no comments

Geopark Ciletuh, Tempat Wisata Alam Sukabumi Yang Ciamik


Geopark Ciletuh

Geopark Ciletuh merupakan salah satu tempat wisata yang ada di Sukabumi Jawa Barat. Taman alam bebatuan ini telah mendapatkan sertifikat dari Komite Nasional Indonesia untuk UNESCO dan Kementrian ESDM pada 11 November 2015 lalu berdasarkan dokumen usulan Geopark ini.

Taman wisata alam ini dinilai telah memenuhi berbagai standar dan persyaratan untuk menjadi Geopark nasional. Pada tahun 2017 ini Pemerintah Jawa Barat akan mengajukan taman wisata alam bebatuan ini untuk menjadi Global Geopark atau Geopark Internasional ke UNESCO.

Taman wisata alam bebatuan ini memang ditargetkan untuk mendapatkan sertifikat dari UNESCO pada tahun 2017 karena untuk mendapatkan pengakuan dari UNESCO tersebut salah satu persyaratannya adalah telah diakui sebagai Geopark Nasional selama 2 tahun.

Geopark Ciletuh yang berada di Sukabumi ini patut untuk dipertimbangkan untuk mengisi liburan sebagai destinasi wisata alam yang begitu indah dan mempesona. Geopark Ciletuh Sukabumi atau dengan nama lainnya adalah taman alam batuan tua Ciletuh ini adalah tempat wisata alam yang lengkap dan keren yang ada di Jawa Barat.

 

Geopark Ciletuh Sukabumi, Kawasan Alama Dengan Batuan Tertua di Pulau Jawa

 

Geopark Ciletuh ini dipercaya bahwa dahulunya adalah berupa dasar lautan yang terangkat dari bawah laut ke permukaan. Bentang alam yang ada di Teluk Ciletuh ini memang sangat menarik. Pemandangan yang membentang menyerupai sebuah amfiteater raksasa yang mirip seperti tapal kuda yang menghadap langsung ke arah Samudera Hindia.

Geopark Ciletuh 3

Idealnya, ketika berkunjung ke Geopark Ciletuh ini akan memakan waktu sekitar 3-4 hari untuk dapat menikmati seluruh pemandangan dan kawasan alamnya yang masih begitu asri. Akan tetapi jika hanya memiliki waktu yang terbatas, Anda dapat mengunjungi beberapa lokasi utama yang ada di geopark ini. Misalnya seperti berkunjung ke Panenjoan, Pantai Palangpang, Curug Cimarinjung, Curug Awang, Curug Sodong dan Puncak Darma yang keseluruhannya dapat ditempuh dalam waktu satu hari penuh.

Taman alam bebatuan ini memang sebuah kawasan wisata alam yang lengkap dari mulai menawarkan pemandangan hamparan batu karang laut, beberapa air terjun dari pegunungan yang masih begitu asri, sampai beberapa kawasan pantai yang masih sepi. Dengan berkunjung ke kawasan wisata Ciletuh ini, Anda  akan mendapatkan wisata yang lengkap dari mulai gunung, air terjun hingga laut dan pantai.

 

Daya Tarik Wisata Ciletuh

 

Ciletuh Geopark ini merupakan kawasan wisata alam berbasis konservasi, edukasi, dan pemberdayaan masyarakat yang berpilar pada berbagai keragaman geologi, hayati, dan budaya. Menurut berbagai penelitian para ahli geologi, tebing-tebing batu yang ada di sekitar kawasan wisata ini terbentuk sejak puluhan juta tahun yang lalu, sehingga terlihat sangat indah dan menakjubkan.

Geopark Ciletuh 3

Seperti yang telah disebutkan diatas, bahwa kawasan ini dulunya adalah berupa dasar lautan yang terangkat ke permukaan dan membentuk sebuah taman raksasa yang sangat indah. Proses terbentuknya kawasan ini merupakan peristiwa yang sangat unik. Di kawasan geopark ini terdapat kumpulan batu melans yang merupakan hasil tumbukan lempeng benua dan kerak samudra. Batuan melans tersebut telah berumur sekitar 50-60 juta tahun. Ada pula kontak batuan lainnya yang berumur lebih dari 150 juta tahun.

Titik-titik terbaik untuk mengamati keindahan Ciletuh ini diantaranya adalah tebing bebatuan Paniisan, Panenjoan, dan Puncak Darma. Kawasan geopark ini dikelilingi oleh perbukitan yang hijau dan beberapa air terjun yang begitu indah.

Sekitar 9 air terjun ada dikawasan geopark ini yang dapat Anda kunjungi, seperti Curug Cimarinjung, Curug Awang, Curug Puncak Manik, Curug Tengah, Curug Ngelai, Curug Cikanteh. Curug Sodong, Curug Nyelempet, dan Curug Dog-dog.

Karena berbagai keunikan serta keanekaragaman flora dan faunanya juga dengan bentang alam yang sangat indah, maka tak heran jika banyak orang yang menjuluki kawasan ini sebagai “Pinggiran Surga” di Jawa Barat.

 

Lokasi Geopark Ciletuh

 

Geopark Ciletuh ini beralamat di Kecamatan Ciemas, Kabupaten Sukabumi Jawa Barat. Lokasinya tidaklah jauh dari kota Jakarta. Untuk menuju kawasan ini setidaknya dibutuhkan waktu sekitar 3 jam dari Ibu Kota. Dalam mengunjungi kawasan ini, disarankan untuk menggunakan mobil dengan penggerak 4 roda karena jalanan yang akan dilalui cukup terjal dan menantang.

Jika kebetulan tidak ada mobil berpenggerak 4 roda, maka Anda tidak perlu khawatir karena akhir-akhir ini telah banyak jasa perjalanan wisata yang menawarkan paket wisata ke Ciletuh dengan harga yang bervariasi dari mulai 700 ribu rupiah tiap orangnya. Dengan harga tersebut, pengunjung akan diajak berkeliling kawasan geopark menggunakan mobil jeep ataupun mobil dengan penggerak 4 roda lainnya dengan menyusuri hamparan batuan tua hasil sedimentasi jutaan tahun lalu. Selain itu, pengunjung juga akan diinapkan di rumah-rumah warga sekitar untuk kemudian berkeliling daerah pedesaan. Setelah itu, pengunjung juga akan diajak untuk menyusuri goa-goa yang ada didekat pantai selatan serta air terjun yang langsung jatuh ke laut.

Geopark Ciletuh 4

 

Tips Berwisata di Ciletuh

 

Ada beberapa tips yang patut diperhatikan ketika berwisata ke kawasan Geopark Ciletuh ini seperti jika Anda berkunjung ke kawasan ini dengan menggunakan kendaraan pribadi, pastikan kendaraan tersebut berada dalam kondisi prima. Disarankan untuk menggunakan mobil dengan penggerak 4 roda. Selain itu jangan lupa untuk berkunjung ke berbagai air terjun yang bertebaran dikawasanini. Siapkan juga kamera untuk mengabadikan berbagai momen liburan Anda ketika berada dikawasan ini. Satu lagi adalah jangan sekali-kali membuang sampah sembarangan di geopark ini atau bahkan sampai melakukan aksi vandalisme dengan melakukan aksi corat-coret sehingga menyebabkan keindahan Geopark Sukabumi ini menjadi rusak.

 

Reply

hit counter
Select Language