1 comments

Lembah Baliem Wamena, Surga Kedua di Tanah Papua


tempat wisata papua

Lembah Baliem Wamena – Bagi Slanker atau penggemar band Slank sedikit banyak pasti sudah mengenal Lembah Baliem Papua, meskipun hanya lewat penggalan lirik lagu Lembah Baliem milik Slank. Minimal dari lirik lagu tersebut bayangan eksotisme Lembah Baliem dapat kita rasakan meskipun tidak bisa langsung menikmatinya. Keberadaannya yang jauh di ujung paling Timur pulau di Indonesia membuat intensitas pengunjung salah satu tempat wisata Indonesia yang ada di Papua ini belum sebesar tempat wisata lainnya.

Lembah Baliem terletak tepat di jantung Pulau Papua. Orang yang pernah berkunjung kesana pasti setuju bahwa destinasi yang satu ini layak disebut taman surga di bumi. Tidak berlebihan sebab tempat ini menyimpan kesempurnaan alam yang maha indah. Dari topografinya Lembah Baliem Wamena terletak di tengah perbukitan pada ketinggian 1600 MDPL. Dengan sendirinya udara yang bersih dan sejuk langsung terasa begitu pengunjung menginjakkan kaki disini. Saat malam menjemput udara dingin kian menyengat. Sebuah ciri khas tempat wisata yang masih perawan, belum terjamah polusi apalagi limbah industri,dan ini merupakan salah satu bukti indahnya indonesia.

Lembah Baliem terletak di sebuah desa bernama Desa Wosolimo, masuk Kabupaten Wamena Papua. Pemandangan alam yang mempesona menjadi salah satu bukti bahwa gugusan pulau-pulau di Indonesia Timur memang menyimpan potensi yang luar biasa untuk dikembangkan menjadi obyek wisata kelas dunia. Jadi dengan hadirnya Lembah baliem perkembangan wisata wilayah Timur kini semakin merata setelah sebelumnya hanya didominasi Pulau Bali dan Pulau Lombok.

Keunikan Festival Lembah Baliem

Berpetualang di Lembah Baliem Wamena kita tak hanya disuguhi keindahan alam yang eksotis namun kita bisa berinteraksi langsung dengan wisata budaya disana. Salah satu wisata budaya paling menarik adalah Festival Lembah Baliem yang mungkin akan menjadi pengalaman paling berkesan selama mengunjungi beberapa destinasi wisata di Papua.

Festival Lembah Baliem adalah acara tradisional yang diadakan satu tahun sekali berupa atraksi atau tari-tarian. Tari-tarian yang dibawakan oleh penduduk lokal tersebut melambangkan kisah masa lalu ketika terjadi perang antar suku yaitu Suku Lani, Suku Dani dan Suku Yani. Berdasarkan informasi masyarakat setempat festival ini adalah lambang kedamaian, kesuburan dan kemakmuran yang kemudian divisualisasikan dengan simbol perang antar suku. Festival yang melibatkan ratusan orang ini adalah tradisi turun temurun dan biasanya diselenggarakan setiap tahun atau bersamaan dengan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan RI.

Mengikuti Festival Lembah Baliem sejak awal pasti memberi kesan yang mendalam terutama bagi wisatawan yang datang dari luar Papua. Bayangkan, festival ini digelar 3 hari penuh dan selama itu kita bisa mengikutinya secara gratis. Tradisi yang melambangkan perang segitiga ini mulai diselenggarakan tahun 1989 silam dan menjadi salah satu daya tarik utama bagi wisatawan mancanegara.

Perpaduan sempurna antara pemandangan alam yang eksotis dan wisata budaya yang menarik membuat Lembah Baliem Wamena menjadi tempat wisata alam paling fenomenal di Papua setelah Raja Ampat. Jika kita berlibur disini tentu banyak kegiatan menarik yang bisa kita lakukan. Serangkaian aktivitas yang tidak boleh kita lewatkan yaitu memotret keindahan alam serta mendokumentasikan Festival Lembah Baliem dalam rekaman video. Sekali waktu kita juga bisa membaur dengan penduduk setempat untuk menambah wawasan budaya terutama yang berkaitan dengan tradisi suku dan kekayaan budaya di tanah Papua.

wisata indonesia

Sarana Transportasi dan Fasilitas Akomodasi di Lembah Baliem

Bagi seorang backpacker atau petualang sejati menjelajah alam serta membaur dengan keindahan didalamnya adalah pengalaman yang luar biasa. Tentu saja mereka sadar bahwa untuk mendapatkan suatu hal yang berharga dibutuhkan perjuangan dan kerja keras. Begitu juga ketika ingin mengunjungi Lembah Baliem Wamena di Papua ini, butuh perjuangan panjang dengan perjalanan yang begitu lama dan melelahkan.

Lembah Baliem Wamena sebenarnya bukan kawasan yang terisolir, hanya saja untuk mencapai lokasi harus melakukan beberapa transit pesawat. Tentunya ini menjadi pertimbangan tersendiri bagi wisatawan dari luar Papua sebab selain stamina fisik yang prima dana yang harus disiapkan kemungkinan juga besar. Jika datang dari luar Papua harus naik pesawat lalu mendarat di Kota Jayapura, selanjutnya perjalanan diteruskan menggunakan pesawat ke Wamena. Untuk sampai ke Wamena ada beberapa penerbangan yang siap membawa kesana yaitu Yajasi, AMA, Trigana, MAF dan Manunggal Air.

Sekali lagi yang harus digarisbawahi, selain stamina harus benar-benar prima, dana yang dibutuhkan untuk berkunjung ke Lembah Baliem cukup besar. Bagi kita yang budgetnya terbatas mungkin perlu menyiapkan antisipasi, misalnya membawa bekal makanan yang cukup sebelum mencapai lokasi. Cara ini sangat penting mengingat harga-harga barang di Papua cukup mahal, termasuk harga bahan makanan maupun makanan siap saji harganya lumayan tinggi.

Jika harus dibandingkan harga satu jenis makanan di Jakarta harganya bisa dua kali lipat jika dibeli di Papua. Hal ini cukup masuk akal sebab transportasi untuk pendistribusian kebutuhan  logistik ke daerah ini masih cukup sulit. Akses ke sejumlah daerah yang harus menggunakan jalur udara berimbas pada melonjaknya harga kebutuhan pokok disana. Namun kini dengan dibangunnya sarana infrastruktur di beberapa titik membuat transportasi darat mulai berkembang di Papua. Dampak positifnya harga bahan bakar di Papua kini setara dengan daerah-daerah lain di seluruh Indonesia.

indonesia itu indah

Lembah Baliem Papua memang menyimpan keindahan yang menakjubkan. Satu kesempatan langka jika kita berkesempatan mengabadikan eksotisme alam maupun pagelaran budaya menarik, seperti Festival Lembah Baliem. Satu hal yang tidak boleh terlewatkan, kita bisa minta berfoto bersama penduduk asli Suku Dani lengkap dengan pakaian tradisionalnya. Bila kita ingin berpetualang di Lembah Baliem Wamena selama beberapa hari, wisatawan bisa menginap di hotel Baliem Valley Resort yang terletak di Selatan Kota Wamena.

 

No Responses

Reply

hit counter
Select Language