar biasa. Sepanjang bibir pantai Anda akan dapat menyaksikan banyak sekali kepiting dan berbagai siput laut. Di pantai ini pula terdapat sebuah tubiran atau tumpukan karang yang membentuk sebuah titian yang memanjang ke laut. Anda dapat berjalan disepanjang tubiran ini untuk memancing atau sekedar mengamati ikan-ikan kecil yang sedang berenang.

Selain wisata pantai, di Pulau Enggano ini, Anda dapat pula menjajal aktivitas lainya yang masih berhubungan dengan laut, seperti berselancar dan memancing. Ombak Samudra Hindia yang cukup besar sangat cocok untuk berselancar. Selain itu sensasi memancing di Samudra Hindia pun akan Anda rasakan, salah satu spot memancing yang bagus adalah di tubiran Pantai Humo.

Pulau Enggano4

Transportasi ke Pulau Enggano

Untuk mencapai pulau ini ada beberapa jenis transportasi yang dapat Anda gunakan yaitu dengan melewati jalur laut dan jalur udara. Untuk jalur laut satu kali perjalanan membutuhkan waktu sekitar 12-18 jam tergantung dengan kondisi cuaca. Ada KMP Raja Enggano dan KMP Perintis Sabuk Nusantara yang siap mengantarkan Anda ke pulau ini dari pelabuhan Baai. Jadwal keberangkatan kedua kapal tersebut hanya 2 kali dalam seminggu. Sedangkan untuk jalur udara, Anda dapat menggunakan jasa pesawat perintis dari Kota Bengkulu. Tarif ke Pulau Enggano dengan menggunakan kapal laut sekitar 52 ribu rupiah untuk kelas ekonomi dan 100 ribu rupiah untuk kelas vip sedangkan untuk kendaraan roda dua sekitar 110 ribu per unit. Jika menggunakan pesawat perintis dalam sekali terbang harga tiket ke pulau ini sekitar 300 ribu rupiah.

Untuk tranportasi di pulau sendiri, disarankan untuk menggunakan sepeda motor saja, jika tidak ada, disana banyak masyarakat yang menyewakan sepeda motor untuk para pelancong, Anda dapat menyewanya untuk berkeliling pulau. Selain itu juga beberapa tempat wisata di pulau ini tidak memungkinkan untuk dilewati kendaraan roda empat. Sedangkan untuk tempat menginap, di Pulau Engano ini belum ada hotel. Jadi jika Anda ingin menginap, Anda dapat menginap dibeberapa tempat penginapan yang disediakan oleh masyarakat sekitar alias menginap langsung di rumah warga. Masyarakat di pulau ini terkenal dengan keramah tamahannya kepada para pengunjung. Anda hanya perlu membaur dan memberikan sesuatu sebagai tanda terimakasih karena sudah disediakan tempat untuk menginap. Wisata di Enggano saat ini memang sedang berbenah agar tampil lebih mempesona dan menarik lebih banyak wisatawan.

 

Reply

hit counter
Select Language