no comments

Berwisata di Taman Nasional Way Kambas Bersama Gajah Liar Lampung


taman nasional way kambas

Taman Nasional Way Kambas merupakan salah satu tempat konservasi dan pelatihan gajah di Indonesia. Di taman nasional ini, pengunjung dapat menyaksikan berbagai aktivitas keseharian gajah-gajah yang sudah terlatih seperti mengangkut kayu, membajak sawah dan juga bermain bola. Biasanya pada setiap pukul 14.00 di hari-hari biasa gajah-gajah tersebut akan dimasukan kedalam kandang setelah terlebih dahulu dimandikan. Di sini pengunjung dapat melihat gajah-gajah berukuran besar dan dapat sesekali memegangnya. Biasanya ada beberapa orang yang menjual makanan untuk gajah jika pengunjung ingin memberi makan gajah dan berfoto bersama, selain itu juga terdapat anak-anak gajah yang menggemaskan.Way Kambas ini selain menjadi taman nasional juga merupakan salah satu tempat wisata di Lampung yang telah mendunia.

 

Keindahan Taman Nasional Way Kambas

 

Ada banyak sekali kegiatan yang dapat dilakukan ketika berkunjung ke Taman Nasional Way Kambas. Pengunjung akan diajak bercengkerama bersama para gajah di tempat pelatihan. Dari keseluruhan gajah yang berada di taman nasional ini, ada sedikitnya 5 gajah yang menjadi duta bagi gajah yang lainnya dan siap menyajikan atraksi dan bercengkrama dengan para pengunjung.

Setiap sore, pengunjung dapat melihat atraksi para gajah yang bermain bola di area Pusat Pelatihan Gajah. Selain itu pengunjung juga dapat merasakan sensasi menunggang gajah serta berjalan-jalan di area taman nasional yang diperbolehkan. Jika beruntung, pengunjung dapat pula menemukan gajah liar yang berada disekitar area tersebut. Pengunjung juga dapat menyewa perahu motor untuk menyusuri area sungai Way Kambas dan menikmati keindahan alamnya yang masih alami. Jika ingin mendirikan tenda untuk berkemah, maka di area taman nasional ini juga tersedia lahan yang khusus diperuntukan sebagai bumi perkemahan. Tempat itu diberi nama bumi perkemahan Way Kanan. Ketika berkunjung ke Way Kambas ini, sempatkan pula untuk mengunjungi satu-satunya rumah sakit gajah yang ada di dunia. Rumah sakit gajah yang ada Way Kambas ini berdiri dari hasil kerjasama yang dilakukan antara beberapa pihak, yaitu dari Kementrian Kehutanan, Taman Safari, dan pihak Kebun Binatang Australia.

way kambas lampung

Di areal Taman Nasional Way Kambas ini tidak semua tempat dapat dimasuki oleh wisatawan jika tanpa didampingi oleh pemandu. Karena luasnya areal taman nasional yang memungkinkan wisatawan untuk tersesat, juga masih banyak terdapat binatang liar dan berbahaya seperti harimau sumatera, anjing hutan, badak sumatera dan beragam binatang lainya.

Tempat wiasata Way Kambas ini buka setiap hari dari pagi hingga malam. Jadi wisatawan dapat melakukan kegiatan wisata malam dan bermalam di hutan dengan mendirikan tenda di sana. Akan tetapi untuk wisata malam dan mendirikan tenda, wisatawan harus meminta izin petugas terlebih dahulu agar mendapat keamanan ketika bermalam di sana. Selain itu, fasilitas di tempat wisata taman nasional ini sudah tergolong lengkap seperti sudah adanya toko souvenir, mushola, kamar mandi dan lain sebagainya.

 

Rute Menuju Taman Nasional Way Kambas

 

Untuk mengunjungi Taman Nasional Way Kambas ini, wisatawan dapat memulainya dari terminal Raja Basa di Bandar Lampung, lalu menggunakan bus dengan jurusan Way Jepara di Lampung Timur. Di sana wisatawan dapat langsung turun di Gerbang Pertama Taman Nasional Way Kambas, tepatnya di desa Rajabasa lama berdekatan dengan pasar. Dari sana wisatawan dapat melanjutkan perjalanan dengan menggunakan ojek hingga loket masuk taman nasional.

way kambas

Selain menggunakan jalur tersebut, ada jalur alternatif lainnya yang dapat digunakan untuk menembus taman nasional ini. Jika menggunakan jalur ini, maka wisatawan tidak akan dibebani biaya masuk. Jalur masuk taman nasional ini melalui Desa Labuhan Ratu Enam atau biasa dikenal dengan Desa Pancasila. Jika dari Bandar Lampung, maka jaraknya sekitar 1 km dari pintu masuk desa Rajabasa Lama atau gerbang pertama masuk taman nasional. Dari situ wisatawan akan menemukan pasar, dan dari pasar tersebut sekitar 50 meter akan terlihat papan nama pondok pesantren Gontor 9. Dari sana tinggal belok kiri dan jalan terus hingga menemukan hutan. Setelah menemukan hutan, maka tinggal belok kanan hingga menemukan plang berwarna hijau. Dari plang tersebut hanya sekitar 50 meter saja wisatawan sudah sampai di kawasan konservasi gajah Way Kambas.

 

Harga Tiket Masuk Way Kambas

 

Ketika membeli tiket, wisatawan akan di tawari 2 pilihan tiket wisata yaitu ke konservasi gajah dan ke Way Kanan Resort. Untuk harga tiket ke konservasi gajah dikenakan tarif sebesar Rp 20.000 per orang. Sementara untuk tiket masuk menuju Way Kanan dikenakan biasa Rp 30.000. Biaya tersebut merupakan tiket masuk dan biaya SIMAKSI atau surat izin masuk, karena di Way Kanan tersebut merupakan tempat penangkaran badak sumatera, sehingga memerlukan surat izin untuk memasukinya. Semua biaya tiket masuk tersebut sewaktu-waktu dapat berubah.

 

Penginapan Disekitar Taman Nasional

 

Jika berkunjung ke taman nasional ini, maka wisatawan tidak perlu khawatir sebab berbagai fasilitas penginapan dan akomodasi disekitar areal ini cukup lengkap. Ada beberapa tempat pilihan untuk menginap seperti cottage yang berlokasi di Satwa Gajah Eco Lodge. Cottage ini berlokasi sekitar 500 meter dari pintu masuk taman nasional. Fasilitas di cottage ini sangat lengkap mulai dari kasur pegas hingga pemanas air tenaga surya. Selain itu terdapat pula restoran dengan menu lengkap dari Indonesia hingga Western.

way kambas sumatera

Jika ingin mencoba sensasi menjadi seorang backpacker di Taman Nasional Way Kambas ini, maka disekitar taman nasional juga terdapat penginapan dengan kisaran 100-200 ribu saja. Fasilitas yang ditawarkan pun cukup nyaman dan bersih.

Reply

hit counter
Select Language