no comments

Tempat Wisata Kuliner Wonogiri: Aneka Kuliner Unik di Kota Tiwul


Kuliner Indonesia

Tempat Wisata Kuliner Wonogiri – Wonogiri adalah salah satu kabupaten di Jawa Tengah yang termasuk eks Karesidenan Surakarta. Letaknya berada di Selatan Kota Solo dimanai bagian Utara berbatasan langsung dengan daerah Sukoharjo dan Kabupaten Karanganyar, sementara bagian Selatan berbatasan dengan Samudera Indonesia.

Karena berbatasan langsung dengan Samudera Indonesia di bagian selatan, Kabupaten Wonogiri memiliki banyak pantai yang kemudian dieksplorasi menjadi obyek wisata. Meskipun ikon wisata di Wonogiri sendiri adalah Waduk Gajah Mungkur namun masih banyak tempat wisata lain yang cukup menarik seperti Pantai Nampu, Pantai Banyutowo, Pantai Sembukan, Air Terjun Stren, Wisata Spiritual Kahyangan, Goa Putri Kencono dan masih banyak lagi.

Tempat Wisata Kuliner Wonogiri Paling Populer

Dari sisi wisata alam mungkin Wonogiri belum setenar ‘tetangga dekatnya’ di bagian Barat yaitu Kabupaten Gunung Kidul yang masuk wilayah DI Yogyakarta. Namun soal wisata kuliner tentu saja Wonogiri tidak mau kalah dengan daerah-daerah lain. Untuk membuktikannya, berikut kami ulas tempat wisata kuliner di Wonogiri paling populer sebagai panduan Anda jika ingin berlibur di Wonogiri.

Rumah Makan Sari Raras

Indahnya Indonesia

Rumah makan ini cocok untuk wisatawan yang sedang berwisata di Kawasan Waduk Gajah Mungkur karena jaraknya cukup dekat. Selain nyaman untuk beristirahat Rumah Makan Sari Raras juga sering digunakan untuk tempat pertemuan atau rapat-rapat penting perusahaan. Dari sekian banyak menu kuliner yang ditawarkan, Wader Goreng adalah menu yang menjadi favorit banyak pengunjung.

Selain bersantap, di Rumah Makan Sari Raras ini pengunjung juga bisa membeli oleh-oleh khas Wonogiri dengan harga murah.

“Rumah Makan Sari Raras” beralamat di Jalan Wonogiri – Pracimantaro KM 7 – Wonogiri.

Ayam Panggang Mbok Tiyem

Indonesia itu Indah

Mau menjajal ayam panggang dengan kelezatan berbeda? Langsung saja datang di Ayam Panggang Mbok Tiyem. Berbeda dari kuliner ayam panggang pada umumnya, ayam panggang disini dimasak secara tradisional dengan cara dipanggang diatas tungku tanah dan api dari kayu bakar. Rasanya sangat nikmat dengan aroma yang khas.

Menu Ayam Panggang Mbok Tiyem biasanya disajikan dengan urap-urap bumbu kelapa parut dan sambel dadak. Warung makan di kawasan Jatisrono ini kini menjadi langganan para wisatawan di Wonogiri.

“Ayam Panggang Mbok Tiyem” beralamat di Kawasan Jatisrono Wonogiri. 

Rumah Makan Pak Glinding

makanan khas

Kembali ke kawasan wisata Waduk Gajah Mungkur kali ini kita coba ke tempat wisata kuliner Wonogiri berikutnya yaitu “Warung Lesehan Pak Glinding”. Rumah makan berkonsep lesehan ini menawarkan menu kuliner Ayam Bakar, Ayam Goreng, Nila Bakar, Nila Goreng, dan Ikan Wader. Menu-menu lezat tersebut biasanya disajikan dengan sambal terasi mentah dengan aneka lalapan seperti mentimun, kacang panjang, kol, terong ungu dan daun kemangi.

“Warung Lesehan Pak Glinding” beralamat di Jalan Wonogiri – Pracimantoro KM 7 Wonogiri.

Sate Kambing Pak Gino

Kuliner Wonogiri

Bicara tentang kelezatan sate di Wonogiri maka Sate Kambing Pak Gino adalah juaranya. Di rumah makan ini menyediakan menu kuliner favorit sate daging kambing muda yang dipanggang diatas bara api. Tekstur satenya lebih empuk dengan bumbu kacang dan kecap yang benar-benar meresap. Tak hanya sate daging kambing muda namun disini juga menyediakan menu lain yang tak kalah lezat yaitu Gulai, Tengkleng, dan Tongseng.

“Sate Kambing Pak Gino” beralamat di kawasan Krisak –Wonogiri.

Rumah Makan Moro Seneng

wisata Waduk Gajah Mungkur

Kawasan Jalan Wonogiri – Pracimantoro memang gudangnya kuliner karena letaknya cukup strategis terutama dari lokasi wisata Waduk Gajah Mungkur. Rumah Makan Moro Seneng sendiri jaraknya hanya sekitar 7 kilometer dari pusat Kota Wonogiri. Adapun menu yang tersedia di sini yaitu Ikan Bakar dan Ikan Goreng spesial. Soal harga tidak perlu khawatir karena harga makanan di Rumah Makan Moro Seneng terkenal paling murah. Sambil bersantap disini pengunjung bisa menikmati pemandangan indah air Waduk Gajah Mungkur.

“Rumah Makan Moro Seneng” beralamat di Jalan Wonogiri – Pracimantoro KM 7 Wonogiri. 

Rumah Makan Pak Eko

wisata kuliner

Wonogiri terkenal sebagai Kota Tiwul. Tiwul adalah makanan dari Singkong yang digemari oleh mayoritas masyarakat Wonogiri. Diantara rumah makan yang menyediakan kuliner Nasi Tiwul yang paling terkenal adalah Rumah Makan Pak Eko. Jalan di depan rumah makan ini merupakan jalan utama arah Pacitan dan sebaliknya. Jadi bukan hal yang aneh jika Rumah Makan Pak Eko selalu ramai ole pengunjung.

Tak hanya menu andalan Nasi Tiwul tapi Rumah Makan Pak Eko juga menyediakan berbagai menu lain seperti Ayam Goreng, Soto Ayam, Soto Daging, Nasi Rames, Mie Ayam, Nasi Gudeg, Jangan Lombok, Nila Goreng, Trancam, Gudangan dan masih banyak lagi.

“Rumah Makan Pak Eko” beralamat di Jalan A Yani No 164 Wonogiri.

Serabi Arum Sari Wonogiri

kuliner Wonogiri

Sama seperti Kota Solo, Wonogiri juga terkenal dengan kuliner kue Serabi. Salah satu tempat kuliner di Wonogiri yang menyediakan kue Serabi paling enak yaitu Warung Serabi Arum Sari. Kue Serabi di tempat ini terkenal lembut, lezat dan lumer di mulut. Tersedia beberapa varian rasa yang bisa dipilih untuk menunda lapar sebelum sarapan atau makan siang.

“Serabi Arum Sari” beralamat di Jalan Raya Wonogiri – Ngadirejo KM 3 Wonogiri.

Soto Kerdu Kepik Wonogiri

tempat wisata kuliner Wonogiri

Soto Kerdu Kepik termasuk warung soto di Wonogiri yang terkenal paling jempolan. Menu-menu yang tersedia disini diantaranya Soto Sapi, Soto Ayam, dan Ayam Goreng yang ditambah Telor Ceplok.

“Soto Kerdu Kepik” beralamat di Jalan Ahmad Yani, Wonogiri.

Perpaduan obyek wisata alam yang indah dan tempat wisata kuliner Wonogiri yang beragam cukup membuktikan bahwa Wonogiri mulai menempatkan diri sejajar dengan Kabupaten lain yang terlebih dulu terkenal di Jawa Tengah. Selanjutnya kesempatan Anda untuk berwisata di Wonogiri untuk liburan mendatang.

Reply

hit counter
Select Language