no comments

Romantisme Sunset di Pantai Kuta Bali


Romantisme Sunset di Pantai Kuta Bali

Ketenaran Pantai Pantai Kuta Bali sepertinya sudah tidak perlu dipertanyakan lagi. Hampir semua orang mengenal pantai yang menjadi destinasi wajib bagi wisatawan mancanegara ini. Karena keindahannya yang mendunia tak berlebihan jika Pantai Kuta menjadi icon wisata di Bali, apalagi lokasinya yang tidak terlalu jauh dari Ibukota Bali, Denpasar. Tentu akses ke pantai ini lebih mudah terutama dari Bandara Ngurah Rai.

Popularitas tempat wisata di Bali yang satu ini sudah menyebar ke seluruh belahan dunia sejak puluhan tahun lalu. Selain pasir putih bersih yang terhampar luas, pantai ini juga menyimpan momen romantis yang paling di nanti oleh mereka yang berkunjung yaitu sunset atau ketika matahari tenggelam di ufuk Barat,dan itu merupakan suatu bukti Indahnya Indonesia.

Dari Perkampungan Nelayan Menjelma Menjadi Destinasi Wisata Kelas Wahid

Sebelum menjadi destinasi wisata kelas dunia dahulu Pantai Kuta hanya sebuah pelabuhan dagang. Bahkan banyak pedagang dari luar Bali melakukan transaksi disini. Pantai ini dulu juga terkenal sebagai tempat habitat Penyu Hijau sebelum akhirnya satwa langka yang dilindungi ini semakin berkurang dan punah. Kini penangkaran Penyu Hijau dialihkan ke Pantai Tanjung Benoa dan tidak lagi ditemukan di Pantai Kuta.

Sekiatr tahun 1960 Pantai Kuta Bali hanya sebuah perkampungan nelayan dan hanya terdapat satu hotel di kawasan ini yaitu Kuta Beach Hotel. Baru tahun 1970-an pantai ini mulai terkenal bahkan hingga ke luar negeri. Kini, Pantai Kuta telah menjadi destinasi wisata kelas satu yang terkenal dengan ombak yang akrab dengan surfer dan sunset yang konon paling indah di dunia.

Sebagai tempat wisata kelas dunia Pantai Kuta menyediakan fasilitas yang nyaris sempurna. Sepanjang jalan  Kuta – Legian pengunjung dengan mudah menemukan hotel, restoran, café dan tempat hiburan malam. Tak lupa berbagai wahana dihadirkan untuk melengkapi kepuasan berlibur di kawasan ini. Kuta Karnaval menjadi acara paling ditunggu di Pantai Kuta. Event yang digelar setiap satu tahun sekali ini diisi dengan berbagai acara menarik seperti Fashion Festival, Food Festival, Cultural Paradise dan masih banyak lagi.

Pantai Kuta bali

Aktivitas Seru di Pantai Kuta

Selain berbagai fasilitas dan wahana, banyak aktivitas seru yang bisa dilakukan pengunjung untuk menghabiskan waktu liburan di Pantai Kuta. Dari sekedar jalan-jalan menyusuri pantai, berjemur atau mencoba merasakan sentuhan tangan ibu-ibu yang berkeliling menawarkan pijat tradisional.

Surfing

Salah satu daya tarik Pantai Kuta adalah ombaknya yang akrab dengan peselancar. Ini dibuktikan dengan diadakannya Festival Selancar Internasional yang sering digelar disini. Pengunjung bisa melihat ataupun ikut berselancar dengan mereka yang memiliki hobi yang sama bahkan di hari-hari biasa diluar festival.

Bagi peselancar pemula juga bisa mencoba berselancar di Pantai Kuta dengan panduan surfer profesional. Disini banyak jasa instruktur surfing yang bisa disewa untuk belajar berselancar dengan simulasi terlebih dulu sebelum masuk ke ombak pantai. Biasanya instruktur akan mengajak peserta mengenali jenis ombak dan arus. Di Pantai Kuta ada beberapa tempat kursus surfing terkenal seperti Rip Curl Surf School, Odysseys dan Surfer Girl Surfing School.

surfing pantai kuta

Berenang

Sepertinya berenang menjadi menu wajib saat berlibur di Pantai Kuta Bali. Namun jika ingin berenang sebaiknya hati-hati sebab Pantai Kuta memiliki arus bawah yang cukup kuat. Jadi bagi yang belum mahir berenang tidak perlu mencoba. Ada bendera-bendera dengan warna berbeda-beda untuk menandai mana area yang diperbolehkan untuk berenang dan mana yang dilarang.

Berjemur

Pengunjung yang malas berselancar atau berenang bisa menikmati waktu di Pantai Kuta dengan berjemur. Biasanya aktivitas ini paling digemari wisatawan mancanegera. Jika takut terkena sinar matahari pengunjung bisa duduk atau rebahan di kursi panjang yang disewakan. Bagi yang punya kulit sensistif terhadap sinar UV sebaiknya menggunakan sun-block.

Bermain Layang-layang

Aktivitas lain yang tak kalah seru di Pantai Kuta yaitu bermain layang-layang. Aktivitas ini bisa dilakukan bersama teman atau keluarga. Tidak perlu khawatir karena banyak kios-kios kecil tak jauh dari pantai yang menjual layang-layang berbagai ukuran, jadi pengunjung tidak perlu membawa sendiri dari rumah. Disini banyak dijual layang-layang bentuk daun (Pecukan), bentuk burung (Janggan) dan bentuk ikan (Bebean). Harganya berbeda-beda, tergantung bahan dan ukurannya.

Menikmati Sunset

Ini merupakan aktivitas paling ditunggu semua wisatawan yang berlibur di Pantai Kuta Bali. moment matahari terbenam atau sunset di pantai ini memang berbeda dari pantai-pantai lainnya. Nuansa romantis benar-benar terasa hingga banyak wisatawan yang rela menunggu hingga senja tiba.

Menikmati Sunset Pantai Kuta

Bali slingshot

Bali Slingshot adalah pengalaman paling seru dan mendebarkan yang bisa dicoba di Pantai Kuta. Disini pengunjung bisa merasakan sensasi dilempar ke udara menggunakan ketapel raksasa. Ya dengan bantuan Slingshot pengunjung akan dilempar setinggi 52 meter ke udara dan kembali ke tempat semula. Wahana menarik yang memacu adrenalin dan wajib dicoba.

Akomodasi dan Transportasi

Fasilitas akomodasi menjadi sangat penting jika pengunjung berencana berlibur selama beberapa hari di Pantai Kuta Bali. Tapi tidak perlu khawatir karena di sekitar pantai sudah banyak hotel dan penginapan yang bisa dipilih. Mulai dari yang murah hingga mahal atau hotel bintang lima. Beberapa hotel dan resort yang paling dekat dengan Pantai Kuta diantaranya: Harris Resort, Aneka Beach Hotel, Alam Kulkul Boutique Resort, Maharani dan Bali Bungalow.

Dari Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai jarak Pantai Kuta Bali ini hanya 3 kilometer. Jika berangkat dari Denpasar arahnya ke Barat jaraknya hanya 10 kilometer. Selain menggunakan transportasi umum pengunjung bisa menyewa mobil menuju lokasi, tentunya lebih cepat dan praktis. Bagi pengunjung sebaiknya tidak membawa kendaraan pribadi mengingat terbatasnya area parkir. Selain itu pada hari-hari tertentu, seperti musim liburan atau tahun baru akses ke Pantai Kuta kadang ditutup bagi kendaraan pribadi untuk menghindari kemacetan parah.

 


Reply

hit counter
Select Language