no comments

Tempat Wisata di Garut, Bukti Indahnya Indonesia di Bumi Jawa Barat


surgawisata

Sering berkunjung ke Jawa Barat? Bosan dengan wisata di Bandung atau Bogor? Masih di Provinsi Jawa Barat kamu bisa coba meluncur ke Kabupaten Garut untuk melihat indahnya Indonesia dari sisi berbeda. Terutama kamu yang ‘gila’ dengan wisata alam, Garut akan memanjakan liburan kamu dengan pesona alamnya yang eksotis.

Karena dikelilingi 5 gunung terbesar di Jawa Barat, wilayah Garut sebagian besar didominasi pegunungan, kecuali di bagian Selatan yang merupakan kawasan pantai. Dari sekian banyak potensi sumber daya alam yang luar biasa, mayoritas sudah dieksplorasi menjadi kawasan wisata yang kini semakin padat oleh wisatawan. Nah, buat kamu yang penasaran dengan tempat wisata di Garut, tempat-tempat berikut ini sebaiknya kamu masukkan list destinasi wisata yang wajib kamu kunjungi liburan mendatang.

Gunung Papandayan

surgawisata indonesia

Bagi masyarakat Indonesia khususnya warga Jawa Barat Gunung Papandayan merupakan destinasi wisata cukup terkenal meskipun berstatus gunung berapi aktif. Daya tarik gunung yang terletak di Kecamatan Cisurupan ini yaitu kawah serta air panas yang konon dipercaya berkhasiat menyembuhkan berbagai macam penyakit. Sunrise di puncak Gunung Papandayan juga terkenal sangat indah, jadi bukan hal yang aneh jika tempat ini selalu dipadati pengunjung. Buat kamu yang ingin trekking ke Puncak Papandayan sebaiknya mengenakan baju hangat karena udara disini sangat dingin waktu menjelang pagi.

Air panas Cipanas

indonesia indah

Lokasi wisata Air Panas Cipanas terletak di Kecamatan Cipanas sekitar 6 kilometer dari Kota Garut atau sekitar 50 kilometer dari pusat Kota Bandung. Dari Kota Garut menuju lokasi kamu bisa menikmati pemandangan alami khas Garut berupa pegunungan hingga area persawahan yang terhampar luas. Sampai di lokasi Air Panas Cipanas mungkin kamu sedikit heran karena ramainya pengunjung. Konon air panas disini mengandung berbagai macam mineral yang baik untuk kesehatan. Semakin banyaknya fasilitas yang disediakan disini otomatis mendorong semakin banyaknya jumlah pengunjung yang datang.

Pantai Santolo

indahnya indonesia

Dari sekian banyak tempat wisata di Garut, Pantai Santolo menjadi destinasi wisata paling populer. Pantai yang terletak sekitar 88 kilometer ke arah Selatan dari Kota Garut ini merupakan tempat favorit para wisatawan terutama yang datang dari Bandung. Selain panorama pantai yang indah, Pantai Santolo juga termasuk pantai ‘perawan’ karena suasananya masih cukup lengang. Berbagai fasilitas untuk publik juga sudah tersedia lengkap di pantai ini.

Curug Orok

Indahnya Indonesia

Tempat wisata air terjun atau Curug Orok terletak di di Desa Cikandang, Garut. Dinamakan Curug Orok karena menurut cerita konon ada seorang ibu yang membuang bayi tepat di air terjun tersebut. Air terjun yang memiliki ketinggian 45 meter ini menjadi tempat favorit wisatawan dari Bogor, Bandung, dan dari luar Jawa Barat. Kamu yang ingin mandi atau sekedar menikmati indahnya Curug Orok cukup membayar Rp 10 ribu untuk tiket masuk.

Pantai Puncak Guha

Indonesia Itu Indah

Kalau kamu butuh suasana pantai yang tenang tanpa gangguan pedagang maka Pantai Puncak Guha di Garut adalah opsi yang tepat. Keindahan alam Pantai Puncak Guha begitu memukau terutama jika dilihat dari atas tebing. Sementara itu jika kamu menelusuri bawah tebing kamu akan menyaksikan ratusan kelelawar yang bergelantungan. Mengingat jarang terdapat pedagang disini sebaiknya kamu membawa cukup bekal makanan dan minuman. Kamu bisa membeli perbekalan di Kota Garut atau sepanjang perjalanan menuju lokasi pantai.

Pantai Karang Parenje

surgawisata indonesia

Satu lagi tempat wisata di Garut yang layak kamu kunjungi yaitu Pantai Karang Paranje. Pantai yang terletak di Kecamatan Cibalong memiliki keunikan berupa gugusan karang yang membentang sepanjang pantai. Di pantai seluas 9 hektar ini kamu bisa menikmati sunset, momen terindah yang paling ditunggu pengunjung.  Pantai karang Parenje termasuk lokasi wisata yang masih alami, belum tersentuh bermacam jenis pembanguan. Oleh sebab itu pantai ini masih cukup lengang, lingkungannya sangat asri, damai, sejuk, dan belum terkontaminasi pencemaran.

Candi Cangkuang

wisata garut

Indahnya Indonesia di Kabupaten Garut tak hanya terlihat dari alam pegunungan dan pantai namun juga sisa-sisa peninggalan bersejarah. Salah satunya adalah candi Cangkuang. Candi kebanggaan masyarakat Garut ini terletak di Kecamatan Leles dan merupakan destinasi wisata favorit wisatawan dari Cirebon, Bandung, Bogor, dan Jakarta. Menurut fakta sejarah, Candi Cangkuang merupakan salah satu candi peninggalan Kerajaan Sunda Galuh. Uniknya, untuk mencapai Candi Cangkuang ini kamu harus naik rakit untuk menyeberang danau.

Pantai Rancabuaya

Wisata Jawa Barat

Selain pantai Santolo, Pantai Rancabuaya kini menjelma menjadi destinasi wisata yang cukup terkenal di Garut. Pantai ini berbatasan langsung dengan Samudera Hindia sehingga ombak di pantai ini terkenal cukup besar. Selain itu di pantai ini juga terdapat batu-batu karang yang cukup besar, bahkan banyak ikan-ikan yang terperangkap di antara celah batu karang. Sama seperti Pantai di Pacitan Jawa Timur, di Pantai Rancabuaya juga terdapat air terjun yang menghadap langsung ke lautan.

Situ Bagendit

surgawisata

Masih di Kabupaten Garut, kita coba berkunjung ke Kecamatan Banyuresmi untuk sejenak bersantai di Situ Bagendit. Situ Bagendit merupakan sebuah danau buatan di Garut yang terkenal karena lingkungannya yang asri dan kebersihan yang terjaga. Banyak aktivitas yang bisa kamu lakukan disini seperti bersepeda air, main perahu, naik rakit atau sekedar menikmati udara sejuk dan pemandangan yang indah. Di tempat ini kamu bisa juga berenang atau bermain di taman yang sudah disediakan. Nah, kamu yang hobi memancing, puaskan hobi kamu dengan memancing seharian di Situ Bagendit.

Dari rekomendasi tempat wisata di Garut tadi cukup membuktikan bahwa berlibur ke Jawa Barat pilihannya bukan hanya Bandung atau Bogor. Garut, Sukabumi, Sumedang, Cianjur, Cimahi dan kabupaten-kabupaten lain juga memendam koleksi wisata yang tak kalah indah dari dua tempat tersebut.

Reply

hit counter
Select Language