no comments

Tempat Wisata Kuliner Sumedang: Pengalaman Seru Berburu Kuliner di Kota Tahu


Indahnya Indonesia

Tempat Wisata Kuliner Sumedang – Membahas tentang tempat wisata di Jawa Barat fokus kita mungkin hanya wisata seputar Bandung atau Bogor. Padahal sebenarnya semua kota di Jawa Barat mempunyai aset wisata yang tak kalah dengan kedua kota tersebut. Sebut saja Kota Sumedang. Di kabupaten yang berjuluk Kota Tahu ini terdapat puluhan tempat wisata yang tak kalah eksotis untuk dinikmati sambil menghabiskan waktu liburan.

Sumedang tidak hanya familiar dengan tahu-nya. Eksotisme alam di Gunung Kunci, Citengah, Pemandian Air Panas Cileungsi, Air Terjun Sindulang, Kebun Teh Margowindu, dan tempat wisata alam lainnya membuktikan bahwa potensi Sumedang tak kalah bersaing dengan kabupaten lain di Jawa Barat. Belum lagi yang suka dengan catatan sejarah tentu bisa memperluas wawasan di Museum Geusan Ulun tak jauh dari Alun-Alun Kota Sumedang.

Tempat Wisata Kuliner di Sumedang Paling Populer

Sejalan dengan eksplorasi beberapa tempat di Sumedang menjadi kawasan wisata, semakin banyak pula tempat yang menyediakan aneka kuliner khas daerah ini. Kuliner memang tak pernah lepas dari sektor pariwisata karena perannya cukup signifikan sebagai daya tarik pengunjung khususnya pecinta kuliner. Bagi yang berencana berlibur ke Sumedang, berikut ini rekomendasi tempat wisata kuliner di Sumedang paling populer.

Saung Teko Sumedang

Saung Teko Sumedang

Penamaan tempat wisata kuliner Sumedang yang satu ini bukan tanpa alasan. Saat ingin mendirikan rumah makan ini, sang pemilik, Robby Indra Gunawan melihat gambar tanah di sertifikat sangat mirip dengan bentuk teko, yaitu sebuah perabot rumah yang biasa digunakan sebagai wadah minum. Nah, supaya lebih mudah diingat rumah makan ini diberi nama “Saung Teko”.

Di Saung Teko yang merupakan cabang dari Rumah Makan Soto Bandung ini menyediakan berbagai macam menu kuliner seperti Nasi Liwet, Ayam Capit Bambu, Tumis Kangkung, Tumis Genjer dan Iga Bakar. Tentu saja makanan tersebut diracik dengan bumbu tertentu sehingga rasanya lebih enak. Rumah Makan “Saung Teko” beralamat di Jalan Mayor Abdurrahman, Kabupaten Sumedang.

Soto Bongko

Soto Bongko

Dalam bahasa Sunda “Bongko” artinya gumpalan atau bungkusan besar. Nama Soto Bongko sendiri merujuk dari lontong yang diolah dalam ukuran jumbo yang disajikan bersama soto. Bahkan lontong jumbo ini kadang memiliki diameter hingga 20 centimeter. Selain lontong ukuran besar, Soto Bongko ini berisi daging, kuah kari, tahu goreng, kecambah dan sambal.

Soto Bongko bisa dijumpai di berbagai tempat di Kota Sumedang. Jika Anda berada di Pusat Kota Sumedang bisa menikmati kuliner ini di kawasan Alun-Alun Kota, Taman Ndog (Pasar Sumedang) atau di area RSU Sumedang.

Ladang View Margalaksana

Ladang View Margalaksana

Sebuah pengalaman yang menyenangkan jika bersantap kuliner ditengah suasana kampung yang indah. Begitu juga ketika kita bersantap di Ladang View Sumedang, kita bisa menikmati sajian kuliner sambil menghirup sejuknya hawa pegunungan. Dari sini pula kita bisa melihat aktivitas para petani sambil menikmati secangkir kopi. Benar-benar suasana perkampungan dengan kesejukan yang begitu kental.

Menu kuliner yang disajikan di Kampung Ladang mengadopsi tradisi makan petani lokal seperti Ngaliwet (nasi liwet) serta Nganteruran (nasi timbel). Tempat kuliner bernuansa pedesaan ini terletak di Kampung Pasir Peti, Margalaksana, Sumedang.

Bugen Pizza ala Sumedang

Bugen Pizza

Seperti sajian western khas Eropa, Sumedang juga memiliki kuliner unik yaitu Bugen Pizza. Konon “Bugen” artinya Budak Gendut (fat boy) namun penamaan ini tujuan utamanya agar lebih mudah diingat dan diucapkan. Bugen mempunyai karakteristik ucapan tradisional sementara pizza mewakili kuliner modern. Dengan demikian Bugen Pizza adalah perpaduan kuliner tradisional dan modern.

Bugen Pizza beralamat di Jalan Pangeran Suriatmadja (sebelah La Diva Hotel). Salah satu cabangnya yaitu di Jalan Pangeran Geusan Ulun, bersebelahan dengan Nasgor Keroso (dekat Apotik Pajaji). Di Bugen Pizza ini kita bisa request pizza yang menggunakan keju mozzarella atau tanpa keju mozzarella.

Tahu BUNGKENG

Tahu Bungkeng

Mau mencicipi Tahu paling lezat di Sumedang? Datang saja di Tahu BUNGKENG di Jalan Sebelas April No. 53 Sumedang. Masyarakat Kota Sumedang atau pengunjung dari luar daerah cukup hafal dengan tempat kuliner yang konon sudah berdiri mulai tahun 1917 ini. Dinikmati dengan tambahan bumbu kecap dan cabe rawit, cukup memberi warna saat santai sambil menyeruput secangkir kopi. Berlibur ke Sumedang tentu belum lengkap jika tidak singgah di Tahu BUNGKENG.

Rumah Makan Joglo Sumedang

Kuliner Sumedang

Rumah Makan Joglo Sumedang merupakan tempat alternatif bagi mereka yang budgetnya terbilang minim. Benar, rumah makan ini menawarkan berbagai menu kuliner dengan harga yang ramah di kantong. Menu yang disajikan cukup beragam mulai dari makanan tradisional hingga modern. Salah satu menu andalan disini yaitu Zupa Zupa Soup yang konon sangat terkenal karena kelezatannya.

Nah, bagi yang mau bersantap hemat bisa mampir di R.M Joglo Sumedang di Jalan Raya Serang 333, Serang, Sumedang.

Kedai Makan SUKA HATI

wisata kuliner sumedang

Bagi pecinta makanan tradisional khas Sumedang, Kedai Makan SUKA HATI bisa menjadi alternatif berikutnya. Di tempat kuliner ini tersedia berbagai jenis masakan kampung yang sudah pasti dijamin kelezatannya. Pengunjung bisa memesan masakan dari ayam, ikan hingga aneka sayuran nikmat.

Yang sedang berlibur di Sumedang wajib mencoba menu kuliner di Kedai Makan SUKA HATI. Alamatnya di Jalan Parakan Muncang, Sumedang.

Tempat wisata kuliner Sumedang yang kami rekomendasikan diatas membuktikan bahwa Sumedang bukan hanya terkenal dengan tahu-nya, namun masih banyak kuliner-kuliner yang tak kalah enak dari kuliner di daerah lain. Jika masih belum cukup masih ada tempat kuliner lainnya seperti Nasgor  Ce ESIH, Baso Tahu Mang Dayat di Jalan Anggrek, Rumah Makan Alam Sari di Jalan Raya Cimayor dan beberapa tempat kuliner di Sumedang lainnya.


Reply

hit counter
Select Language