no comments

Tempat Wisata Kuliner Gresik: Berburu Kuliner Enak di Kota Pudak


Wisata Kuliner Gresik

Tempat Wisata Kuliner Gresik – Gresik merupakan salah satu Kabupaten di Jawa Timur dimana posisinya berbatasan langsung dengan Surabaya. Selain Sidoarjo, Gresik juga termasuk sentra industri terbesar di Jawa Timur. Semen Petrokimia, Perusahaan Alat Elektronik, Perusahaan Sepatu dan sederet perusahaan industri besar lainnya membuktikan geliat sektor industri di Kota Gresik menjadi yang terdepan di Jawa Timur.

Meskipun menyandang predikat kota industri yang identik dengan panas dan gersang, Gresik menyimpan pesona wisata yang tidak bisa dipandang sebelah mata. Obyek wisata seperti Bukit Jamur, Pantai Delegan, Pulau Bawean, Sendang Banyu Biru Lowayu, Goa Gunung Agung, Kampung Kemasan Gresik, Dinasty Water Park, dan puluhan destinasi wisata lainnya juga membuktikan perkembangan sektor pariwisata di kota berjuluk Kota Pudak ini mampu berjalan beriringan dengan perkembangan sektor industri.

Tempat Wisata Kuliner di Gresik Paling Populer

Jika perkembangan industri dan pariwisata sudah sedemikan pesatnya, lantas bagaimana dengan kuliner di Kota Gresik? Apakah cukup mampu mengakomodasi ‘kebutuhan perut’ para pecinta kuliner yang berlibur di Kota Gresik? Untuk membuktikannya mari kita simak ulasan beberapa tempat wisata kuliner di Gresik paling populer berikut ini.

Warung Apung Rahmawati

Wisata Kuliner

Dilihat dari desainnya warung makan ini mengusung konsep khas rumah makan tradisional dengan penataan sangat berkelas. Disini terlihat desain rumah makan dengan layout taman indah dan elegan. Kenyamanan merupakan prioritas dimana pengunjung dapat menikmati hidangan kuliner di tengah hamparan kolam air.

Menu utama Warung Apung Rahmawati diantaranya Ayam Bakar Bumbu Rujak, Ayam Bakar Ndeso, Ayam Bakar Kecap, dan Ayam Goreng Kremes. Bagi pengunjung yang suka sajian seafood tersedia kuliner dari kepiting seperti Kepiting Soka Goreng Crispy, Kepiting Soka Telur Asin dan Kepiting Soka Pedas Manis. Ada juga menu dari Ikan Gurami seperti Gurami Asam Manis, Gurami Bakar Bumbu Kecap, Gurami Apung, Gurami Bakar Bumbu Rujak dan Gurami Mangga Muda. Berbagai jenis sayuran dan minuman juga tersedia lengkap di Warung Makan Rahmawati.

Warung Makan Apung Rahmawati beralamat di Jalan Dr Wahidin Sudirohusodo Gresik.

Warung Nasi Krawu Khas Gresik

Kuliner Gresik Nasi Krawu

Sajian Nasi Krawu adalah kuliner khas Gresik yang cukup terkenal hingga ke luar daerah. Bentuk dan komposisinya unik dan rasanya cukup lezat. Nasi Krawu terdiri dari nasi, ayam suwir ,serundeng ditambah petis belacan. Nah, yang membuat kuliner ini semakin istimewa karena setiap penyajiannya ditambah sejumlah lauk seperti Babat Goreng, Usus Goreng, Bali Belut, Bali Tahu, Semur Usus Sapi, Paru Goreng atau Babat Bumbu Kecap. Kuliner ini semakin nikmat karena disajikan dalam pincuk daun pisang sehingga nuansa tradisionalnya semakin terasa.

Ada banyak tempat kuliner di Gresik yang terkenal dengan kelezatan Nasi Krawu-nya. Beberapa diantaranya adalah: “Nasi Krawu Bu Tiban” di Jalan KH Abdul Karim, “Depot Nasi Krawu Bu Timan” di Jalan Wahidin Sudiro Husodo, “Nasi Krawu Mbak Su” di Jalan Raden Santri dan “Nasi Krawu Bu Nunuk” di Jalan Sindujoyo Gresik.

Warung Makan Sego Roomo

Sego Romo

Sepintas kuliner Sego Roomo mirip bubur sumsum, hanya saja warnanya oranye. Warna oranye ini berasal dari bahan Sego Roomo yaitu udang yang digoreng sangrai ditambah cabai lalu ditumbuk. Konon dinamakan Sego Roomo karena kuliner ini awalnya berasal dari Desa Roomo di Kecamatan Manyar, Gresik. Sama seperti Nasi Krawu, Sego Roomo juga disajikan dalam pincuk daun pisang. Sego Roomo sendiri lebih enak jika disantap ditemani kerupuk rambak, sambal pedas, dan koya.

Tak ada alamat khusus dari penjual Sego Roomo ini namun jika ingin mencicipinya silakan datang di samping “Pasar Baru” Gresik.

Nasi Karak Khas Gresik

Nasi Karak Khas Gresik

Seperti namanya “Karak”, Nasi Karak adalah kuliner dari sisa-sisa nasi yang diolah kembali menjadi menu lezat. Kuliner ini berasal dari Nasi Merah yang tentu saja rasanya berbeda dari nasi putih yang biasa kita konsumsi. Adapun komposisi Nasi Karak ini yaitu Nasi Merah ditambah parutan kelapa, cabai dan serundeng. Biasanya disajikan dengan tambahan lauk Gorengan atau Tempe Mendoan.

Di Gresik sendiri penjual Nasi Karak sudah jauh berkurang. Namun begitu kita masih bisa menemukan penjual kuliner Nasi Karak ini di beberapa tempat seperti Pasar PPS dan di sejumlah tempat di Pusat Kota Gresik.

Rujak Cingur Mat Jari

Rujak Cingur Mat Jari

Sama seperti kelezatan Rujak Cingur Surabaya, Rujak Cingur khas Gresik cukup untuk alternatif menu makan pagi atau makan siang. Bumbu kacang yang khas lengkap dengan sayuran dan topping rempeyek dan krupuk cukup membuat pemburu kuliner murah meriah ini ketagihan.

Salah satu tempat wisata kuliner Gresik yang menyediakan Ruak Cingur paling enak di Gresik adalah warung Rujak Cingur Mat Jari dekat rel kerat api, tepatnya di Jalan Proklamasi. Mat Jari pemilik warung ini hanya dtemani oleh istri dan seorang pembantu yang secara bergantian melayani satu persatu setiap pelanggan yang setia mengantri.

Warung Rujak Cingur Mat Jari memang sederhana namun begitu tetap ramai oleh pengunjung. Hal ini tak lepas dari dari rasa lezat Rujak Cingur-nya yang terkenal paling enak sejak beberapa puluh tahun lalu. Ya, Mat Jari sudah berjualan Rujak Cingur sejak 20 tahun lalu sehingga wajar jika kini ia memiliki banyak pelanggan. Warung Rujak Cingur Mat Jari buka setiap hari mulai pukul 11.00 – 17.00. Nah, bagi yang gemar kuliner dengan dominan rasa manis silakan mampir ke Warung Rujak Cingur Mat Jari di Jalan Proklamasi (depan akademi kebidanan) atau dekat rel Pasar Senggol.

Dari pembahasan mengenai tempat wisata kuliner Gresik diatas membuktikan bahwa sektor pariwisata, termasuk wisata kuliner di Gresik perkembangannya cukup sginifikan. Hal ini sekaligus menepis persepsi sebagian orang yang mengatakan bahwa Gresik adalah kawasan gersang dan sumber polusi karena banyaknya limbah industri.

Reply

hit counter
Select Language