no comments

Tempat Wisata di Batu Malang: Liburan Seru di Swiss Kecil Pulau Jawa


Tempat Wisata di Batu – Terletak sekitar 15 kilometer arah Barat Laut Kota Malang, Batu terkenal sebagai salah satu kota wisata terpopuler di Indonesia karena potensi keindahan alamnya yang fantastis. Eksotisme alam Kota Batu pernah mengundang kekaguman bangsa Belanda sehingga wilayah ini sempat dijuluki De Kleine Zwitserland atau Swiss kecil di Pulau Jawa.

Kota Batu sendiri dulunya masuk bagian dari Kabupaten Malang. Pada tanggal 6 Maret 1993 ditetapkan sebagai kotatif (kota administratif) kemudian pada tanggal 17 Oktober 2001 terpisah dari Kabupaten Malang dan memiliki pemerintahan sendiri sebagai Kota Otonom.

Secara geografis Kota batu terletak di jalur utama yang menghubungkan Malang – Kediri dan Malang – Jombang. Berada di ketinggian hingga 1700 MDPL dengan suhu rata-rata 12-19 derajat Celsius membuat kawasan Kota Batu benar-benar sangat dingin, sangat cocok untuk destinasi wisata keluarga. Buat kalian yang ingin menikmati indahnya Indonesia dari pesona alam Kota Batu, berikut tempat wisata di Batu yang wajib kalian singgahi.

Kusuma Agrowisata Batu

Berlokasi di Jalan Abdul Gani Atas, Kusuma Agrowisata termasuk salah satu ikon wisata agro di Batu yang menyediakan fasilitas lengkap termasuk hotel. Masuk ke kawasan wisata ini kamu bebas memetik buah apel, buah naga, strawberry, jeruk dan jambu merah dan langsung menikmatinya di tempat. Jangan khawatir karena buah-buahan dan sayuran hidroponik disini bebas dari pestisida sehingga aman dikonsumsi langsung.

Tak hanya wisata petik buah dan sayuran tapi fasilitas outbound maupun waterpark juga tersedia disini. Untuk berkeliling perkebunan kamu bakal ditemani oleh pemandu yang akan memberimu banyak informasi tentang Kusuma Agrowisata. Untuk harga tiket tergantung hari dan paket apa yang kamu ambil. Untuk wisata petik buah maksimal harga tiket Rp 60 ribu, untuk paket outbound Rp 85 ribu (anak-anak) dan Rp 125 ribu (dewasa).

Jatim Park I

Jatim Park atau Jawa Timur Park adalah sarana rekreasi dan edukasi yang tepat untuk keluarga. Tak kurang dari 56 wahana permainan tersedia disini. Sebut saja Spinning Coaster, Haunter, Drop Zone, 3D Ghost dan masih banyak lagi. yang lebih seru, terdapat kolam renang ukuran raksasa dengan background patung Ken Arok, Kendedes dan Empu Gandring.

Spot-spot menarik yang sarat edukasi juga tersedia lengkap seperti Galeri Nusantara, Flumride and Mythologies, Volcano, Miniatur Candi, dan Science Center. Jatim Park pernah menyabet peringkat 1 sebagai tempat wisata buatan berskala nasional terbaik di Indonesia.

Jatim Park II

Jika Jatim Park I didominasi wahana permainan dan edukasi, Jatim Park II merupakan tempat wisata di Batu yang fokus untuk kelestarian flora dan fauna. Ini terlihat dari bagian-bagian Jatim Park II sendiri seperti Museum Satwa, Hotel Pohon Inn dan Secret Zoo yang menjadi spot favorit pengunjung. Khusus untuk Museum Satwa, ini adalah museum yang menyimpan berbagai satwa yang diawetkan juga fosil binatang purba yang khusus didatangkan dari berbagai belahan dunia.

Begitu masuk Batu Secreet Zoo kamu bisa menikmati kebun binatang yang dirancang dengan konsep modern. Didalamnya terdapat ribuan koleksi satwa dari berbagai belahan dunia. Uniknya satwa-satwa disini ditempatkan dalam kandang yang didesain sangat mirip dengan habitat aslinya. Disetiap habitat satwa memiliki tema berbeda, misalnya Kampung Afrika, Tiger Land, Savana, Fantasy Land, Feeding Birds, River Adventure dan masih banyak lagi.

Eco Green Park

Tempat wisata di Batu Malang ini terletak di Jalan Oro-oro Ombo 9A Batu. Tempat wisata terbaik untuk keluarga ini buka setiap hari mulai pukul 09.00-17.00. Di Eco Green Park kamu bisa menikmati setidaknya 10 zona seperti Zona Insectarium, Jungle Adventure, Animal Farm, Walking Bird, World Parrots, Duck Kingdom, Rumah Terbalik, Music Plaza dan lain sebagainya. Ada lagi zona yang cukup unik dan baru didatangkan dari Australia yaitu zona demo memeras sapi perah Friesian Holstein (FH). Kamu cukup menyiapkan Rp 40 ribu di hari biasa dan Rp 60 ribu di akhir pekan untuk biaya tiket masuk kawasan Eco Green Park ini.

Paralayang & Rumah Pohon

Salah satu cara menikmati indahnya Indonesia adalah menyatu dengan alam secara langsung. Ini juga yang nanti kamu rasakan begitu masuk kawasan wisata Paralayang & Rumah Pohon di Batu. Paralayang maupun Rumah Pohon berada di satu area yaitu di Gunung Banyak. Suasana begitu romantis jika kamu berkunjung di tempat ini malam hari. Kerlip cahaya seantero Kota Batu dibawah hamparan bintang di langit malam lebih dari cukup untuk membuatmu tak henti berdecak kagum dengan suasana yang ada.

Kamu bisa menikmati suasana malam dari ketinggian sambil duduk-duduk di bangku kayu yang sudah disediakan. Sementara kamu yang hobi dengan permainan menantang bisa mencoba olahraga Paralayang untuk menguji adrenalinmu. Olahraga ekstrim ini menyediakan pemandu profesional, jadi kamu tidak perlu takut jatuh.

Di lokasi wisata Paralayang ini kamu harus mampir ke rumah pohon dan merasakan keseruan didalamnya. Jika kamu tak pernah merasakan sensasi menginap di rumah yang terbuat dari kayu dengan pemandangan alam di depan mata, maka kamu benar-benar akan menikmatinya di rumah pohon Paralayang ini. Sepertinya tarif Rp 250 ribu – Rp 350 ribu per-malam masih cukup murah untuk menginap di rumah pohon ini mengingat keunikan dan keindahan yang ditawarkan memang luar biasa. Kalau tidak berminat menginap, kamu bisa sekedar jalan-jalan sambil berfoto hanya dengan biaya Rp 5 ribu.  Masih belum puas dengan rekomendasi tempat wisata di Batu Malang di atas? Tenang, masih ada puluhan tempat wisata yang menanti kamu di Kota Apel. Kamu bisa berjalan-jalan di Alun-Alun Batu, menikmati sejuk air di Air terjun Coban Rais dan Coban Rondo, olahraga arung jeram di Kaliwatu Rafting, atau menghabiskan malam di Batu Night Spectacular (BNS).

Reply

hit counter
Select Language