no comments

Menelusuri Kawasan Wisata Belanja Ciwalk Bandung


wisata bandung

Ciwalk Bandung – Pernah punya keinginan jalan-jalan ke Paris Perancis sambil berbelanja? Sepertinya untuk mewujudkan keinginan itu tidak perlu menunggu waktu yang tepat atau menunggu uang terkumpul banyak. Datang saja sekarang juga di Ciwalk, sebuah kawasan wisata sekaligus pusa perbelanjaan di Kota Bandung. Kawasan ini disebut-sebut memiliki karakter tak jauh beda dengan konsep pusat perbelanjaan di Paris. Nah, jika di Indonesia sudah ada Ciwalk Bandung, mengapa harus jauh-jauh ke Paris untuk belanja?

Cihampelas sebenarnya adalah nama jalan di kawasan ini. Hanya saja karena juga banyak di kunjungi wisatawan dari luar Bandung kemudian lebih populer dengan sebutan Ciwalk Bandung. Sejak dulu Bandung memang menjadi kiblat bagi mereka yang hobi berbelanja, namun bagi mereka yang benar-benar gila belanja maka Ciwalk menjadi pusat belanja murah yang paling direkomendasikan.

Berlibur ke Kota Bandung sepertinya tidak cukup dengan satu atau dua hari karena terlalu banyak spot-spot menarik untuk dikunjungi, salah satunya Ciwalk Bandung ini. Di Indonesia sendiri nama Ciwalk sudah begitu terkenal bahkan kadang justru tempat ini lebih didominasi wisatawan asing. Hal ini mengindikasikan bahwa Ciwalk semakin populer bahkan sampai ke luar negeri.  Jadi tak berlebihan jika Ciwalk menjadi destinasi wisata belanja favorit wisatawan lokal, dari luar daerah maupun wisatawan asing. Keberadaan salah satu tempat wisata di Bandung ini tentunya menjadi kebanggaan warga Bandung dan warga Jawa Barat pada umumnya.

Sentra Produk Pakaian dan Pernak-Pernik

Lokasi wisata belanja Ciwalk Bandung tepat di Jalan Cihampelas Kabupaten Bandung Utara. Datang ke tempat ini mungkin akan membuat pengunjung kagum atau justru malah bingung. Hal ini karena disini mata pengunjung begitu dimanjakan oleh sekian banyak jenis pakaian serta aneka aksesoris maupun pernak-pernik yang dijual sepanjang jalan. Wajar jika pengunjung bingung mau memilih yang mana, karena semua produk pakaian dari Bandung sangat terkenal dengan kualitasnya.

Jika di Asia, Ciwalk Bandung lebih mirip kawasan Pattaya Thailand dimana sepanjang jalan dipadati oleh pertokoan yang menjual segala macam kebutuhan, terutama fashion. Seperti halnya tempat wisata di perkotaan, di kawasan Ciwalk tersedia banyak restoran dan café. Semua menu khas Indonesia maupun ala Eropa tersedia, jadi pengunjung tidak akan kelaparan meski berjalan-jalan seharian ditempat ini.

Di kawasan Ciwalk Bandung ini masih banyak pohon-pohon rindang berdiri kokoh sehingga kebutuhan oksigen tetap terpenuhi dan yang pasti bebas polusi. Lingkungan ditempat ini juga sangat bersih, tidak ada sampah berserakan yang mengganggu pemandangan. Kesadaran membuang sampah pada tempatnya memang terus disosialisasikan untuk memberi kenyamanan pengunjung yang datang untuk belanja atau sekedar jalan-jalan.

indahnya indonesia

Pusat Pertokoan dan Hiburan

Ciwalk Bandung tidak hanya menawarkan udara sejuk karena banyaknya pepohonan. Disini pengunjung juga bisa memilih bersantap di café atau restoran dengan konsep outdoor, artinya pengunjung bisa menyantap hidangan yang dipesan di ruang terbuka sambil menikmati penadangan sekitar. Di depan pertokoan dan restoran disediakan bangku-bangku panjang untuk pengunjung yang ingin bersantai sambil foto-foto. Konsep outdoor di Ciwalk memang memberi nuansa berbeda, hanya saja suasana indah di ruang terbuka ini jarang bisa dinikmati begitu musim hujan tiba.

Jika diperhatikan dari arsitekturnya konsep penataan bangunan di Ciwalk Bandung memang terlihat seperti perpaduan desain bangunan pertokoan, café / restoran dan area bermain untuk anak. Ada banyak sekali vendor yang melengkapi kemewahan Ciwalk ini seperti  Jogja Dep. Store, Giordano, Optick Melawai, NAV Karaoke, Game Master hingga brand makanan seperti Pizza Hut, KFC, Bread Talk, Cireng Keraton, Starbuck, Bakso Malang Karimpitan dan masih banyak lagi lainnya. Bisa dibayangkan begitu ramainya tempat ini terutama di musim-musim liburan.

indonesia itu indah

Panggung Hiburan dan Musik

Kawasan Ciwalk Bandung ini memiliki ruang terbuka yang sangat luas. Ada sejumlah pelataran yang sering digunakan untuk acara hiburan seperti pertunjukan musik atau event lain yang berkaitan dengan hiburan untuk umum. Suguhan panggung musik atau pagelaran budaya lokal hampir setiap hari bisa dinikmati pengunjung bersama teman atau keluarga. Banyak band-band lokal maupun dari luar kota Bandung sering diundang untuk mengisi acara musik di Ciwalk. Ini menjadi salah satu daya tarik sehingga banyak wisatawan yang berlibur selama beberapa hari di kawasan Ciwalk Bandung.

Suasana meriah di Ciwalk biasanya lebih terasa menjelang sore hingga malam hari. Gemerlap lampu kota di tengah keramaian membuat suasana semakin semarak. Aneka lampu hias dengan berbagai bentuk menghiasai pepohonan di area outdoor tentu menambah nuansa romantis semakin kental. Agar lebih puas menikmati suasana malam di tempat ini, disarankan bagi pengunjung untuk menginap satu atau dua malam di hotel-hotel yang sudah tersedia di kawasan Ciwalk.

wisata ciwalk bandung

Rute Terdekat ke Ciwalk Bandung

Akses menuju kawasan Ciwalk Bandung sangat mudah, apalagi perjalanan ditempuh menggunakan kendaraan pribadi. Harus diketahui oleh pengunjung, di Ciwalk sudah disediakan gedung khusus untuk parkir dengan akses langsung ke area pertokoan sehingga lebih mudah untuk memarkir kendaraan bagi yang membawa kendaraan pribadi.

Jika memilih menggunakan kendaraan umum, dari pusat Kota Bandung bisa naik angkutan kota ke berbagai jurusan yang melewati kawasan Ciwalk. Beberapa angkutan yang melewati Ciwalk yaitu jurusan Kalapa – Ledeng, Cicaheum – Ciroyom, ST. Hall – Lembang dan Cisitu – Tegalega. Jika tidak mau repot bisa juga menggunakan taksi meskipun tarifnya lebih mahal. Jika ingin meneruskan perjalanan ke tempat wisata lain atau balik ke pusat kota Bandung sudah tersedia jas taksi yang standby di kawasan Ciwalk Bandung. Bagi pengunjung yang membutuhkan mobil travel untuk berkeliling kawasan Bandung dan sekitarnya, bisa menggunakan mobil travel Pool City Trans atau Pool X-Trans atau beberapa jasa travel lainnya.

 

Reply

hit counter
Select Language