no comments

Pesona Pantai Kuta Lombok dan Legenda Putri Mandalika


wisata pantai pulau lombok

Pantai Kuta Lombok – Pesona Pantai Kuta Bali memang mampu menghipnotis wisatawan bahkan keberadaannya sendiri sudah mendunia. Namun tahukah Anda jika di Indonesia ada Pantai Kuta lain yang tak kalah eksotis dibanding Pantai Kuta Bali? Ya, Pantai Kuta Lombok begitu nama pantai yang kini mulai menyedot perhatian wisatawan ini merupakan salah satu bukti Indahnya Indonesia. Pantai yang berada di Lombok Nusa Tenggara Barat ini menguatkan bahwa di Timur Indonesia memang surgawisata bagi wisatawan yang menyukai keindahan alam selain pantai-pantai di Bali dan Papua.

Luas wilayah Indonesia yang dua pertiga didominasi oleh bentang perairan menawarkan keindahan alam pantai yang sebagian besar telah dieksplorasi menjadi obyek wisata. Tak terkecuali Pantai Kuta Lombok, keindahannya disebut-sebut tak kalah dengan beberapa pantai di Bali yang terlebih dulu akrab dengan wisatawan. Bentang pasir putih diantara debur ombak yang menggulung sepanjang garis pantai mampu menghipnotis pengunjung yang selalu tumpah ruah setiap hari libur.

Lokasi Pantai Kuta Lombok berada di Lombok Tengah Nusa Tenggara Barat tepatnya di Desa Kuta masuk Kecamatan Pujut. Garis pantai sepanjang 7,2 kilometer membuktikan bahwa pantai ini begitu luas dibanding pantai-pantai lain disekitarnya. Begitu pandangan dialihkan ke Barat terlihat sebuah bukit menjulang bernama Bukit Mandalika. Dari cerita yang berkembang, ada keterkaitan antara Pantai Kuta dengan Bukit Mandalika yang hingga kini masih melegenda. Menurut cerita, dulu ada seorang putri bernama Putri Mandalika yang melarikan diri dari seorang pangeran yang ingin menikahinya. Untuk menghindari pengejaran sang pangeran Putri Mandalika kemudian terjun ke laut. Sejak saat itu bukit tempat dimana Putri Mandalika bersembunyi disebut Bukit Mandalika.

Elok Pantai Kuta dari Bukit Mandalika

Bagi wisatawan yang pertama kali berwisata di Pantai Kuta Lombok harus tahu bahwa momen terindah yang tidak boleh dilewatkan adalah menyaksikan panorama pantai dari Bukit Mandalika. Dari sini pengunjung bisa dengan leluasa mengagumi keindahan Pantai Kuta, kejernihan airnya serta gugusan karang yang berdiri kokoh tanpa terhalang apapun. Dari puncak bukit hamparan pantai terlihat begitu eksotis. Pepohonan yang tumbuh subur di puncak bukit cukup memberi keteduhan bagi pengunjung yang merasa kepanasan setelah lelah berjalan-jalan di pantai.

Satu pengalaman yang menyenangkan saat wisatawan melakukan serangkaian aktivitas menyenangkan. Surfing, snorkeling, bermain pasir, atau sekedar jalan-jalan sambil menunggu sunset di sore hari sepertinya hal yang paling menyenangkan saat berlibur di pantai ini. Jika menyempatkan diri berjalan ke Timur sekitar 2 kilometer maka pengunjung dapat menjumpai Pantai Seger yang masih bagian dari Pantai Kuta Lombok karena berada di garis yang sama. Di Pantai Seger terdapat persewaan alat-alat menyelam dan berselancar. Jadi pengunjung tidak perlu repot membawa perlengkapan jika ingin surfing atau snorkeling di Pantai Seger ini.

Saat ini keberadaan Pantai Kuta Lombok sudah dikenal banyak orang terutama wisatawan asing dan lokal. Oleh karena ini para pengembang sudah menyediakan fasilitas publik berupa hotel dan penginapan baik yang dekat dengan Pantai Kuta maupun Pantai Seger. Bagi pengunjung yang berniat surfing atau snorkeling disarankan menunggu bulan Juli atau Agustus. Pada bulan-bulan tersebut biasanya ombak Pantai Kuta cukup tenang, tidak terlalu besar atau terlalu kecil sehingga lebih ideal untuk aktivitas surfing maupun snorkeling.

wisata di pulau lombok

Perjalanan Terdekat ke Pantai Kuta

Memulai perjalanan ke Pantai Kuta Lombok patokan paling ideal adalah Kota Mataram. Dari Mataram ke lokasi, pengunjung harus menempuh perjalanan kurang lebih 70 kilometer arah ke Tenggara. Jika perjalanan lancar mungkin butuh waktu sekitar 90 menit dengan kendaraan pribadi. Bagi yang datang dari luar daerah bisa menggunakan mobil sewaan. Di Kota Mataram banyak mobil yang disewakan untuk berkeliling Pulau Lombok termasuk ke Pantai Kuta. Bisa juga menggunakan transportasi umum tapi biasanya lebih mahal karena harus beberapa kali transit. Disamping itu kendaraan umum dari lokasi maupun ke lokasi hanya beroperasi sampai jam 15.00 waktu setempat. Jadi yang tidak punya rencana menginap harus balik ke Mataram sebelum jam-jam tersebut.

Sebelum memasuki kawasan Pantai Kuta pengunjung akan melewati sebuah desa bernama Desa Sade. Masyarakat desa ini adalah asli Susu Sasak yaitu penduduk pribumi asli Pulau Lombok. Jika punya waktu cukup pengunjung bisa singgah sebentar di Desa Sade untuk menyaksikan langsung pembuatan kain tenun asli Suku Sasak. Disini pengunjung juga bisa membeli kain tenunan tangan untuk cinderamata.

Tips Berlibur di Pantai Kuta

Bagi wisatawan yang tidak punya rencana menginap di Pantai Kuta Lombok disarankan meninggalkan lokasi sebelum pukul 18.00 waktu setempat. Ini penting untuk kenyamanan sekaligus keselamatan di perjalanan mengingat akses jalan yang cukup sulit, berkelok-kelok dan minim penerangan. Jika waktu libur lebih dari satu hari dan punya budget lebih ada baiknya menginap 1-2 hari karena Pantai Kuta terhubung langsung dengan beberapa pantai lain, sayang jika tidak sekalian dikunjungi.

Wisatawan yang tidak membawa peralatan berselancar atau menyelam bisa menyewa semua perlengkapan di sekitar lokasi. Namun ingat, sebaiknya pengunjung menawar harga sewa 1/3 harga yang ditawarkan. Ini penting mengingat biasanya tarif sewa yang ditawarkan sangat tinggi, terutama untuk wisatawan asing atau dari luar daerah. Untuk menjaga kesehatan kulit dan mata sebaiknya mengenakan tutup kepala dan kacamata sebab panas di Pantai Kuta biasanya cukup terik apalagi ketika musim kemarau. Bagi wisatawan yang memiliki kulit sensitif sebaiknya menggunakan sun-block jika ingin berjemur.

  wisata pantai di lombok

Fasilitas Umum dan Akomodasi

Di Pantai Kuta Lombok sudah terdapat fasilitas umum dan sarana akomodasi lengkap. Ada beberapa homestay, hotel, toko souvenir, rental alat berselancar dan menyelam, hingga area parkir yang luas. Bagi pengunjung yang ingin menginap, ada 2 hotel yang cukup familiar di sekitar lokasi yaitu Kuta Indah Hotel dan Kuta Paradise Lombok.

 

Reply

hit counter
Select Language