no comments

Tempat Wisata di Jakarta, Sisa Eksotisme Diantara Bising Metropolitan


Wisata di Jakarta

Tempat Wisata di Jakarta – Macet, banjir, gerah, ramai, demo, mungkin itu yang terlintas di pikiran kamu begitu mendengar nama Jakarta. Berbagai kejadian yang kadang bikin stress memang identik dengan Ibukota Indonesia ini. Jadi bukan hal yang aneh jika sebagian besar masyarakat Jakarta justru memilih berlibur ke luar kota begitu musim liburan tiba.

Anggapan tentang Jakarta yang lebih banyak dikonotasikan dengan hal-hal negatif tidak sepenuhnya benar dan mungkin tidak sepenuhnya salah. Sebagai kota Metropolitan terbesar di Indonesia kota ini memiliki fasilitas infrasktruktur terlengkap dan modern, termasuk ribuan tempat wisata menarik. Meskipun begitu berwisata di Jakarta tak lantas harus berhubungan dengan mall, gedung-gedung pencakar langit, dan bangunan-bangunan modern. Toh masih banyak tempat wisata di Jakarta yang berkaitan dengan alam, sejarah, dan kuliner.

Biar bagaimanapun Jakarta adalah bagian dari indahnya Indonesia. Buktinya masih sangat banyak tempat wisata yang direkomendasikan untuk dikunjungi seperti berikut ini.

Tugu Monumen Nasional (Monas)

wisata jakarta

Tak berlebihan jika kita sebut Monas sebagai ikon wisata di Jakarta sebab semua orang Indonesia mengenal Monumen Nasional ini. Pada awalnya tugu dengan ketinggian 132 meter ini dibangun untuk mengenang perjuangan bangsa Indonesia. Tugu peringatan yang kini telah menjadi ikon Indonesia ini terkenal dengan puncak atau “Lidah Api” berlapis emas sekaligus menjadi bangunan tertinggi di Jakarta. Bahkan menurut cerita siapapun tak boleh mendirikan bangunan melebihi tinggi Tugu Monas.

Lokasi wisata ini dibuka untuk umum setiap hari mulai pukul 08.00 – 15.00. Buat kamu yang suka wisata sejarah bisa mengunjungi bagian dasar Monas dimana Museum Sejarah Nasional Indonesia berada. Disini kamu bisa mengetahui bagaimana sejarah perjuangan Indonesia zaman dulu. Jika ingin melihat-lihat pemadangan seantero Jakarta dari ketinggian kamu bisa naik lift ke puncak Monas di ketinggian 115 meter.

Taman Mini Indonesia Indah (TMII)

Wisata Jakarta

Sebagai negara multicultural Indonesia kaya akan adat, budaya, kesenian, hingga agama dan aliran kepercayaan. Semangat multicultural ini  tercermin jelas di kawasan wisata Taman Mini Indonesia Indah (TMII). Semua miniatur tentang budaya dari semua daerah di Indonesia bisa kamu lihat disini. Jadi misalnya kamu mau lihat Rumah Gadang atau budaya Suku Asmat kamu tak perlu jauh-jauh ke Padang atau Papua. Miniaturnya semua tersedia di TMII.

Tempat wisata di Jakarta ini lebih cocok untuk rekreasi keluarga. Apalagi ditambah berbagai fasilitas dan wahana seperti Kereta gantung, Kolam Renang Snow Bay, Museum Edukatif dan fasilitas-fasilitas unum lainnya membuat TMII memang lebih tepat dikunjungi bersama seluruh keluarga.

Kebun Binatang Ragunan

wisata jakarta

Tempat wisata ini cocok untuk orangtua yang ingin mengenalkan berbagai jenis satwa pada anak-anak. Memiliki luas tak kurang dari 140 hektar, Kebun Binatang Ragunan ini punya koleksi lebih dari 2000 jenis satwa serta 50 jenis pohon didalamnya. Dengan harga tiket cukup murah kamu bisa mengajak adik kecilmu berkeliling sambil melihat aneka satwa yang lucu-lucu. Sejumlah wahana juga tersedia lengkap seperti Sepeda Ganda, Kereta Keliling, Kolam Renang, dan banyak lagi fasilitas lainnya.

Kebun Binatang Ragunan ini termasuk kebun binatang paling tua di dunia karena sudah berdiri sejak tahun 1864 silam. Demi menjaga keselamatan kamu sendiri dan satwa yang ada, sebaiknya kamu tidak perlu memberi makan hewan-hewan didalamnya ya?

Wisata Kota Tua

Wisata jakarta

Tempat wisata Kota Tua Jakarta biasanya dipadati pengunjung saat akhir pekan. Banyak dari pengunjung yang memanfaatkan spot-spot menarik untuk berfoto selfie seperti rumah-rumah tua, pertokoan hingga gedung-gedung tua yang terkesan lebih vintage. Banyak juga yang sekedar melihat atraksi atau pertunjukan seperti pengamen unik, pameran seni, dan lain-lainnya.

Selain spot menarik untuk selfie, Wisata Kota Tua kini juga menjadi destinasi wisata sejarah yang cukup populer. Banyaknya museum terdekat tentunya membuat kamu betah menggali sejarah dan pengetahuan di masa lalu. Banyak juga toko, rumah makan, dan kafe bernuansa klasik lengkap dengan aneka kulinernya. Kamu bisa singgah sebentar untuk menikmati kuliner Kerak Telor, Es Potong, Gado-gado dan kuliner khas Jakarta lainnya.

Setu Babakan

Wisata Jakarta

Jika Wisata Kota Tua bernuansa wisata sejarah, berikutnya kamu bisa mempelajari budaya asli masyarakat Betawi di Setu Babakan. Konon tempat wisata ini telah diresmikan sebagai kawasan Cagar Budaya Jakarta beberapa waktu lalu.

Di Setu Babakan kamu bisa menyaksikan peninggalan budaya Betawi lengkap dengan bangunan asli. Menariknya kamu bisa mengenal cara berdagang, membuat kerajinan, bercocok tanam, hingga belajar membuat aneka masakan Betawi. Disini juga terdapat danau yang cukup besar untuk rekreasi. Kamu bisa duduk-duduk santai sambil menikmati panorama danau dengan udaranya yang sejuk.

Kepulauan Seribu

Wisata Jakarta

Lokasi wisata ini terletak di Jakarta Utara. Kepulauan Seribu memiliki banyak spot menarik yang harus kamu kunjungi. Di daerah ini terdapat banyak gugusan pulau sehingga kemudian dinamakan Kepulauan Seribu. Ada rekomendasi tempat paling menarik disini seperti Pulau Pramuka, Pulau Tidung, Pulau Harapan, Pulau Bidadari, dan Pulau Pari.

Kamu bisa mengajak teman atau keluarga untuk berlibur di Kepulauan Seribu. Beragam aktivitas bisa kamu lakukan disini seperti berkemah, surfing, snorkeling, diving, banana boat atau sekedar jalan-jalan menikmati segarnya suasana. Jangan lupa kamu bisa menyaksikan momen sunset dari beberapa spot lalu diabadikan lewat jepretan kamera. Fasilitas akomodasi juga tersedia lengkap di Kepulauan Seribu jadi kamu tidak perlu khawatir jika ingin menginap selama beberapa hari disini.

Bener kan, masih banyak kok tempat wisata di Jakarta yang semakin menarik untuk kamu kunjungi. Jadi datang saja ke Jakarta karena Jakarta nggak selalu macet, banjir, panas, demo dan lain-lain yang bikin kamu khawatir. Intinya Jakarta sangat ramah untuk wisatawan.


Reply

hit counter
Select Language