no comments

Tempat Wisata di Solo: 24 Jam di Kota The Spirit of Java


solo spirit of java

Tempat Wisata di Solo – Terkenal juga dengan nama Surakarta, Solo merupakan salah satu kota di Jawa Tengah yang tetap menjunjung tinggi nilai-nilai budaya Jawa. Jika sejauh ini kiblat kamu untuk wisata budaya hanya Kota Jogja, sepertinya kamu harus berkunjung ke Solo untuk membuktikan bahwa kota ini juga mewarisi tradisi dan budaya Jawa yang cukup kental sehingga layak untuk di sebut sebagai salah satu surgawisata di jawa.

Solo terletak di tengah-tengah jalur darat yang mudah diakses dari segala arah. Posisinya yang strategis memudahkan bagi pengguna jalan untuk melepas lelah selama dalam perjalanan menuju kota lain. Terlebih lagi, Solo juga terkenal dengan wisata alamnya yang memukau, maka tak heran jika banyak wisatawan yang rela menghabiskan waktu liburan di kota ini.

Nah, buat kamu yang ingin menikmati indahnya Indonesia di Kota Solo, berikut tempat wisata menarik yang harus kamu kunjungi.

Serunya Bermain Perahu di Taman Balekambang

Taman Balekambang

Tempat rekreasi Taman Balekambang merupakan tempat wisata di Solo yang mengeksplorasi kekayaan alam menjadi tempat berlibur yang menarik. Taman wisata kebanggaan masyarakat Solo ini bertempat di Jalan Ahmad Yani dengan luas area tak kurang dari 10 hektar.

Yang harus kamu tahu, Taman Balekambang dibagi menjadi 2 zona berbeda. Yang pertama Taman Air Partini, dimana disini kamu bisa bermain perahu sepuasnya. Sedangkan zona kedua yaitu Hutan Partinah, disini kamu bisa melihat-lihat beragam jenis tanaman langka. Banyak spot-spot menarik disini buat kamu berfoto selfie. Taman Balekambang diresmikan sebagai sarana rekreasi keluarga tahun 2008 lalu.

Sensasi Sejuk Air Terjun Grojogan Sewu Tawangmangu

Air Terjun Grojogan Sewu Tawangmangu

Di Solo terdapat puluhan wisata alam yang terkenal dengan keindahannya. Salah satu yang harus kamu kunjungi adalah Grojogan Sewu Tawangmangu. Tempat wisata ini berada di kaki Gunung Lawu bagian Barat dimana selain terkenal sangat eksotis konon juga terkenal menyimpan banyak misteri.

Keberadaan Air Terjun Grojogan Sewu Tawangmangu hanya sekitar 37 kilometer daru Kota Solo ke arah Timur. Meskipun sejatinya kawasan air terjun ini masuk wilayah Kabupaten Karanganyar namun sampai saat ini justru banyak yang menganggap masuk wilayah Solo. Kamu cukup menyiapkan uang 18 ribu rupiah untuk membayar tiket masuk ke Air Terjun Grojogan Sewu.

Panorama Indah Tiket Murah di Air Terjun Jumog

Air Terjun Jumog

Selain Air terjun Grojogan Sewu Tawangmangu, satu lagi tempat wisata alam yang tak kalah menarik yaitu Air terjun Jumog. Tempat wisata ini terletak sekitar 40 kilometer dari pusat Kota Solo. Mungkin bagi sebagian pengunjung panorama alam disini justru terkesan masih sangat alami. Tak hanya menikmati pemandangan indah sekitar, kamu juga bebas mandi dan bermain air dibawah guyuran air terjun. Untuk hal-hal yang indah ternyata tak harus mahal ya, karena hanya dengan 5 ribu rupiah kamu bisa seharian bermain di Air Terjun Jumog ini.

Mengenal Batik Asli Solo di Kampoeng Batik Kauman

Kampoeng Batik Kauman

Kampoeng Batik Kauman termasuk tempat wisata di Solo untuk menikmati indahnya Indonesia dari sisi berbeda. Jika sebelumnya kamu cukup puas dengan sejumlah tempat wisata alam, saatnya kamu mencoba tempat wisata belanja paling terkenal di Solo.

Kampoeng Batik Kauman adalah pusat kerajinan batik terbesar di Solo. Lokasinya berada di pusat kota, tak jauh dari Keraton Kasunanan Surakarta. Kalau kamu pecinta batik tentunya tak mau melewatkan kesempatan mengunjungi sentra batik Solo yang menawarkan motif-motif batik modern terbaru ini. Produk-produk batik disini didominasi warna-warna gelap, berbeda dengan batik Pekalongan yang lebih banyak mengekspos warna-warna cerah.

Produk batik Kampoeng Batik Kauman tak hanya terkenal di dalam negeri, banyak pelanggan dari luar negeri yang sengaja datang ke Kampoeng Batik Kauman untuk mendapatkan koleksi batik terbaru. Konon batik tulis disini harganya mencapai jutaan rupiah. Harga yang cukup sepadan mengingat pembuatan batik tulis memang tingkat kesulitannya cukup tinggi.

Temukan Produk Tekstil Favorit di Pasar Klewer

Pasar Klewer

Jika Kampoeng Batik Kauman merupakan produsen batik terbesar di Solo, Pasar Klewer adalah pusat tekstil terbesar di kota yang sama. Disini tak hanya tersedia produk batik dari Solo, Pekalongan, Jogja, Malang, dan daerah-daerah lain di Indonesia tapi juga batik produk luar negeri. Selain pusat batik terlengkap, Pasar Klewer juga pusat grosir seragam sekolah, jaket, kaos dan aneka busana segala usia. Di Pasar yang bersebelahan dengan alun-alun Solo ini tak kurang dari 2000 pedagang yang berjualan dalam setiap harinya.

Menelusuri Sejarah Kerajaan di Taman Sriwedari

Taman Sriwedari

Pada zaman dulu Taman Sriwedari dibangun sebagai sarana rekreasi keluarga raja. Kini tempat wisata di Solo ini telah menjelma menjadi destinasi wisata terkenal yang selalu dipadati pengunjung. Taman yang kental dengan unsur sejarah ini terletak di Kecamatan Lawiyan Solo. Buat kamu yang suka dengan sejarah dan budaya bisa langsung menuju Gedung Wayang Orang Sriwedari untuk menyaksikan pagelaran wayang orang yang mengangkat cerita Ramayana dan Mahabarata.

Bermain Wahana Wisata Air di Pandawa Water World Solo Baru

Pandawa Water World Solo Baru

Cukup banyak tempat wisata modern di Solo, salah satu yang terkenal sekaligus menjadi favorit keluarga adalah Pandawa Water World Solo Baru. Tempat rekreasi keluarga yang bertempat di Solo Baru ini menawarkan wahana wisata air terlengkap di Solo yang cocok untuk segala umur. Kamu bisa merasakan serunya bermain air sampai puas hanya dengan membayar tiket masuk 50 ribu rupiah untuk hari Senin sampai Jumat, atau 100 ribu rupiah khusus hari Sabtu dan Minggu.

Nah, sudah tahu kan tempat wisata di Solo yang harus kamu singgahi pas liburan nanti? Jangan lupa mencicipi sajian khas Solo seperti Kue Serabi, Timlo, Nasi Jemblung, Cemol dan aneka kuliner lainnya. Dijamin liburan kamu di Solo lebih menyenangkan.

Reply

hit counter
Select Language