no comments

Memanjakan Perut di 6 Tempat Wisata Kuliner Semarang


Tempat Wisata Kuliner Semarang – Mengunjungi obyek wisata dimanapun tempatnya, bukan semata-mata fokus menikmati panorama alam atau wahana yang disediakan. Namun mencicipi kuliner khas daerah dimana kita singgah sepertinya menjadi sesuatu yang ‘wajib’ untuk dicoba. Nah, ketika kita mengunjungi Kota Semarang, disini memang banyak terdapat tempat wisata menarik. Sebut saja Jalan Simpang Lima, Pantai Marina, Taman Srigunting, Lawang Sewu, dan puluhan tempat wisata lainnya. Namun ada hal yang tak kalah menarik adalah wisata kulinernya dimana aneka sajian unik dan lezat siap disantap.

Kuliner Semarang memang sedikit berbeda dar tempat lain. Sajian khas daerah ini lebih unggul dalam hal kekuatan rasa. Unsur kulinernya semakin kental karena baik bahan maupun proses pembuatannya tetap menggunakan cara-cara tardisional. Nah, mau berlibur ke semarang dalam waktu dekat? Berikut tempat wisata kuliner Semarang yang direkomendasikan untuk Anda.

Tempat Wisata Kuliner Populer di Semarang

Soto Bangkong

wisata kuliner

Sebagian besar kuliner selalu identik dengan nama yang sedikit aneh, contohnya Soto Bangkong khas Semarang ini. Di Semarang banyak jenis soto yang dijual namun Soto Bangkong memiliki rasa khas yang berbeda. Konon Soto Bangkong sudah ada sejak tahun 1950 dan hanya dijual berkeliling dengan cara dipikul. Namun bagi Anda yang penasaran dengan rasanya meluncur saja ke Jalan Brigjen Katamso Semarang sekarang juga. Soto Bangkong siap menggoyang lidah Anda.

Dilihat sekilas Soto Bangkong sangat sederhana. Dalam menunya terdapat perpaduan beberapa bahan seperti Ayam Suwir, Bihun, Irisan Bawang dan Kuah. Entah apa rahasianya sehingga rasanya menjadi super lezat. Di Jalan Brigjen Katamso ini selain menyajikan menu utama Soto Bangkong juga menyediakan kuliner lain seperti Ayam Goreng khas Semarang dan Garang Asam.

Restoran Pesta Keboen

surgawisata

Tempat wisata kuliner di Semarang yang satu ini mengusung konsep tempo dulu terutama untuk desain bangunannya. Restoran Pesta Keboen berada di Jalan Veteran Nomor 29 Semarang. Nuansa klasik sangat kental di restoran ini sehingga pecinta kuliner biasanya tak berfikir lama untuk segera meluncur ke lokasi.  Suasana vintage mendominasi setiap interior ruangan baik area indoor maupun outdoor. Restoran ini memang dibagi menjadi 2 zona yaitu zona indoor atau area dilarang merokok dan bagi yang suka merokok bisa memilih zona outdoor.

Di restoran ini semua kuliner khas Semarang tersedia, bahkan kuliner dari semua penjuru Jawa. Sambil menunggu pesanan makanan, Anda bisa melihat-lihat koleksi benda kuno di ruangan yang sama. Tak hanya kuliner lezat dan view pemandangan yang indah namun restoran ini juga dilengkapi zona khusus untuk bermain anak-anak. Bahkan Anda bisa menikmati live music di hari-hari tertentu.

Waroeng Semawis

kuliner semarang

Berwisata di Semarang dijamin Anda tidak akan kelaparan karena memang cukup banyak tempat wisata kuliner populer di Semarang. Untuk kali ini kita coba mampir di Waroeng Semawis di kawasan Pecinan Semarang. Tempat ini sebenarnya lebih tepat disebut pasar malam karena di lokasi banyak sekali pengunjung yang datang untuk menikmati kuliner lokal maupun makanan khas Eropa. Sayangnya tempat ini hanya buka 3 kali seminggu (Jumat, Sabtu, Minggu), itupun hanya malam hari saja.

Nah, sedikit peringatan bagi pengunjung khususnya yang muslim agar lebih selektif memilih menu yang tersaji disini. Ada beberapa jenis kuliner yang konon mengandung bahan dari daging babi. Di kawasan Waroeng Semawis ini juga banyak terdapat pedagang pakaian, akesoris maupun mainan anak-anak. Jadi seperti yang disebutkan diatas, wisata kuliner di Kampung Pecinan Semarang ini lebih tepat disebut pasar malam.

Bebek Goreng Pak Thori

kuliner khas semarang

Menu bebek goreng lalapan memang ada hampir disetiap daerah di Indonesia. Namun Bebek Goreng Pak Thori Semarang ini memang beda. Konon sajian bebek goreng disini rasanya lebih gurih dan tidak ada bau amis sedikitpun. Teksturnya juga lebih empuk namun dagingnya tetap utuh alias tidak hancur. Selain menu bebek goreng, warung makan yang ada di Jalan Raya Gunungpati KM 15 Semarang ini juga menyediakan menu kuliner lain yang tak kalah enak yaitu nasi goreng, lele goreng dan ayam goreng. Warung Bebek Goreng Pak Thori memiliki ciri khas unik yaitu pengunjung dipersilahkan memilih jenis sambal lalapan yang diinginkan. Jangan terkecoh ya, karena pilihan sambal warna merah pedasnya level sedang, tapi justru yang warna hijau pedasnya level paling tinggi.

Rumah Makan Kampung Laut

kuliner semarang

Bagi wisatawan yang sedang berada di sekitar Tawang Mas Semarang sepertinya rugi jika tidak singgah sebentar memanjakan perut di Rumah Makan Kampung Laut. Tempat ini termasuk tempat wisata kuliner Semarang paling lengkap karena selain menyediakan menu kuliner dari berbagai daerah dan juga terdapat kolam pemancingan. Tak lupa juga tersedia area bermain khusus anak-anak lengkap dengan ayunan, jungkat jungkit maupun seluncuran.

Adapun menu-menu yang tersedia di Rumah Makan Kampung Laut diantaranya aneka Seafood dan iga sapi. Uniknya Anda bisa bersantap di saung-saung yang mengapung di atas kolam. Sambil menikmati menu yang tersedia Anda bisa menikmati pemandangan kolam dan sekitarnya.

Angkringan Gaul ampiran 3

kuliner semarang

Kata “Gaul” memang identik dengan anak muda. Begitu juga dnegan Angkringan Gaul Ampiran 3, tempat wisata kuliner Semarang yang satu ini memang membidik penikmat kuliner terutama kalangan anak muda. Seperti layaknya angkringan pada umumnya menu yang tersedia disini ada nasi kucing, gorengan dan sate telur puyuh. Tempat ini menyediakan fasilitas Wi-fi gratis sehingga wajar jika pengunjungnya didominasi kalangan remaja dan mahasiswa. Tak hanya harga yang terjangkau namun konsep gaulnya benar-benar mewakili jiwa anak muda masa kini.

Bagaimana, siap meluncur ke tempat wisata kuliner Semarang? Atau terlebih dulu ingin berjalan-jalan di tempat wisata sekitar kota? Mau kemana saja terserah Anda tapi untuk yang datang dari luar kota sebaiknya membawa perlengkapan yang cukup seperti obat-obatan, air mineral, hingga ban serep bagi yang membawa kendaraan pribadi.

 

 

 

 

 

Reply

hit counter
Select Language