no comments

Traveler, Siapkan Nyalimu untuk Menjelajah Gunung Terindah di Indonesia


indonesia indah

Gunung Terindah di Indonesia – Indonesia terletak di titik pertemuan antara Pegunungan Sirkum Pasifik dan Sirkum Mediterania. Otomatis hampir semua daerah di negara kita tercinta ini memiliki pegunungan. Malah Indonesia mendapat julukan “Volcano Country” mengingat banyaknya gunung berapi aktif disini. Fakta lain, jalur gunung berapi aktif di Indonesia termasuk dalam zona berbahaya karena berada di daerah cincin api. Namun itu justru menjadi kelebihan karena pegunungan-pegunungan tersebut menawarkan panorama alam yang sangat indah, bahkan mungkin tidak dimiliki negara lain di Asia.

Nah, buat kamu yang hobi banget traveling terutama naik gunung, kamu bisa coba menjelajah indahnya Indonesia melalui panorama alam pegunungan dari wilayah Indonesia bagian Barat, Tengah sampai Timur.

Gunung Kerinci Jambi

Indahnya alam Indonesia

Terletak di Provinsi Jambi, Gunung Kerinci merupakan gunung tertinggi di Pulau Sumatera sekaligus gunung berapi tertinggi di Indonesia. Gunung ini termasuk dalam kawasan Taman Nasional Kerinci Seblat yang berbatasan langsung dengan Provinsi Sumatera Barat. Taman Nasional Kerinci Seblat sendiri merupakan penangkaran Harimau dan Badak Sumatera sekaligus berfungsi sebagai kawasan wisata.

Gunung kerinci memiliki ketinggian lebih dari 3.800 meter, dimana dari puncaknya kamu bisa menikmati pemandangan indah di seluruh Kota Jambi, Bengkulu, Padang dan hamparan Samudera Hindia. Gunung ini memiliki kawah yang begitu luas dengan warna air hijau kebiruan, sama seperti indahnya kawah Gunung Ijen di Jawa Timur

Gunung Prau, Jawa Tengah

wisata indonesia

Kalau kamu traveler yang suka mendaki gunung pasti tak asing dengan gunung indah di Provinsi Jawa Tengah. Ya, namanya Gunung Prau, salah satu gunung terindah di indonesa yang konon merupakan destinasi alam terbaik di Asia untuk menikmati keindahan sunrise. Gunung Prau memiliki ketinggian lebih dari 2500 meter dan masuk di Kawasan Dataran Tinggi Dieng. Bagi kamu yang belum berpengalaman mendaki bisa bereksperimen di Gunung Prau ini sebab puncaknya relatif pendek dengan jalur pendakian yang cukup mudah.

Gunung Gede, Jawa Barat

Inhdanya Indonesia

Jika traveler cukup familiar dengan Gunung Bromo dan Gunung Semeru di Jawa Timur dengan pesonanya yang memukau, jangan lupa di Jawa Barat juga terdapat pegunungan yang cukup terkenal yaitu Gunung Gede. Tempat favorit para penjelajah alam ini berada diantara dua kabupaten yaitu Kabupaten Cianjur dan Kabupaten Sukabumi sekaligus masuk kawasan Taman Nasional Gede Pangrango.

Masih di Kawasan Taman Nasional Gede Pangrango, selain pendakian ke puncak Gunung Gede kamu juga berkesempatan mengunjungi tempat wisata lain seperti Air Terjun Cibeureum, Alun-Alun Suryakencana, Telaga Biru, Kandang Batu & Kandang Bada. Bagi yang pernah berkunjung ke kawasan ini mungkin setuju jika Alun-Alun Suryakencana merupakan spot paling menarik. Alun-Alun Suryakencana adalah Padang Savana yang berada di ketinggian 2.750 meter. Spot seluas 50 hektar ini dipenuhi Bunga Edelweiss, namun meski begitu kamu dilarang memetik bunga tersebut karena termasuk jenis tanaman yang dilindungi.

Gunung Bromo Jawa Timur

Surgawisata Indonesia

Masih ingat indahnya matahari terbit dan hamparan pasir yang begitu indah di film “Pasir Berbisik”?. Tepat sekali, lokasi syuting film tersebut berada di Jawa Timur tepatnya ki kawasan wisata Gunung Bromo. Gunung yang terkenal dengan keindahan sunrise-nya ini berada diantara 4 wilayah yaitu Kabupaten Probolinggo, Lumajang, Pasuruan dan Malang. Hadirnya ribuan turis asing di Gunung Bromo membuktikan bahwa tempat wisata ini sangat terkenal di dunia.

Mendaki Puncak Gunung Bromo dari Bukit Cemoro Sewu menjelang subuh adalah keseruan yang bakal kamu temui. Membelah udara dingin pegunungan, kamu akan berpacu dengan waktu untuk menikmati keindahan matahari terbit di Puncak Gunung Bromo. Tak hanya itu, kamu akan dibuat kagum dengan kawah belerang dengan garis tengah 600 meter dari arah Timur ke Barat dan 800 meter dari arah Utara ke Selatan.

Gunung Ijen Jawa Timur

Keindahan Alam Indonesia

Masih di Provinsi Jawa Timur, dari Gunung Bromo kita lanjutkan ke arah Timur menuju Gunung IJen. Gunung setinggi lebih dari 2.400 meter ini terletak di perbatasan Kabupaten Bondowoso dan Kabupaten Banyuwangi. Karena lebih rendah dari Gunung Bromo, jalur trekking ke puncak Ijen yang terkenal dengan keindahan kawahnya ini jauh lebih mudah.

Konon kawah Gunung Ijen ini termasuk danau air asam terbesar di dunia. Warna air danu yang kebiruan terlihat sangat indah di kejauhan. Jika ingin yang lebih seru kamu bisa berkemah di puncak Ijen. Dini hari jam 02.00 – 04.00 kamu bisa menyaksikan fenomena Blue Fire yang konon keindahannya belum ada yang menandingi karena merupakan satu-satunya Blue Fire di dunia.

Puncak Jaya, Papua

Indonesia Itu Indah

Menjelajah indahnya Indonesia tak lengkap jika tak menyebut Puncak Jaya Papua. Pegunungan di Provinsi paling Timur Indonesia ini merupakan satu-satunya pegunungan di Indonesia yang diselimuti salju meskipun berada di wilayah beriklim tropis. Ketinggiannya yang mencapai lebih dari 4.800 meter mencatatkan Puncak Jaya sebagai gunung tertinggi di Indonesia. Meskipun disebut-sebut diselimuti salju abadi, belakangan di prediksi salju di Puncak Jaya bisa menipis dan bahkan mengering. Tentunya prediksi tersebut berdasarkan sejumlah temuan peneliti yang memperkirakan endapan gunung es di Puncak Jaya semakin tipis akibat global warming.

Keindahan Puncak jaya ini sudah tidak perlu dibantah lagi, namun begitu bagi yang belum berpengalaman mendaki gunung sebaiknya tidak perlu mencoba menaklukkan Puncak Jaya mengingat medan yang sulit. Puncak Jaya Papua disebut juga dengan Carztens Pyramide, nama ini diambil dari nama petualang berkebangsaan Belanda, Jan Carstenz. Carstenz sendiri merupakan orang pertama yang konon menemukan gunung yang diselimuti salju di wilayah beriklim tropis.

Nah, bagi kamu yang sudah pernah menjelajah gunung-gunung diatas, masih banyak sepertinya gunung terindah di Indonesia yang harus kami daki. Beberapa diantaranya yaitu Gunung Rinjani NTB, Gunung Semeru Jawa Timur, Gunung Kelimutu NTT, atau Gunung Tambora Sumbawa.

 


Reply

hit counter
Select Language