no comments

Tempat Wisata di Tasikmalaya: Pesona Indahnya Indonesia di Jawa Barat


kampung naga tasikmalaya

Tempat Wisata di Tasikmalaya – Dulu Tasikmalaya memang kurang begitu menonjol dari sektor pariwisata jika dibanding kota-kota lain di Jawa Barat. Namun itu hanya sebatas kurang maksimalnya eksplorasi dan promosi. Kini semua mencapai titik balik dimana Tasikmalaya mulai sejajar dengan kota-kota lain yang lebih dulu terkenal dengan tempat wisatanya.

Tasikmalaya merupakan sebuah Kabupaten di Jawa Barat sekitar terletak 106 kilometer dari Bandung ke arah Timur. tanggal 21 Juni 2001 kota ini ditetapkan sebagai kabupaten sekaligus desnitasi wisata terbaru di Jawa Barat. Sejumlah tempat wisata yang belakangan semakin ramai oleh pengunjung membuktikan bahwa indahnya Indonesia sangat merata, termasuk di Kota Tasikmalaya.

Buat kamu yang punya rencana berlibur ke Jawa Barat, tak ada salahnya jika kamu coba singgah di beberapa tempat wisata di Tasikmalaya yang kami rekomendasikan berikut ini. 

Rumah Tradisional Kampung Naga

Nuansa tradisional masih teramat kental di kampung ini, dimana budaya leluhur dan adat istiadat sangat dijunjung tinggi di kampung ini. Ya, namanya Kampung Naga. Disini kamu bisa merasakan bagaimana gaya hidup masyarakat lokal yang memegang teguh warisan leluhur dalam budaya yang begitu kental. Pendek kata semua serba tradisional sehingga suasana perkampungan benar-benar alami. Kamu bisa memilih jalur Garut – Tasikmalaya untuk mencapai lokasi Kampung Naga. 

Pemandian Air Panas Ciawi

Pemandian Air PanasCiawi

Kalau kamu melewati jalur Bandung – Tasikmalaya kamu akan menjumpai banyak tempat wisata selama perjalanan, salah satunya yaitu Pemandian Air Panas Ciawi. Tempat wisata ini bisa kamu temukan di daerah Ciawi, tak jauh dari pertigaan Nagreg arah dari Bandung ke Tasikmalaya. Pengunjung yang datang ke pemandian ini mayoritas adalah mereka yang singgah untuk melepas lelah dalam perjalanan menuju Kota Tasikmalaya.

Disini terdapat 2 jenis kolam jugabilik-bilik kamar mandi dilengkapi air dingin dan air panas. Selain berendamair panas, kamu juga bisa berwisata kuliner di sejumlah rumah makan danrestoran yang ada disepanjang jalan menuju Pemandian Air Panas Ciawi.

Kawasan Indah Pantai Selatan Cipatujah

pantai cipatujah

Kalau kamu pernah berkunjung ke Gunungkidul Yogyakarta kamu pasti tak lupa dengan indahnya pantai-pantai disana. Begitupun jika kamu berkunjung ke Tasikmalaya, ada sebuah pantai dengan pemandangan yang mempesona yaitu Pantai Selatan Cipatujah. Seperti namanya pantai ini berada di kawasan pesisir Selatan Kabupaten Tasikmalaya.

Jika kamu berasal dari luar kota kamu harus sabar menuju lokasi Pantai Selatan Cipatujah karena kamu harus melewati beberapa daerah seperti Kawalu, Surakata, juga Cibalong dan Karang Tunggal. Selain Pantai Selatan Cipatujah kamu bisa mengunjungi tempat lainnya seperti Batu Karas, Batu Pacakop, Pemayang dan Pantai Sindang Kerta karena jaraknya cukup dekat.

Jogging Track Situ Gede

situ gede

Dalam kamus bahasa Sunda “Situ” artinya sebuah danau alami, jadi Situ Gede kurang lebih artinya sebuah danau alami yang besar. Situ Gede memang sangat luas bahkan luasnya mencapai 47 hektar. Sebagai salah satu ikon wisata di Tasikmalaya, terdapat berbagai fasilitas dan wahana di Situ Gede. Kamu  bisa berjalan-jalan pagi di jogging track atau berkeliling danau dengan perahu. Area pemancingan yang cukup luas memberi keleluasaan buat kamu yang hobi memancing. Kawasan Situ Gede sendiri terlihat sangat ramai hari Sabtu dan Minggu.

Kawah dan Pemandian Air Panas Gunung Galunggung

pemandian air panas gunung galunggung

Cukup beralasan jika sebagian besar wisatawan di Tasikmalaya memilih Gunung Galunggung untuk mengisi liburan mereka. Gunung berapi yang pernah meletus tahun 1982 silam ini memiliki kawah yang sangat indah berikut pemandian air panas yang konon memiliki khasiat menyembuhkan berbagai jenis penyakit. Kawasan wisata ini makin sempurna dengan danau dan pemandangan indah disekelilingnya.

Water Splash Indihiang

water splash

KotaTasikmalaya menjadi salah satu kota dengan wahana air yang cukup banyak. Salahsatu yang layak kamu singgahi adalah Water Splash Indihiang yang berada diJalan Brigjen Wasita Kusuma, daerah Indihiang. Wahana air ini diresmikansebagai tempat wisata modern pada tahun 2009 lalu. Tempat wisata keluarga inimenyediakan fasilitas lengkap seperti flying fox, whirl pool, kolam untukbalita, kolam arus, trampoline, dan food court. Kalau kamu suka denganwahana-wahana menantang, point ball dan ATV cukup untuk memacu adrenalin kamu.

Teejay Waterpark

teejay waterpark

Tak jauh beda dengan Water SplashIndihiang tempat wisata keluarga Teejay Waterpark menyediakan berbagai wahanaseru seperti kolam arus, tube slider, kolam ombak, dan food court. Tersediajuga gazebo yang siap memberimu kenyamanan beristirahat sambil menikmati anekakuliner yang tersedia. Waterpark yang berlokasi di Kompleks Asia Plaza Jalan HzMustofa cukup populer karena tarifnya yang murah. Kamu cukup siapkan dana 20ribu rupiah di hari biasa atau 30 ribu rupiah untuk weekday, selanjutnya kamubisa puas-puasin menikmati beragam fasilitas yang ada di Teejay Waterpark.

Taman Mangkubumi Indah Waterpark

taman mangkubumi

Seperti disebutkan sebelumnya tempat wisata wahana air atau waterpark cukup mendominasi di Tasikmalaya. Tak mau kalah dengan Water Splash Indihiang dan Teejay Waterpark, Taman Mangkubumi Indah Waterpark siap menmanjakan kamu dan keluarga dengan wahana dan fasilitas yang tersedia. Meskipun masuk kategori tempat wisata modern maun nuansa alami masih terlihat menonjol disini.

Di Taman Mangkubumi Indah Waterpark kamu bebas berenang sepuasnya dengan view perbukitan yang sangat indah, bersepeda air, atau mencoba wahana menantang di flying fox. Tempat rekreasi keluarga ini juga menyediakan room khusus untuk meeting juga gazebo-gazebo yang berjajar rapi siap memberimu kenyamanan saat santai.

Itu tadi beberapa tempat wisata di Tasikmalaya yang cukup menarik untuk kamu kunjungi untuk liburan mendatang. Yang ingin menginap selama beberapa hari di kawasan wisata Tasikmalaya, tersedia banyak hotel murah di Kota Tasikmalaya.

Reply

hit counter
Select Language