no comments

Uji Adrenalin di Green Canyon Pangandaran


green canyon Indonesia

Green Canyon Pangandaran – Jika untuk mengunjungi Green Canyon di Amerika sejauh ini hanya sebatas angan-angan, kini kita bisa merealisasikan mimpi itu menjadi kenyataan. Ya, Green Canyon Pangandaran, destinasi wisata yang membuktikan Indahnya Indonesia ini melengkapi koleksi tempat wisata di Indonesia yang ada di Jawa Barat dimana pengunjung bisa menikmati eksotisme alam sekaligus menjajal berbagai wahana yang tersedia didalamnya. Jadi tidak perlu repot-repot ke Amerika kan? Dan ini merupakan surgawisata bagi para wisatawan yang menyukai keindahan alam.

Secara geografis Green Canyon Panandaran terletak di Kabupaten Pangandaran Jawa Barat atau tepatnya di Desa Kertayasa Kecamatan Cilujang. Penduduk setempat juga sering menyebutnya dengan Cukang Taneuh. Tak hanya pesona alam yang memukau namun di tempat ini pengunjung bisa menguji adrenalin dengan olahraga arung jeram mengikuti derasnya aliran sungai. Sepanjang sungai terlihat batuan alam Stalaktik dan Satalagnit yang terbentuk indah. Sebuah petualangan seru ketika menyusuri arus sungai Cilujang yang panjangnya mencapai 3 kilometer melalui Track Pengarungan Body Rafting.

Body Rafting di Sungai Cilujang

Panorama alam bukan satu-satunya daya tarik Green Canyon Pangandaran. Salah satu yang mendongkrak popularitas tempat ini yaitu olahraga Body Rafting, sebuah olahraga air yang cukup mendebarkan. Body Rafting menyediakan medan berbeda dengan tingkat kesulitan berbeda pula. Masing-masing medan bisa ditempuh dalam waktu 3-4 jam. Disini pengunjung bebas memilih medan, apakah memilih arus sungai yang tenang atau arus yang sedang. Bahkan pengunjung bisa memilih arus paling ekstrim yaitu Jeram Setan.

Untuk lebih hemat, pengunjung bisa memilih paket wisata Green Canyon Pangandaran dimana dialamnya sudah termasuk olahraga Body Rafting. Artinya pengunjung tidak perlu membayar tiket untuk petualangan mendebarkan ini. Dalam paket wisata ini biasanya pengunjung mendapatkan fasilitas Body Rafting seperti Jaket Pelampung, Sandal Gunung (Coral Booties), Helm, Deker, dan River Guide. Untuk merasakan serunya Body Rafting ini tidak harus pengunjung yang profesional karena sudah disiapkan tenaga pendamping yang berpengalaman. Intinya keselamatan tetap terjamin.

Bagi pengunjung yang tidak suka tantangan Body Rafting bisa menikmati wisata alam Green Canyon Pangandaran dari sisi lain, misalnya mengunjungi Pantai Batu Karas. Pantai ini memiliki ombak yang tenang dengan panorama pantai yang menarik. Karena ombaknya yang relatif tenang disini disediakan fasilitas water sport dan berbagai wahana lainnya. Tak hanya Pantai Batu Karas namun ada satu lagi pantai yang termasuk pantai di Pangandaran yaitu Pantai Batu Hiu. Bedanya Pantai Batu Hiu ombaknya lumayan besar sehingga dilarang berenang, surfing atau olahraga air lainnya.

surgawisata indonesia

Perjalanan Terdekat ke Green Canyon Pangandaran

Sebenarnya jika berkunjung ke Green Canyon Pangandaran menggunakan jasa agen perjalanan maka pengunjung tidak perlu repot memilikirkan jalur yang harus dilalui. Namun jika ingin menikmati perjalanan menggunakan kendaraan pribadi harus melalui rute yang benar. Jika berangkat dari Jakarta maka jalur paling cepat hanya melalui Bandung arah ke Tasikmalaya. Sampai di Tasikmalaya ada 2 jalur yang bisa dipilih. Yang pertama jalur Timur melalui Kota Tasik > Ciamis > Kota Banjar > Pangandaran > Parigi > Cijulang > Green Canyon.

Sedangkan jalur kedua yaitu jalur Selatan dimulai dari Kota Tasik > Cipatujah > Cikalong > Cimanuk > Cijulang > Green Canyon. Jalur Selatan ini jauh lebih pendek dibanding jalur Timur namun biasanya banyak pengunjung yang memilih jalur Timur karena kondisi jalan jalur Selatan banyak yang rusak. Selain itu banyak truk pengangkut pasir lalu lalang sehingga perjalanan ke lokasi justru lebih lama.

Tips Berkunjung ke Green Canyon

Mayoritas wisatawan memilih akhir pekan untuk datang ke Green Canyon Pangandaran. Untuk menghindari kemacetan dan antrian panjang sebaiknya hindari berkunjung di akhir pekan. Tapi jika harus datang di akhir pekan sebaiknya datang lebih pagi. Green Canyon sendiri dibuka jam 07.00 pagi sampai jam 4.00 sore. Pengunjung dapat memperhitungkan jadwal keberangkatan agar tidak terjebak antrian.

Saat musim hujan terutama ketika curah hujan tingggi Green Canyon Pangandaran kemungkinan ditutup sebab debit air biasanya meningkat. Ini akan sangat berbahaya bagi pengunjung. Untuk itu waktu yang tepat untuk berkunjung ke tempat wisata ini hanya musim kemarau. Saat musim kemarau airnya nampak lebih tenang, jernih dan warnanya indah kehijauan.

Selain waktu, biaya juga harus diperhitungkan ketika berada di kawasan wisata Green Canyon. Jangan sampai pengunjung kehabisan uang tunai karena di lokasi sulit menemukan mesin ATM. Perlu diketahui oleh pengunjung bahwa dari dermaga ke Green Canyon hanya bisa ditempuh dengan perahu berkapasitas maksimal 6 orang dengan harga sewa diatas 200 ribu. Jika ingin berenang pun masih harus membayar lagi. Solusinya pengunjung datang berombongan sehingga biaya yang dibutuhkan untuk sewa perahu dan lainnya jauh lebih ringan.

Berenang di Green Canyon adalah aktivitas menyenangkan tapi jangan lupa membawa baju ganti. Bila perlu bawa kamera tahan air untuk memotret pemandangan bawah air. Jika tidak membawa pelampung atau life jacket maka pengunjung bisa menyewa pelampung di tempat jasa persewaan perahu. Harga sewanya lumayan terjangkau.

green canyon pengandaran

Fasilitas Akomodasi

Petualangan seru di Green Canyon Pangandaran kadang membuat pengunjung lupa waktu dan lupa makan. Tidak perlu cemas jika tiba-tiba lapar sebab tak jauh dari area parkir ada beberapa warung makan dengan menu masakan lokal. Bukan restoran mewah namun lebih dari cukup untuk meredakan perut keroncongan dengan menu-menu yang khas. Di tempat yang sama pengunjung juga bisa membeli kaos atau kerajinan tangan khas penduduk lokal. Jika ingin menghabiskan waktu liburan selama beberapa hari didekat lokasi sudah tersedia penginapan dan hotel untuk pengunjung. Tarifnya bervariasi. Ada Bonsai Bungalow dengan tarif per-malam sekitar 300 ribuan. Bisa juga mencoba Java Cove Beach Hotel rate 500 ribu – 1.25 juta per-malam bagi yang memiliki budget lebih.

 


Reply

hit counter
Select Language