no comments

Tempat Wisata Kuliner Ponorogo: Aneka Rasa Kuliner Istimewa di Kota Reog


indahnya Indonesia

Tempat Wisata Kuliner Ponorogo – Masih ingat asal kesenian tradisional Reog? Benar, kesenian unik yang sempat di klaim negara tetangga ini berasal dari Ponorogo, salah satu Kabupaten di Jawa Timur yang konon masih menerapkan tradisi yang cukup kental. Kesenian Tradisional Reog Ponorogo memang begitu fenomenal, bahkan kesenian ini sudah terdaftar di UNESCO sebagai salah satu Warisan Budaya Dunia.

Tak hanya dari sektor kesenian dan budaya, Ponorogo juga memiliki banyak obyek wisata yang cukup familiar bagi wisatawan. Keindahan alam di Gunung Bayanglaki, Gunung Bedes, Telaga Ngebel, Coban Lawe, Air Terjun Juruk Klenteng, Air Terjun Toyomerto, Hutan Wisata Kucur, dan puluhan tempat menarik lainnya membuktikan bahwa kekayaan alam di Ponorogo memiliki potensi luar biasa untuk dieksplorasi menjadi destinasi wisata kelas dunia.

Tempat wisata Kuliner di Ponorogo Paling Populer

Reog Ponorogo atau sederet wisata alam lain boleh saja semakin terkenal. Namun yang tidak boleh diabaikan, Ponorogo juga memiliki ragam makanan khas yang siap memberi solusi bagi wisatawan yang hobi berwisata kuliner. Apa saja itu? Simak rekomendasi tempat wisata kuliner di Ponorogo paling populer berikut ini.

Pecel Ponorogo

Pecel Ponorogo

Selain julukan Kota Reog, Ponorogo juga populer dengan kuliner sate. Namun kali ini kita tidak membahas Sate Ponorogo namun kuliner lain yang sama-sama menggunakan bumbu kacang kental yaitu Pecel.

Pecel Ponorogo mungkin belum setenar Pecel Madiun atau Pecel Blitar, namun bagi pecinta kuliner sejati wajib mencoba kuliner khas Ponorogo ini. Untuk Pecel Ponorogo versi original, selain sambal kacang kental ada beberapa bahan yang menjadi pelengkap seperti sayur hijau, tauge, daun kemangi dan irisan mentimun.

Nah, ada juga Pecel Tumpuk yaitu variasi pecel yang disajikan dengan kacang pedas dan oseng-oseng mie. Kuliner ini biasanya disajikan bersama lauk tempe goreng, piya-piya (sejenis bakwan) serta berbagai jenis gorengan. Tempat yang menyediakan Pecel Ponorogo yang konon terkenal paling enak  yaitu “Rumah Makan Pecel Pincuk” Jalan Dr. Sutomo Ponorogo.

Es Dawet Jabung

Dawet Jabung

Ponorogo juga memiliki sederet minuman khas menyegarkan, salah satunya Es Dawet Jabung. Dinamakan Es Dawet Jabung karena dulunya kuliner ini berasal dari daerah Jabung, sebuah desa yang terletak di Kecamatan Mlarak Ponorogo.

Selain kombinasi es, santan, gula dan garam, Es Dawet Jabung berisi bubur ketan, cendol, grentol, dan nangka. Jika es dawet umumnya warna-warni, Es dawet jabung hanya berwarna putih karena dibuat dari tepung beras tanpa pewarna dan pengawet. Kuliner ini biasanya disajikan dalam mangkuk dan lepek dibawahnya.

Es Dawet Jabung saat ini tidak hanya ada di daerah Jabung namun cukup mudah dijumpai di sudut-sudut Kota Ponorogo. Salah satu tempat yang menyediakan Es Dawet Jabung paling terkenal adalah “Warung Yuliana” yang berlokasi di Perempatan Jabung.

Gethuk Golan Bu Jaminah

gethuk golan

Gethuk Golan juga termasuk kuliner asli Ponorogo yang tidak boleh dilewatkan. Dinamakan Gethuk Golan karena konon kuliner ini asalnya dari sebuah desa bernama Golan di Kecamatan Sukorejo. Gethuk Golan terbuat dari singkong kemudian disajikan dengan bahan pelengkap seperti Jadah (terbuat dari ketan hitam), gula merah cair dan parutan kelapa.

Saat ini Gethuk Golan termasuk kuliner langka, jadi sangat sedikit tempat wisata kuliner Ponorogo yang menyediakan kuliner ini. Untuk mencicipinya kita harus meluncur ke Desa Golan, sekitar 8 kilometer dari pusat Kota Ponorogo. Zaman dulu mayoritas penduduk Desa Golan menjual Gethuk Golan namun saat ini hanya tinggal sekitar 10 orang saja yang masih eksis. Salah satunya “Gethuk Golan Bu Jaminah” di Jalan Srikaton, Kecamatan Sukorejo.

Rujak Petis Welirang

Rujak Petis khas Ponorogo ini sekilas mirip Gado-gado, bahkan hampir sama dengan Rujak Cingur Surabaya. Bedanya, Rujak Petis rasa gurihnya lebih dominan karena bahan petis dtambahkan langsung dalam sambal.

Kuliner Rujak Petis ini mudah ditemukan di warung-warung makan di Ponorogo, hanya saja yang terkenal paling enak adalah Rujak Petis Bu Tiek. Selain terkenal paling enak harganya juga terbilang murah. Dulu warung makan ini terkenal dengan sebutan “Warung Rujak Petis Welirang” sebab lokasinya persis di Jalan Welirang Ponorogo. Sekarang warung Buk Tiek yang selalu ramai oleh pengunjung ini sudah pindah lokasi di depan Terminal Lama Ponorogo.

Pentol Goreng

Pentol Goreng

Pentol Goreng bentuk dan rasanya mirip Cilok Bandung. Bedanya, jika Cilok Bandung disajikan dengan saos kacang, makanan ringan khas Ponorogo ini disajikan dengan saos tomat dan cabe. Sama halnya dengan pentol kebanyakan, pentol goreng dibuat dari tepung singkong dan daging sapi. Setelah dikukus pentol dicelupkan dalam adonan tepung terigu kemudian digoreng. Ada beberapa penjual yang menyediakan pentol goreng berisi telur puyuh supaya rasanya lebih enak.

Karena masuk kategori kuliner ringan, pentol goreng khas Ponorogo ini harganya sangat murah. Pentol goreng juga mudah didapat, bagi yang berada di pusat kota bisa mencari kuliner ini di kawasan Alun-alun Kota Ponorogo.

Minuman Es Cao Ponorogo

Es Cao

Jika tidak suka minuman bersantan, Es Cao adalah pilihan tepat saat dahaga. Kuliner ini menggunakan bahan utama Jenggelan (sejenis cincau), Kolang-Kaling dan Juruh (gula merah dicairkan). Minuman ini tidak hanya segar karena tambahan es namun menjadi lebih segar karena ditambah air perasan jeruk nipis. Minuman Es Cao biasanya selalu diburu saat bulan puasa.

Es Cao tersedia di semua pasar tradisional di Ponorogo seperti Pasar Legi di Ponorogo Kota, Pasar Wage di Jetis atau di Pasar Kliwon di Kawasan Taman Sari.

Nah, rekomendasi tempat wisata kuliner Ponorogo yang kami sajikan diatas mungkin menempatkan Ponorogo di list tujuan wisata untuk liburan Anda yang akan datang. Jangan lupa membeli oleh-oleh dan cinderamata khas Ponorogo untuk teman atau keluarga tercinta.

Reply

hit counter
Select Language