no comments

Pantai Lampuk, Objek Wisata Saksi Sejarah Tsunami Aceh


pantai lampuk aceh

Pantai Lampuk merupakan salah satu objek wisata yang ada di Aceh. Pantai ini begitu terkenal di Aceh, tepatnya di Aceh Besar dan selalu ramai dikunjungi oleh pengunjung dari berbagai daerah disekitarnya seperti Banda Aceh, Meulaboh, Lhokseumawe dan daerah lainnya. Pemandangan di pantai ini tidak kalah indahnya dengan pantai-pantai yang ada di Bali. Karena keindahannya itu, pantai ini sampai dijuluki dengan Pantai Kuta-nya Aceh.

Pantai ini menjadi primadona Provinsi Aceh sebelum terjadinya tsunami pada taun 2004 lalu. Saat tsunami melanda Aceh, pantai ini juga terkena gelombang besar tsunami sehingga penginapan maupun hotel yang ada disekitar pantai mengalami kerusakan besar, termasuk keindahan panoramanya juga ikut rusak. Setelah 11 tahun berlalu, pantai ini mulai menampakan kembali keindahannya dan kini kembali dijadikan objek wisata andalan di Provinsi Aceh.

 

Istimewanya Pantai Lampuk

 

Pantai ini memiliki pasir putih yang sangat indah. Di pantai ini juga para wisatawan dapat berenang, berjemur, memancing, berlayar, berselancar, hingga menyelam. Di kawasan pantai ini pun terdapat padang Golf Seulawah, sebuah padang golf yang berlatar belakang panorama laut. Suasana sore hari di objek wisata pantai ini sungguh sangat indah dan penuh pesona. Wisatawan dapat menikmati indahnya matahari terbenam yang mampu memberikan suatu kenikmatan dan ketenangan yang tidak terlupakan.

Bermain dan Berenang di Pantai

Seperti layaknya pantai-pantai lainnya, di pantai ini juga wisatawan dapat melakukan aktivitas berenang dan bermain pasir putih. Suhu tropis yang cukup hangat seakan-akan menambah daya tarik para wisatawan mancanegara yang berkunjung ke kawasan ini. Biasanya disekitar pantai terdapat banyak anak-anak yang bermain pasir atau yang sekedar melarikan diri sejenak dari deburan ombak Samudra Hindia.

pantai saksi sejarah tsunami aceh

Asiknya Bermain Banana Boat

Di pantai ini juga tersedia fasilitas wisata berupa banana boat. Banana boat yang ada di sini setidaknya baru hadir sekitar 3 tahun terakhir ini. Serunya bermain banana boat ini menjadikannya selalu ramai dengan antrian wisatawan, terutama bagi para remaja yang seakan-akan belum lengkap datang ke Pantai Lampuk jika belum mencoba wahana permainan banana boat.

 

Surfing di Samudera Hindia

 

Bagi Anda wisatawan yang senang atau memiliki hobi berselancar, maka berselancar di Pantai Lampuk dapat menjadi opsi pertama ketika datang ke Aceh Besar. Bagi wisatawan yang ingin melakukan kegiatan berselancar tapi tidak membawa papan selancar, maka tidak perlu khawatir karena di pantai ini juga tersedia tempat penyewaan papan selancar dengan harga yang terjangkau.

wisata pantai Aceh

 

Nikmatnya Ikan Bakar di Pinggir Pantai

 

Tak lengkap rasanya jika berwisata ke suatu tempat tanpa mencicipi masakan yang ada di tempat wisata tersebut. Di Pantai Lampuk ini juga terdapat banyak pondokan-pondokan kecil yang menyediakan berbagai macam makanan dan minuman khas daerah pesisir. Salah satu makanan khas nan segar untuk disantap di pantai ini adalah Ikan Bakar Lampuk. Wistawan dapat memilih dengan bebas jenis ikan yang akan dibakar serta dapat menentukan sendiri kadar kematangannya. Ikan bakar ini biasanya dipadukan dengan nikmatnya sambal kecap dan aneka lalapan. Oleh karena itu, jika Anda berkesempatan untuk mengunjungi objek wisata ini  maka akan sangat disayangkan jika Anda tidak mencicipi Ikan Bakar Lampuk ini.

pantai saksi sejarah tsunami aceh

Asiknya Berfoto Dengan Panorama Pantai Yang Indah

Hamparan laut yang berwarna biru dan dikelilingi oleh bukit-bukit bebatuan alam yang indah, menjadikan pantai ini sangat cocok untuk dijadikan lokasi pemotretan baik itu untuk sesi pemotretan fashion model, prewedding, pasca wedding, atau pun sekedar foto keluarga. Objek wisata ini memiliki lokasi pemotretan yang cukup beragam, mulai dari kawasan hutan pinus, tebing batu, pasir putih dan laut yang biru. Selain itu juga pantai ini merupakan salah satu spot terbaik untuk  menyaksikan matahari terbenam.

Bagi Anda yang ingin berwisata ke pantai Lampuk, sebaiknya jangan datang pada  musim penghujan karena biasanya angin akan berhembus kencang dan ombak menjadi lebih besar sehingga cukup membahayakan.

 

Lokasi Objek Wisata Pantai Lampuk

 

Kawasan Lampuk ini berada di pantai barat Aceh, tepatnya berada di bagian ujung Pulau Sumatera. Beralamat di Kecamatan Lhoknga, Kabupten Aceh Besar, lokasi pantai ini berdekatan dengan Pantai Lhoknga dan dapat ditempuh melalui jalur darat dari Banda Aceh.

Akses Menuju Lokasi Wisata

Pantai Lampuk setidaknya berjarak sekitar 20 km dari Ibu Kota Provinsi Aceh. Dari Banda Aceh, untuk sampai ke lokasi wisata ini, wisatawan dapat menggunakan kendaraan pribadi dengan waktu tempuh kurang dari 20 menit. Selain itu, lokasi ini juga dapat dijangkau dengan menggunakan angkutan umum labi-labi atau angkot jurusan Banda Aceh-Lhoknga. Waktu tempuh dengan angkutan umum ini biasanya lebih lama, yaitu sekitar 35 menit. Harga tiket masuk ke objek wisata ini hanya Rp 3000. Biaya tiket masuk tersebut belum termasuk dengan tiket parkir kendaraan. Sedikitnya ada 4 jalur masuk ke pantai ini, diantaranya jalur Babah Satu, jalur Babah Dua, jalur Babah Tiga, serta jalur Babah Empat. Masing-masing dari pintu masuk tersebut diberi nama sesuai dengan urutan posisinya dari yang paling selatan hingga paling utara. Biasanya wisatawan lebih banyak melalui jalur Babah Satu dan Babah Dua, sedangkan untuk wisatawan asing biasanya masuk melalui jalur Babah Tiga agar dapat langsung menuju lokasi berselancar.

Objek wisata di Pantai Lampuk yang cukup lengkap ini sangat cocok dijadikan sebagai destinasi wisata ketika berada di Aceh bersama keluarga, khususnya ketika musim liburan tiba.

Reply

hit counter
Select Language