no comments

Jembangan Wisata Alam Terbaik Di Kebumen


Wisata Alam Terbaik Di Kebumen

Jembangan merupakan salah satu wisata alam terbaik yang ada di Kebumen. Selain wisata pantainya yang terkenal, saat ini di Kebumen semakin banyak wisata alam yang banyak menjadi rujukan destinasi wisata disana termasuk Jembangan.

 

Info Tentang Jembangan

 

Wisata alam Jembangan berada di Poncowarno Kebumen. Tempat wisata ini dinamakan Jembangan karena terletak di Desa Jembangan Kecamatan Poncowarno Kebumen. Tempat ini sangatlah indah dan dapat memberikan sensasi yang unik yang berbeda dengan aktivitas kita sehari-hari. Wisata alam ini sangat cocok untuk mengisi kegiatan liburan Anda, apalagi saat libur panjang seperti libur nasional ataupun libur tahun baru.

Keindahan Wisata Alam Jembangan

Objek wisata ini menawarkan pemandangan telaga hijau yang indah dengan dikelilingi hutan yang masih terjaga ke asriannya. Telaga ini pada bagian ujungnya dimanfaatkan sebagai bendungan air yang disebut dengan Bendungan Pejengkolan. Air yang mengalir merupakan terusan dari pintu air bagian timur Waduk Wadaslintang yang berada di Kabupaten Kebumen. Untuk menikmati Telaga Jembangan ini Anda dapat menggunakan sarana perahu air.

Disini juga terdapat 2 jembatan, yaitu Jembatan Gantung dan Jembatan Pejengkolan. Letak dari kedua jembatan tersebut tidak terlalu jauh dari telaga Jembangan. Jembatan Gantung terletak pada sisi kiri pintu masuk dan jembatan Pejengkolan di sisi kanan pintu masuk objek wisata ini. Jembatan gantung yang ada di lokasi ini adalah berupa jembatan semi permanen dengan bangunan beton besi pada kedua ujungnya. Sedangkan material jembatan sendiri terbuat dari papan kayu yang digantung. Berbeda dengan Jembatan Gantung, Jembatan Pejengkolanterbuat dari beton sepenuhnya dan sudah beraspal dengan panjang jembatan kurang lebih 500 meter.

Apabila ingin menikmati objek wisata ini, maka Anda harus menggunakan perahu mesin tentunya dengan sedikit biaya tambahan sewa perahu karena lokasinya memang cukup jauh dari dermaga tempat perahu-perahu mesin tersebut bersandar.

Wisata Alam Terbaik Di Kebumen2

Lokasi Wisata

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, wisata Jembangan ini terletak di Desa Jembangan, Kecamatan Poncowarno, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah. Akan tetapi jika Anda masih bingung untuk mencapai lokasi wisata ini,  maka Anda cukup mengetikan Wisata Alam Jembangan di kolom search google maps karena lokasi ini sudah tertandai di aplikasi tersebut.

Fasilitas Yang Ditawarkan Lengkap

Wisata alam ini dapat dikatakan sebagai tempat wiisata alam di Kebumen yang memiliki fasilitas dan pelayanan yang sangat lengkap seperti area parkir kendaraan yang luas, kolam pemancingan ikan, kamar mandi/MCK, Zona outbond dan uji nyali, dan berbagai wahana bermain seperti wahana perahu air, wahana bermain anak, tempat istirahat, mushola dan lain sebagainya. Khusus untuk wahana perahu air, terdapat dua jenis perahu yang bisa Anda sewa. Pertama adalah perahu unit kecil yang hanya mampu menampung dua orang dengan harga per unit Rp 15.000 dan yang kedua adalah perahu Naga. Perahu Naga ini disewakan dengan harga Rp 15.000 per orang dengan lama penggunaan 30 menit untuk tiap unit perahu.

Wisata Alam Terbaik Di Kebumen3

Transportasi  Menuju Wisata Alam Jembangan

Bagi wisatawan lokal asal Kebumen tentu sudah tidak akan bingung lagi untuk mencapai tempat wisata ini. Akan tetapi jika Anda datang dari luar kota dan kebetulan sedang ada di Kebumen dan ingin berkunjung atau berwisata ke tempat ini maka ada beberapa opsi pilihan transportasi yang dapat digunakan untuk mencapai lokasi wisata alam ini. Opsi pertama adalah dengan menggunakan kendaraan pribadi seperti sepeda motor ataupun mobil. Anda dapat meminta bantuan petunjuk arah kepada warga sekitar atau pun dengan menggunakan aplikasi Google Maps yang terpasang pada smarthphone Anda.

Opsi yang kedua adalah dengan menggunakan kendaraan umum seperti bis umum dan angkutan lainnya. Untuk mencapai tempat wisata ini, Anda dapat menggunakan bis yang akan menuju Kecamatan Poncowintan. Setelah itu, Anda dapat melanjutkan perjalanan dengan menggunakan jasa ojek  yang banyak terdapat di sekitar Kecamatan Poncowarna menuju Desa Jembangan hingga sampai di lokasi wisata alam Jembangan tersebut.

Rute Menuju Lokasi

Jika Anda berasal dari arah timur wilayah Kabupaten Kebumen seperti dari Kutoarjo, Purworejo, Wates, Kulon Progo, Jogja, Magelang, Muntilan, Salatiga, Semarang, Solo dst. Maka rute yang Anda tuju adalah ke arah barat sampai pada terminal Prembun. Dari terminal tersebut maju sedikit hingga perempatan lampu merah, setelah itu berbelok ke kanan, lalu ikuti jalur atau jalan raya Prembun-Wadaslintang hingga memasuki wilayah Desa Kabuaran. Di sebelah kiri Kabuaran, atau di barat jalan, Anda akan menemukan papan nama ataupun petunjuk arah menuju lokasi wisata tersebut. Dari penunjuk jalan tersebut untuk sampai ke lokasi wisata membutuhkan waktu sekitar 25 menit.

Harga Tiket Masuk Wisata

Untuk memasuki wisata alam ini, pengunjung akan ditarik retribusi atau karcis masuk sebesar Rp 3000 per orang. Tentunya ini sangat murah untuk ukuran wisata alam yang sudah terkenal dan memiliki fasilitas yang lengkap seperti telah disebutkan sebelumnya di atas. Akan tetapi jika Anda ingin merasakan berbagai macam wahana rekreasi yang tersedia disana seperti masuk ke kebun binatang, memasuki wahana bermain, menaiki perahu dan lain sebagainya, Anda akan dikenakan biaya lagi sesuai dengan wahana yang akan diikuti.

Demikianlah sedikit ulasan mengenai objek wisata alam Jembangan yang berada di Poncowarna Kabupaten Kebumen Jawa Tengah, semoga dapat membantu Anda yang sedang ingin berlibur ke Kebumen atau pun bagi Anda yang sedang bingung menghabiskan waktu liburan di Kebumen.

 

 

Reply

hit counter
Select Language