no comments

Tempat Wisata Kuliner Pekalongan: Sajian Kuliner Asyik di Kota Batik


wisata kuliner

Tempat Wisata Kuliner Pekalongan – Julukan World’s City of Batik yang melekat untuk Kota Pekalongan membuat kota ini menjadi titik pertemuan pemburu koleksi batik dari berbagai daerah. Salah satu kota di Provinsi Jawa Tengah ini memang menjadi satu-satunya sentra batik terbesar di Indonesia. Tentunya tanpa mengabaikan Solo, Jogja, dan beberapa daerah di luar Jawa yang  juga terkenal dengan produk yang sama.

Wisatawan yang berkunjung ke Pekalongan tentunya tidak semata-mata mencari koleksi batik terbaru. Cukup banyak destinasi wisata di kota ini yang konon menjadi opsi berikutnya untuk mengisi liburan bersama keluarga. Keindahan Pantai Pasir Kencana, Pantai Slamaran, Pantai Depok, Curug Muncar, Curug Bajing, Puncak Hanoman, Gunung Rogojembangan adalah gambaran jelas bahwa Pekalongan juga kaya akan tempat wisata yang tidak bisa diabaikan.

Tempat Wisata Kuliner di Pekalongan Paling Populer

Selain populer dengan batik dan keindahan obyek wisata alam, Pekalongan juga memiliki beragam kuliner yang layak dicoba. Tak kalah dengan tempat-tempat kuliner di daerah lain, berikut ini rekomendasi tempat wisata kuliner di Pekalongan paling populer yang wajib kita singgahi sewaktu berlibur di kota batik.

Ayam Gepuk Alun-Alun Pekalongan

wisata kuliner

Di daerah manapun mayoritas nama-nama kuliner memang sedikit aneh. Begitu juga dengan kuliner khas Pekalongan yang satu ini, namanya sedikit unik yaitu Ayam Gepuk. Lokasi kuliner ini berada di kawasan Alun-Alun Kota Pekalongan atau lebih tepatnya di daerah Tirto. Di kawasan ini menyediakan kuliner ayam goreng dan bebek goreng yang konon terkenal paling lezat di Pekalongan.

Biasanya ayam goreng dan bebek goreng disini disajikan dengan nasi panas lengkap dengan sambal dan lalapan. Sambalnya dibuat dengan resep khusus sehingga lebih nikmat dibanding sambal lalapan di tempat lain. Untuk minuman tersedia beberapa varian minuman yang bisa dipilih termasuk es teh segar. Harganya? Tidak perlu khawatir, menu kuliner di Pekalongan rata-rata harganya terjangkau.

Kuliner Angkringan Sang Dalang

Kuliner Angkringan Sang Dalang

Meskipun menggunakan label “Angkringan” namun Angkringan Sang Dalang ini cenderung bernuansa café dan resto. Tentunya lebih nyaman dan bersih. Harga menu sajian disini sangat terjangkau sehingga menjadi langganan pelajar dan mahasiswa, juga pengunjung dari luar kota.

Seperti angkringan pada umumnya, Angkringan Sang Dalang juga menawarkan menu khas seperti nasi kucing, nasi uduk, nasi rames, gorengan, dan aneka lauk pauk termasuk sate telur puyuh. Pilihan minumannya juga bervariasi mulai dari es teh, kopi hitam dan kopi joss.

Bagi yang mau bersantap hemat di Angkringan Sang Dalang bisa meluncur ke lokasi di Jalan Bina Griya Pekalongan, 100 meter dari SMAN 2 Pekalongan ke arah Barat.

Nasi Goreng Bu Kustiani

Nasi Goreng Bu Kustiani

Di Pekalongan sebenarnya banyak penjual nasi goreng. Namun ada alasan khusus mengapa nasi goreng Bu Kustiani sangat direkomendasikan bagi pencinta kuliner. Konon warung makan Bu Kustiani menyediakan nasi goreng paling lezat di Pekalongan. Ada penambahan resep dan bumbu-bumbu tertentu sehingga citarasanya lebih kuat dibanding nasi goreng di tempat lain.

Selain menu andalan nasi goreng, disini juga tersedia menu lain seperti Mie Kuah dan Capcay Kuah. Citarasa kuliner yang lezat alami selalu hadir disetiap menu yang disajikan karena proses pengolahannya dilakukan secara tradisional. Selain menggunakan bumbu rempah tradisional, cara memasak di warung ini masih menggunakan arang kayu sehingga lebih terjamin kelezatannya.

Warung Makan Nasi Goreng Bu Kustiani berada di Jalan Angkatan 45 Pekalongan atau 150 meter dari Bank BTN ke arah Utara. Warung ini buka setiap hari mulai jam 5 sore sampai jam 11 malam.

Warung Kuliner Special Sambel (SS)

Warung Kuliner Special Sambel (SS)

Warung SS atau Special Sambel termasuk tempat wisata kuliner Pekalongan yang tergolong masih baru. Bagi pecinta makanan pedas Warung SS merupakan pilihan paling tepat sebab disini menyediakan tak kurang dari 28 varian sambal dengan level pedas berbeda-beda. Sambal yang dimaksud diantaranya Sambel Terasi, Sambel Bawang Sambel Tomat, dan lain sebagainya.

Adapun menu makanan yang disediakan sangat beragam mulai dari ayam goreng, bebek goreng, jamur goreng, ayam bakar, ikan bakar, ikan goreng, hingga berbagai macam sayuran yang diolah menggunakan bumbu tradisional. Rumah makan dengan konsep lesehan ini menawarkan harga yang sangat terjangkau sehingga di jam-jam makan siang atau makan malam banyak pengunjung yang harus mengantri.

Yang mau menguji lidah dengan sensasi pedas di Warung SS, langsung saja menuju lokasi di seberang SPBU Baros Pekalongan.

Lesehan Nasi Megono

Lesehan Nasi Megono

Lesehan Nasi Megono cukup familiar bagi masyarakat Pekalongan maupun pengunjung dari luar daerah. Nasi Megono sendiri merupakan makanan khas Pekalongan yang biasanya disajikan dengan aneka lauk pauk seperti Sate Telur Puyuh, Capitan, Tempe Mendoan, Pepes Ikan dan masih banyak lagi varian lauk yang lain.

Hampir semua warung makan dan restoran di Pekalongan menyediakan menu kuliner Nasi Megono, namun yang terkenal paling enak adalah Nasi Megono di sepanjang Jalan Urip Sumoharjo kawasan Pringlangu Bungaran Pekalongan. Dari perempatan Ponolawen lurus ke Selatan hingga daerah Kedungwuni.

Teras Bali Resto

Teras Bali Resto

Teras Bali Resto merupakan tempat wisata kuliner malam paling ramai di Kota Pekalongan. Tempat makan berkonsep resto ini menawarkan berbagai menu kuliner khas Pekalongan maupun dari luar daerah. Untuk bersantap di tempat ini mungkin butuh dana yang sedikit lebih banyak. Mungkin label “Resto” yang membuat harga makanan disini lebih mahal dari tempat makan biasa.

Yang berminat menikmati malam sambil bersantap di Teras Bali Resto silakan datang ke lokasi di Jalan KH Agus Salim No 72 Pekalongan.

Sepertinya beberapa tempat wisata kuliner Pekalongan yang kami rekomendasikan diatas cukup untuk memanjakan perut saat berlibur ke Kota Batik Pekalongan. Jangan lupa sebelum pulang sempatkan membeli oleh-oleh kain batik untuk keluarga tercinta di rumah.


Reply

hit counter
Select Language