1 comments

Petualangan di Pulau Tak Berpenghuni Pantai Bandengan Jepara


pantai bandengan jepara

Pantai Bandengan Jepara – Jawa Tengah mungkin namanya pernah meroket dengan keindahan Pantai Kartini. Namun di sudut yang lain tepatnya di Kabupaten Jepara, terdapat sebuah pantai yang tak kalah eksotis bernama Pantai Bandengan. Pantai ini memang tidak seluas Pantai Kartini namun jika dilihat dari suasana dan panoramanya, Pantai Bandengan menyimpan pesona yang tak kalah elok dari pantai-pantai di Pulau Jawa dan Bali.

Satu dari sekian banyak tempat wisata di Jawa Tengah ini berada di Kabupaten Jepara, tepatnya di Desa Bandengan Kecamatan Jepara. Menurut cerita keberadaan Pantai Bandengan erat kaitannya dengan kedatangan anak Sunan Muria dalam rangka menyebarkan agama Islam terutama di kawasan Pulau Karimunjawa. Konon ketika masuk ke kawasan pantai beliau menemukan banyak sekali Ikan Bandeng di sekitar pantai. Karena peristiwa itulah hingga sekarang pantai di Jepara ini terkenal dengan nama Pantai Bandengan.

Dari pusat Kota Jepara letak Pantai Bandengan hanya sekitar 7 kilometer ke arah utara. Jika pengunjung berangkat dari arah Kota Semarang hanya butuh waktu tempuh 2-3 jam, tergantung dari kepadatan arus lalulintas. Tidak sulit menemukan pantai ini karena banyak petunjuk arah ke lokasi baik dari Kota Jepara maupun dari Kota Semarang.

Fasilitas dan Wahana Olahraga Air

Seperti ciri khas pantai lain di pesisir Pulau Jawa, Pantai Bandengan Jepara menyajikan kilauan pasir putih di sepanjang pantai. Pantai ini juga merupakan spot terbaik untuk menyaksikan sunset atau matahari tenggelam di senja hari. Ada sejumlah titik dimana pengunjung dapat leluasa memandang momen indah saat matahari kembali ke peraduan di ufuk barat. Momen sunset ini biasanya paling di tunggu, tidak hanya oleh wisatawan tapi juga mereka yang memiliki hobi fotografi. Tak bisa disangkal, background sunset di Pantai Bandengan sangat cantik jika diabadikan melalui jepretan kamera DSLR.

pantai bandengan jepara

Jika tempat wisata pantai lain memberlakukan tarif untuk masuk ke kawasan pantai, di Pantai Bandengan pengunjung bebas keluar masuk pantai tanpa dipungut biaya apapun. Pengunjung hanya diwajibkan membayar jika ingin mencoba fasilitas dan ragam wahana yang disediakan. Di pantai ini memang tersedia sejumlah fasilitas dan wahana yang cukup lengkap seperti Banana Boat, Kanoe Kids Park, Jet Sky, Donut Ban, Wave House, Flying Fish dan masih banyak lagi. Namun menurut kabar terakhir untuk masuk ke kawasan pantai, setiap pengunjung dikenakan tarif 5 ribu rupiah yang nantinya digunakan untuk peremajaan fasilitas pantai.

Tarif untuk fasilitas dan wahana di Pantai Bandengan sangat murah, bahkan jauh lebih murah dari wahana di Pantai Sanur, pantai Dreamland, Pantai Kuta atau pantai-pantai lain di Bali. Tak hanya menyediakan wahana water sport yang lengkap namun jika pengunjung ingin berkeliling di Pulau Panjang sudah disediakan persewaan perahu di sekitar lokasi. Pulau Panjang adalah sebuah gugusan pulau kecil yang terletak tak jauh dari bibir pantai.

Lelah menikmati berbagai wahaha water sport pengunjung bisa beristirahat di bawah pohon rindang ditepi pantai. Pengunjung bisa menyewa tikar untuk duduk-duduk atau berbaring melemaskan otot-otot yang tegang. Untuk melengkapi waktu istirahat pengunjung bisa memesan es kelapa muda dan aneka cemilan yang biasanya dijajakan oleh pedagang keliling.

Berlibur di Pantai Bandengan Jepara sebaiknya mengajak teman atau keluarga supaya bisa merasakan serunya bermain voli pantai. Pasir putih di pantai ini sangat halus dan lembut jadi aman untuk kaki telanjang. Diwaktu-waktu tertentu pengunjung juga dapat menyaksikan festival layang-layang yang rutin digelar di Pantai Bandengan. Festival layang-layang ini biasanya digelar setiap satu tahun dan diikuti peserta dari Indonesia maupun dari luar negeri. Pantai ini juga kerap dijadikan lintasan pada event motor cross yang diikuti rider-rider dari seluruh Indonesia.

pantai bandengan jepara

Petualangan di Pulau Tak Berpenghuni

Bagi pengunjung Pantai Bandengan yang berjiwa petualang sepertinya kurang lengkap jika tak mencoba berkeliling di Pulau Panjang atau juga populer dengan nama Pulau Tak Berpenghuni. Menurut data, Pulau Panjang adalah salah satu dari puluhan gugusan pulau disepanjang perairan wilayah Jepara. Pulau yang memiliki luas sekitar 19 hektar ini berjarak hanya 2 kilometer dari bibir Pantai Bandengan.

Pulau Panjang dikelilingi hamparan pasir putih dengan air laut yang jernih seperti gugusan-gugusan pulau di Kepulauan Sunda Besar lainnya. Karena kejernihan airnya maka terumbu karang di laut dapat terlihat jelas dari atas. Kawasan Pulau Panjang didominasi hutan tropis dengan pepohonan tinggi dan semak-semak yang merupakan tempat berkembangbiak unggas laut. Pohon-pohon yang tumbuh di pulau ini diantaranya pohon Asam Jawa, Kapuk Randu, Dadap, dan Pinus.

pantai bandengan jepara

Perjalanan menggunakan perahu boat dari Pantai Bandengan ke Pulau Panjang hanya sekitar 10 menit. Jika ingin berkeliling pulau bisa menggunakan perahu yang sama dengan biaya tambahan. Bagi yang ingin langsung masuk ke pulau bisa turun di dermaga. Untuk masuk ke kawasan Pulau Panjang pengunjung harus membayar tiket. Harus diingat, di pulau ini tidak ada penjual makanan, jadi jika ingin berpetualang lebih lama harus membawa bekal yang cukup dari Pantai Bandengan.

Pantai Bandengan Jepara kini mulai terkenal seperti halnya pantai-pantai di Pulau Jawa lainnya. Untuk itu satu hal yang wajar jika fasilitas dan wahana di pantai ini semakin ditingkatkan untuk kepuasan pengunjung. Terbukti selain wahana water sport disekitar pantai sudah tersedia fasilitas umum seperti rumah makan, musholla, penginapan, toilet umum dan tempat parkir yang luas. Masih di kawasan pantai ada beberapa art shop yang menyediakan berbagai cinderamata asli Jepara. Di pantai ini kebersihan menjadi hal penting dan diprioritaskan. Jadi tak heran jika kawasan pantai terlihat tetap bersih bebas sampah. Kondisi ini harusnya dicontoh oleh pengelola tempat wisata lain terutama yang belum mensosialisasikan pentingnya membuang sampah pada tempatnya.

 

One Response

Reply

hit counter
Select Language