no comments

Tempat Wisata Kuliner Bogor: Kesempurnaan Pesona Alam dan Sajian Kuliner Tradisional


kuliner bogor

Tempat wisata Kuliner Bogor – Jika dikaitkan dengan tempat wisata, Bogor mungkin punya paling banyak cerita. Berkunjung sambil menambah wawasan di istana Bogor, menikmati keindahan alam sambil melakukan observasi di Kebun Raya Bogor, atau menjajal berbagai wahana seru di The Jungle Water Adventure, semua adalah aktivitas-aktivitas menyenangkan saat menghabiskan weekend atau liburan di Bogor.

Bogor yang dekat dengan kota-kota penting seperti Jakarta dan Bandung sering menjadi prioritas ketika liburan tiba. Kita bisa lihat jalur Puncak Bogor yang seringkali macet di hari-hari tertentu, itu hanya sedikit gambaran bagaimana antusiasme ribuan orang yang ingin berlibur ke Bogor. Kota berjuluk kota hujan ini memang tetap menarik, salah satunya menjadi destinasi wisata yang memberi banyak pengalaman berkesan bagi pengunjung.

Tempat Wisata Kuliner Paling Populer di Bogor

Dari sisi wisata alam dan budaya, daya tarik Kota Bogor memang luar biasa. Lantas bagaimana dengan tempat wisata kuliner-nya? Apakah sama menariknya dengan wisata-wisata lainnya? Sepertinya pertanyaan-pertanyaan itu akan terjawab dengan beberapa tempat wisata kuliner paling populer di Bogor berikut ini.

 

Death by Chocolate & Spaghetti Taman Kencana Bogor

 Death by Chocolate & Spaghetti Taman Kencana Bogor

Namanya cukup unik dan mungkin sedikit seram. Demikian juga waktu kita masuk ke dalam rumah makan ini, kita akan disambut suasana bersantap penuh misteri. Rumah makan ini memang mengusung tema horor dengan suasana yang menyeramkan. Nuansa horor kian kental saat kita melihat para pelayan mengenakan kostum ala hantu sambil menenteng buku menu makanan yang dibentuk menyerupai nisan kuburan.

Menu utama yang disajikan di Death by Chocolate & Spaghetti Taman Kencana Bogor ini adalah cake coklat yang juga dibentuk layaknya kuburan lengkap dengan hiasan batu nisan terbuat dari coklat. Menu andalan lainnya yaitu pancake sarang laba-laba dan yang paling menyeramkan adalah pancake tengkorak. Nah, sebagai menu pelengkap kita bisa memesan puding bola mata setan, spaghetti bakar, cumi lada hitam, es bola mata Frankenstein dan masih banyak lagi. Tertarik bersantap di rumah makan super ekstrim ini? Datang saja di Death by Chocolate & Spaghetti  Jalan Ceremai 22 Kawasan Taman Kencana Bogor.

 

Asinan Jagung Bakar Suryakencana

 Asinan Jagung Bakar Suryakencana

Jika umumnya asinan terbuat dari buah dan sayuran, asinan yang satu ini sedikit unik karena terbuat dari jagung bakar. Konon asinan jagung bakar ini sudah terkenal sejak tahun 1968 secara turun temurun. Meskipun kini dijajakan oleh generasi kedua namun citarasanya tidak berubah sama sekali.

Cara penyajian asinan jagung bakar cukup sederhana. Jagung manis yang sudah dibakar disiram dengan campuran air cabai dan cuka lalu ditambahkan gula pasir. Rasa segar, asam dan manisnya yang dominan tentu saja memberi rasa berbeda dibanding asinan buah atau sayur yang sudah sering kita makan. Bagi yang ingin mencicipi sensasi rasa asinan jagung bakar ini silakan datang di Gang Roda Suryakencana Bogor. Asinan Jagung Bakar disini biasanya buka setiap hari mulai pukul 9.00 – 17.30 WIB.

 

Cungkring Khas Bogor

 Cungkring Khas Bogor

Kuliner yang satu ini tidak merujuk dari kata “cungkring” yang berarti tubuh yang kurus kering. Cungkring yang dimaksud adalah kuliner khas Bogor yang memiliki penggemar tidak hanya masyarakat Bogor tapi juga mereka yang datang dari luar kota. Cungkring terbuat dari kepala sapi yang dimasak dengan bumbu kuning lalu ditambah kikil. Sebagai bumbu pelengkap ditambahkan bumbu kacang seperti yang digunakan pada sate. Untuk menambah efek kenyang biasanya disantap dengan lontong atau nasi yang dicampur parutan kelapa.

Penjual kuliner Cungkring ini mudah ditemukan di sejumlah pasar tradisional di seluruh Kota Bogor. Jika tidak ingin repot mencari, datang saja di Jalan Suryakencana, letaknya tidak jauh dari Perempatan Gang Aut. Biasanya Jam 7 pagi Cungkring sudah bisa dibeli di tempat ini, namun jangan sampai kesiangan karena biasanya sebelum jam 9 pagi kuliner lezat tapi murah meriah ini sudah habis terjual.

 

Bapatong Taman Kencana

 Bapatong Taman Kencana

Kembali ke kawasan Taman Kencana kali ini kita coba mencicipi kuliner khas Bogor lainnya yaitu Bapatong. Nama kuliner ini adalah singkatan dari Bakso Ketupat Gentong. Nama yang unik ini sering mengundang penasaran sehingga menjadi salah satu sajian yang banyak diburu pecinta kuliner.

Bapatong memang berbeda dari bakso pada umumnya karena didalamnya terdapat ketupat dan iga sapi yang dipotong bentuk dadu. Untuk menambah rasa nikmat ditambah mie kuning, bakso, bihun, pangsit dan kaldu sapi. Santap siang dengan menu Bapatong biasanya lebih tepat ditemani Es Dower. Es segar ini terbuat dari agar-agar, irisan buah-buahan dan gula yang dicampur dengan santan kelapa beku. Untuk mencicipi Bapatong dan kesegaran Es Dower bisa langsung datang ke kawasan Taman Kencana, Jalan Taman Kencana Bogor.

 

Aneka Kuliner Agri Park

 Aneka Kuliner Agri Park

Agri Park merupakan salah satu tempat wisata kuliner Bogor yang menyediakan aneka kuliner khas Bogor maupun kuliner dari luar daerah. Pengunjung yang masuk ke taman yang cocok untuk kegiatan belajar dan bermain ini tidak kenakan biaya apapun. Adapun tempat-tempat yag menyediakan kuliner di Agri Park ini diantaranya: Sha Sha café, Agri Café, DS Corner, Burger Queen dan Soerabi Bohay.

Banyak sekali menu kuliner yang tersedia di beberapa tempat tersebut seperti Nasi Kalong, Nasi Bakar, Kambing Bakar, Iga Bakar, Ayam Pepes, Nasi Ayam Asap, Batagor, Cream Sup Jamur dan puluhan kuliner lezat lainnya. Lokasi Agri Park ini berada di belakang Taman Kencana atau tepatnya di Jalan Kencana Timur No 3 Bogor.

Belum puas dengan sajian unik beberapa tempat wisata kuliner Bogor diatas? Jangan khawatir, di Bogor masih banyak tempat kuliner yang seru buat nongkrong seperti Momo Milk, Ayam Goreng Aroma, Sop Buah Pak Ewok dan Waroeng Taman yang semuanya berada di kawasan Taman Kencana Bogor.


Reply

hit counter
Select Language