no comments

Petualangan Napak Tilas di Kebun Raya Cibodas


surgawisata indonesia

Kebun raya Cibodas atau bagi wisatawan asing familiar dengan sebutan Cibodas Botanical Garden, begitulah nama tempat wisata di Jawa Barat yang akan kita jelajahi kali ini. Seperti namanya kebun raya ini merupakan kawasan hijau yang cukup luas dan terkenal dengan keindahan alamnya sehingga sering disebut Taman Firdaus versi Asia. Konon luas kebun raya ini mencapai 80 hektar dengan topografi lapangan terdiri atas perbukitan yang bergelombang. Keberadaannya sebagai tempat wisata sekaligus pusat observasi dan edukasi membuat Kebun Raya Cibodas selalu ramai oleh wisatawan.

Secara geografis Kebun Raya Cibodas terletak di kabupaten Cianjur Jawa barat, tepatnya di Desa Kemacan kecamatan Cipanas. Kebun raya ini terletak di kaki Gunung Pangrango, suhunya tergolong cukup dingin berkisar 17 – 27 derajat Celsius karena terletak di lokasi yang cukup tinggi yaitu 1.275 MDPL. Dari suhu yang dingin tersebut kita sudah bisa membayangkan betapa nyaman dan sejuk menghabiskan hari Minggu bersama keluarga ditempat ini.

Sejarah dan Asal Usul Kebun Raya Cibodas

Dari literature dan sejumlah sumber terpercaya, Kebun Raya Cibodas mulai dibangun tahun 1850 oleh J. E Teijsmann, seorang ahli Botani berkebangsaan Belanda. Kebun raya ini merupakan cabang dari Kebun Raya Bogor yang terlebih dulu ada di kaki Gunung Gede. Pada awalnya kebun raya ini diproyeksikan untuk perkebunan tanaman Kina. Namun belakangan diketahui kontur tanahnya tidak cocok untuk tanaman obat Kina.

Kebun Raya Cibodas terletak di daerah dengan intensitas hujan cukup tinggi yaitu 2.380mm per-tahun dengan kisaran suhu rata-rata 18 derajat Celsius. Karena tidak cocok untuk pertumbuhan pohon Kina kemudian dirubah menjadi tempat pembudidayaan tanaman runjung, jenis tanaman paku-pakuan serta semua jenis tanaman khas dataran tinggi dengan suhu basah tropika. Tanggal 11 April 1852 merupakan titik awal lahirnya Kebun Raya Cibodas dimana kala itu bibit-bibit pohon Kina banyak didatangkan dari negeri Belanda. Untuk menandai momentum tersebut maka para wisatawan bebas tiket masuk ke Kebun Raya Cibodas setiap tanggal 11 April.

indahnya indonesia

Kebun Raya dengan Koleksi Tanaman Terlengkap

Tak hanya menyajikan pesona alam yang indah dan sejuk namun Kebun Raya Cibodas tercatat sebagai kebun raya dengan koleksi tanaman terlengkap. Lebih dari 5.800 sample tanaman ada disini dimana lebih dari 1.200 diantaranya hidup dengan sangat subur. Bagi wisatawan yang hobi meneliti atau observasi tanaman maka kebun raya ini merupakan opsi paling tepat.

Satu spot paling menarik di tempat wisata Cibodas ini adalah rumah kaca. Disini pengunjung akan disuguhi aneka jenis tanaman kaktus serta berbagai tumbuhan langka seperti bunga anggrek dan lain sebagainya. Ada tak kurang dari 4000 sample tanaman dari 350 jenis kaktus dan 360 jenis tumbuhan anggrek yang tersimpan dalam green house atau rumah kaca yang apik.

Selain tanaman yang tersimpan di rumah kaca wisatawan juga bisa mengunjungi spot menarik lainnya seperti Kebun Pohon Sakura, Air Mancur, Jalan Araucaria (araucaria avenue), Danau, Sungai, Lanscape dan Air Terjun Cibodas. Berbagai tempat tersebut tentu saja dibuat konsep natural dengan balutan tanaman hijau dengan produksi O2 yang melimpah. Pengunjung bisa sepuasnya berjalan kaki berkeliling, namun jika tidak ingin lelah bisa menyewa kuda untuk mengitari seluruh kawasan Kebun Raya Cibodas.

indahnya indonesia

Fasilitas untuk Pengunjung

Cibodas Botanical Garden atau Kebun Raya Cibodas merupakan tempat wisata alam kelas dunia. Disini tidak hanya disajikan ribuan jenis tanaman dengan panorama alam yang menakjubkan namun juga sebagai tempat obeservasi para peneliti untuk kepentingan teknologi dan edukasi. Untuk menunjang semua aktivitas pengunjung disini sudah disediakan berbagai fasilitas seperti Musholla dan MCK. Tersedia juga area parkir yang sangat luas berkapasitas puluhan mobil motor maupun bus pariwisata.

Beberapa fasilitas lain yang cukup menarik yaitu area bermain untuk anak, shelter, dan teater bertema outdoor. Mau berkemah atau camping di Kebun Raya Cibodas? Jangan khawatir karena disini disediakan area seluas 3 hektar untuk aktivitas camping ground. Lahan seluas ini mampu menampung sedikitnya 200 buah tenda.

Jika pengunjung punya banyak waktu tentu saja bisa mengunjungi tempat menarik lain di sekitar kebun raya. Ya, tak jauh dari Kebun raya Cibodas ini memang terdapat tempat-tempat menarik seperti lapangan Golf Bandung Asri Muya juga Bumi Perkemahan Mandala Kitri. Tak jauh dari Bumi Perkemahan Mandala Kitri juga terdapat area perkemahan lain yaitu Bumi Perkemahan Mandalawangi.

Di area perkemahan yang dikelola Perhutani ini terdapat sebuah patung dinosaurus yang cukup besar. Sepertinya pembuatan patung dinosaurus tersebut mengisyaratkan sebuah pesan moral bahwa setiap manusia wajib menjaga dan melestarikan hutan. Jangan sampai musnah seperti halnya dinosaurus yang kini hanya menjadi bagian dari sejarah.

Rute Terdekat ke Kebun Raya Cibodas

Waktu yang dibutuhkan untuk sampai ke lokasi Kebun Raya Cibodas tergantung darimana pengunjung mengawali perjalanannya. Jika berangkat dari Jakarta harus menempuh jarak sekitar 85 kilometer dengan waktu tempuh hampir 2 jam. Idealnya dari Jakarta ke Bogor ambil jurusan Puncak lalu ambil jurusan Cianjur. Sampai di pertigaan Cimacan perjalanan tinggal 4 kilometer lagi. Pengunjung bisa mengikuti petunjuk arah yang ada di pertigaan tersebut.

Apabila perjalanan dimulai dari Bandung waktu tempuhnya bisa lebih singkat karena jaraknya memang lebih dekat. Jika start dari Bandung bisa ambil arah Cianjur dan Sukabumi. Agar perjalanan bisa dipersingkat maka alternatifnya lewat Istana Presiden Cipanas ambil arah ke Pasar Cipanas lalu ambil arah ke Puncak Bogor. Sampai pertigaan Cimacan bisa langsung ke lokasi sekitar 4 kilometer. Bagi yang tidak menggunakan kendaraan pribadi bisa menggunakan angkot jurusan Rarahan dan Cibodas dari pertigaan Cimacan.

 

 


Reply

hit counter
Select Language