no comments

Menikmati Pesona Danau Toba di Taman Simalem Resort Sumatera Utara


Taman Simalem Resort Sumatera

Taman Simalem Resort – Hingga saat ini Danau Toba tetap menjadi icon tempat wisata di Sumatera Utara. Banyak hal-hal menarik yang bisa ditemukan disini, tidak hanya cerita rakyat yang melegenda namun juga panorama alam nan eksotis di danau yang konon menjadi danau terbesar di Asia. Danau Toba yang merupakan salah satu tempat wisata di Indonesia ini menyimpan keindahan alam yang sempurna, kejernihan air danau diantara pepohonan indah disekitarnya adalah gambaran dimana eskotisme tempat wisata ini sulit dicari tandingannya,dan merupakan satu bukti akan indahnya Indonesia. Lantas apa hubungan antara Danau Toba dan Taman Simalem Resort?

Tempat wisata Taman Simalem Resort menawarkan keindahan alam dengan view Danau Toba yang menakjubkan. Hal ini semakin mengukuhkan tempat ini menjadi satu dari sekian banyak destinasi wisata di Tanah Karo paling terkenal. Bahkan Taman Simalem juga merupakan kawasan ekowisata, yaitu gabungan pertanian berkonsep agrowisata dan semua aktivitas yang berhubungan dengan alam dalam satu kawasan terpadu.

4 Zona Wisata di Taman Simalem Resort

Memasuki gerbang Taman Simalem Resort pengunjung langsung disapa udara sejuk yang begitu nyaman. Mulai terlihat pemandangan sekitar yang begitu indah meski belum nampak secara keseluruhan. Hanya beberapa meter dari pintu gerbang pengunjung akan disambut Fountain of Wealth, sebuah air mancur buatan yang eksotis. Berawal dari sini pengunjung bisa memilih satu-persatu zona wisata yang ingin dikunjungi. Ada 4 zona yang biasanya menjadi favorit pengunjung yaitu zona Karo Agrotourism Farm and Mart, Pangambatan Valley, Buddish Temple dan Kodon-kodon Café.

Taman Simalem Resort

Zona Karo Agrotourism Farm and Mart

Zona Karo Agrotourism Farm and Mart adalah salah satu titik wisata Taman Simalem Resort yang wajib dikunjungi. Disini terdapat tempat favorit yaitu Pearl of Lake yang mengekspos keindahan Danau Toba. Karena keindahannya, tak jarang zona ini digunakan untuk foto pre-wed atau photo session, tentu saja dengan background Danau Toba sehingga hasil foto nampak sangat dramatis.

Di zona Karo Agrotourism Farm and Mart, spot selanjutnya yang tidak boleh dilewatkan yaitu Tongging Point. Di tempat ini terdapat café dan penginapan dimana keduanya saling berhubungan satu sama lain dengan panorama alam begitu memikat. Yang lebih menakjubkan disini terdapat Amphitheater juga dengan background Danau Toba. Area pertunjukan di tempat terbuka ini menawarkan keindahan langit malam yang mempesona.

Zona Pangambatan Valley

Berikutnya ada zona Pangamban Valley. Zona ini adalah zona ekowisata yang dikelola dua buah perusahaan besar dari Singapura dan Indonesia. Masuk ke zona ini pengunjung bisa berkeliling menlihat-lihat perkebunan buah Markisa dan Teh Biwa. Tempat ini juga berfungsi sebagai lokasi pembibitan bunga. Ada sejumlah spot menarik seperti Waterfall Lodge dan pondok-pondok tepat di pinggiran sungai. Sangat memungkinkan bagi pengunjung menginap beberapa hari di tempat ini untuk menikmati hamparan hutan hijau diantara gemuruh air terjun di Waterfall Lodge ini.

Taman Simalem Resort

Zona Buddish Temple

Sejauh ini Taman Simalem Resort sepertinya sudah memiliki fasilitas yang lengkap untuk pengunjung termasuk spot-spot menarik. Namun begitu penambahan berbagai wahana terus diupayakan untuk kepuasan pengunjung. Buddish Temple menjadi zona terbaru di taman wisata ini untuk melengkapi spot menarik yang terlebih dulu ada.

Zona Kodon-Kodon Café

Zona menarik berikutnya ada Kodon-kodon Café. Disini biasanya berkumpul wisatawan yang memiliki hobi yang sama untuk aktivitas seru yaitu trekking menuju air terjun kembar. Bagi yang tidak berminat dengan trekking bisa mencoba aktivitas yang tak kalah seru yaitu mendirikan camping di tepian sungai. Namun bagi yang malas trekking atau camping bisa duduk santai di café sambil menikmati pemandangan Danua Toba. Tentu saja sambil menyantap aneka kudapan yang sudah tersedia.

Jalur Outbound dan Café Western

Begitu masuk di kawasan Taman Simalem Resort pengunjung wajib membayar tarif masuk. Besarnya tarif masuk bervariasi, misalnya tergantung ukuran kendaraan yang masuk juga hari kunjungan. Di hari-hari biasa harga tiket masuk Rp 200 ribu. Harga tiket ini sudah termasuk voucher yang nantinya bisa ditukar dengan makanan atau minuman. Tidak perlu khawatir karena voucher ini berlaku untuk beberapa kali penukaran.

Tak jauh dari area parkir Taman Simalem Resort ini terdapat area outbond. Terlihat banyak tali yang menjuntai di area ini. Terdapat 3 jalur outbound yaitu jalur Yellow, Red, dan Black Circuit. Tarif Yellow Circuit sekitar Rp 80 ribuan. Yellow Circuit memiliki 3 rintangan yakni Rintangan Jembatan Ban, Flying Fox dan Rintangan Jaring Laba-laba. Jalur Red Circuit tarifnya Rp 100 ribuan. Red Circuit memiliki 4 rintangan yakni Rintangan Jembatan Kayu, Jembatan Ban, Flying Fox dan Rintangan Jaring Laba-laba. Yang terakhir jalur paling mahal yaitu Black Circuit dengan tarif Rp 120 ribu yang memiliki 5 rintangan. Jika ingin mencoba ke 3 jalur ini sekaligus tarifnya hanya Rp 250 ribu.

Di area Taman Simalem Resort juga disediakan arena khusus bagi pengunjung yang suka panjat tebing dengan tarif Rp 40 ribu. Di area outbound bagian bawah dibangun sebuah kompleks yang difungsikan sebagai café. Disini tersedia berbagai makanan western khusus bagi pengunjung yang suka makanan khas luar negeri. Di sekitar kompleks sudah disediakan gazebo untuk duduk-duduk dan beristirahat. Letaknya yang tepat di pinggir sungai kecil membuat pengunjung betah berlama-lama duduk di gazebo sambil bermain air.

Taman Simalem Resort

Akses Paling Mudah ke Lokasi

Tempat wisata Taman Simalem Resort berada di Kabupaten Tanah Karo Sumatera Utara, tepatnya di kawasan Bukit Merak Sidakalang dengan luas 206 hektar di ketinggian 1500 MDPL. Dari pusat Kota Medan hanya butuh waktu tak lebih dari 3 jam menggunakan kendaraan pribadi maupun kendaraan sewaan.

 

 

 

 

Reply

hit counter
Select Language