no comments

Kopi Menoreh, Menikmati Sajian Kopi Dengan Suasana Perbukitan


kopi menoreh

Kopi Menoreh adalah sebuah produk varian kopi yang ditanam di perbukitan Menoreh, tepatnya di kabupaten Kulonprogo sebelah barat kota Jogja. Kulonprogo sendiri dikenal memiliki beragam wisata alam yang cukup menarik terutama kawasan pengunungan Menoreh seperti Goa Seplawan, Curug Setawing, Kedung Pedut, dan masih banyak lagi yang lainnya. Salah satu tempat yang harus ada dalam daftar perjalanan Anda ketika berwisata ke Kulonprogo ialah menikmati sajian tradisional dengan ditemani segelas kopi asli yang ditanam di perbukitan Menoreh sambil berkumpul dengan keluarga di Kedai Kopi Menoreh.

 

 

Aroma Moka Dengan Suasana Menenangkan

 

Sajian kopi yang ditawarkan di Kedai Kopi Menoreh ini adalah kopi robusta beraroma moka. Di sini ada dua buah kedai kopi yaitu Kedai Kopi Menoreh Pak Rohmat dan Cakruk Bu Mar. Keduanya tidak jauh dari wisata Puncak Suroloyo tepatnya berada di Dusun Madigondo, Sidoharjo, Samigaluh Kabupaten Kulonprogo atau sekitar 35 km dari Tugu Jogja. Warung kopi yang buka 24 jam ini terletak sangat jauh dari hingar bingar dan keruwetan suasana kota, sehingga sangat cocok bagi Anda yang mencari suatu ketenangan. Selain itu sesampainya di lokasi, para pengunjung yang datang akan segera disambut dengan senyuman yang hangat khas masyarakat pedesaan oleh si empunya kedai kopi. Selain itu pengunjung juga akan disuguhi oleh pemandangan alam yang sejuk dengan beberapa gazebo sederhana yang terletak di pojok-pojok taman yang terbuat dari material bambu serta ijuk sehingga menambah kecantikan pemandangan disekitarnya. Barisan meja dan kursi kayu pun tersusun dengan rapi serta membawa kesan kehangatan ketika terkena sinar lampu pijar yang ada diatasnya. Di sana pengunjung dapat langsung memesan kopi. Sembari menunggu pesanan kopi disajikan, pengunjung dapat berkeliling untuk menikmati pemandangan yang begitu asri  dan sejuk khas pedesaan.

Ada beberapa gazebo yang letaknya menghadap ke sebuah lembah sehingga dari gazebo tersebut akan sangat jelas terlihat beraneka ragam tanaman hijau yang tertutup kabut tipis dan nampak juga sungai kecil yang terlihat samar-samar di dasar lembah yang semakin menambah kesejukan mata kala memandangnya. Di sisi lainnya, pengunjung akan dimanjakan dengan alunan orkestra alam dari suara-suara sendu jangkrik dan kicauan-kicauan burung yang saling bersahutan satu sama lain sehingga semakin menambah ketenangan pikiran.

 

 

Kopi Robusta dan Lanang di Kedai Pak Rahmat

 

Jika Anda berada di kedai kopi Pak Rahmat, Anda akan ditawarkan dengan 2 pilihan jenis kopi yaitu arabika dan robusta yang keduanya dari hasil kebun Pak Rahmat sendiri. Satu paket kopi akan disajikan dalam sebuah nampan kecil lengkap dengan gula pasir, gula jawa jahe dan gula aren cair. Selain itu sebagai teman minum kopi Anda juga dapat memesan beberapa camilan khas pedesaan seperti aneka gorengan, singkong rebus, tahu isi, kacang rebus, serta geblek yang merupakan camilan khas dari Kulonprogo. Khusus untuk saus gula jawa jahe yang tersaji tadi adalah sebagai pelengkap saus cocolan singkong rebus sehingga rasanya akan terasa sangat nikmat. Untuk harga jangan khawatir karena untuk pesanan satu paket kopi dan camilan khas desa tersebut hanya di banderol dengan harga Rp 12.500 saja. Sungguh sangat murah jika dibandingkan dengan kedai klinik kopi. Tak sampai disitu, kedai kopi Menoreh Pak Rahmat juga menawarkan makanan-makanan berat lainnya yang tentunya khas dari masyarakat sekitar seperti rica-rica menthok, ayam kukus, nasi putih, nasi jagung serta berbagai sayuran seperti rebung, tahu, tempe dan yang paling khas adalah ayam menoreh yang hanya ada di daerah perbukitan menoreh saja. Ada juga beberapa bungkus kopi bubuk dan roasted bean yang bisa dibawa pulang sebagai oleh-oleh.

kedai kopi menoreh pak rohmat

 

Paket Wisata Kedai Bu Cakruk

 

Sedangkan jika Anda berkunjung ke kedai kopi Cakruk Bu Mar, kopi yang ditawarkan lebih bervarisi jika dibandingkan dengan kedai kopi Pak Rahmat yang hanya menyajikan 2 jenis kopi saja. Bahkan di Cakruk Bu Mar ini juga menyediakan kopi luwak yangharganya sangatlah murah, yaitu hanya Rp 20.000 saja. Pengetahuan Bu Mar terhadap kopi sendiri lebih baik jika dibandingkan dengan Pak Rahmat, bahkan beliau mengklaim dapat membuat kopi espresso dengan cara-cara manual dan tradisional. Harga kopi yang ditawarkanpun lebih murah ketimbang di Pak Rahmat. Untuk kopi robusta/black moka cup hanya dihargai Rp 5000 dan untuk kopi lanang/single moka cup dihargai Rp 8000. Daya tarik lainnya adalah adanya paket wisata yang ditawarkan. Untuk mengambil paket wisata ini Anda hanya perlu membayar seharga Rp 50.000 saja. Karena Pak Rahmat dapat dibilang tidak terlalu lama dalam bisnis kedai kopi Menorehnya, maka ia belum memiliki fasilitas paket wisata seperti yang ditawarkan oleh Cakruk Bu Mar. Paket wisata yang ditawarkan ialah berupa berkeliling perkebunan kopi dan juga wisata ke Curug Perawan yang terletak tidak jauh dari lokasi kedai kopi.

kedai kopi menoreh pak rohmat

 

Lokasi Kedai Menoreh

 

Untuk menuju Kedai Kopi Menoreh ini, jika Anda dari arah kota Yogyakarta, maka tinggal menuju arah Jalan Godean, lalu ke Kali Progo, setelah itu belok ke kanan, hingga sampai ke pertigaan Boro, selanjutnya ambil kiri hingga menuju arah Air Terjun Sukoharjo. Sesampainya disana nanti Anda akan mendapati petunjuk arah yang akan menuntun perjalanan Anda menuju lokasi Kedai Kopi Menoreh. Alamat lengkap dari kedai kopi ini adalah di Dusun Madigondo RT 26/RW 20, Sidoharjo, Samigaluh, Kabupaten Kulon Progo, Yogyakarta. Sayangnya belum ada angkutan umum yang dapat mencapai lokasi Kedai Kopi Menoreh ini, maka dari itu Anda hanya dapat menempuhnya dengan kendaraan pribadi atau bisa juga dengan sewa kendaraan dari kota Yogyakarta.

 

Reply

hit counter
Select Language