no comments

Pantai Sawarna, Pesona Pantai Di Pinggiran Samudra Hindia Yang Menakjubkan


pantai sawarna

Pantai Sawarna—Banten merupakan salah satu provinsi yang memiliki pantai-pantai yang indah di Indonesia. Pantai tersebut diantaranya adalah Pantai Anyer dan Pantai Carita. Akan tetapi selain kedua pantai tersebut ada satu lagi pantai yang tidak kalah indahnya yaitu Pantai Sawarna. Pada awalnya keberadaan pantai ini tidaklah dikenal banyak orang, akan tetapi setelah sempat menjadi lokasi syuting film “Perahu Kertas” barulah salah satu tempat wisata di Banten ini banyak dikunjungi oleh wisatawan.

Lokasi pantai ini ada di Kecamatan Bayah, Kabupaten Lebak Banten, atau lebih tepatnya di Kampung Gendol Desa Sawarna. Pantai ini memiliki air laut yang berwarna biru serta jernih, selain itu pasirnya juga berwarna putih. Indahnya areal persawahan dan asrisnya suasana desa saat menuju pantai ini juga menjadi daya tarik tersendiri. Di sekitar Pantai Sawarna ini juga terdapat bukit hijau yang menambah keindahan pantai. Ditambah lagi di lokasi wisata ini juga terdapat banyak goa seperti Goa Cimaul, Goa Sikadir, Goa Lalay dan Goa Singalong.

Pantai Sawarna merupakan pantai yang menghadap langsung ke Samudera Hindia. Hal ini menyebabkan ombak di sekitar pantai ini cukup kuat dengan ombak yang lumayan besar. Bagi Anda yang memiliki hobi berselancar maka sangat perlu untuk mengunjungi pantai ini, tapi tidak untuk pemula karena ombak di pantai ini pernah memakan korban.

 

Sejarah Pantai Sawarna

 

Pantai Sawarna ini berada sekitar 30 km di sebelah barat Pelabuhan Ratu. Nama pantai ini berasal dari nama kepala desa pertama di tempat tersebut. Kepala desa itu bernama Swarna dan merupakan seorang tetua dari tempat tersebut. Maka diambillah namanya untuk dijadikan nama desa tersebut dan juga dijadikan nama pantai disekitar desa yaitu Pantai Sawarna. Selain itu alasan lainnya mengapa dari Swarna menjadi Sawarna adalah untuk menandakan bahwa lokasi tersebut berpenduduk masyarakat Sunda, karena satu warna dalam bahasa sunda adalah Sawarna. Maka dapat sedikit disimpulkan arti dari nama pantai ini adalah Pantai Satu Warna.

 

Tiket Masuk Pantai Sawarna

 

Biaya masuk ke pantai ini sangat terjangkau. Tiap orang akan dikenakan tarif sebesar Rp 5000. Biaya tersebut belum termasuk biaya parkir, karena biaya parkir akan dikenakan ketika di lokasi parkir nantinya.

pantai sawarna banten

Rute Menuju Pantai Sawarna

Untuk menuju ke tempat wisata ini dapat diakses dengan melalui berbagai rute baik itu menggunakan kendaraan pribadi maupun menggunakan kendaraan transportasi masal.

Untuk rute dengan kendaraan pribadi, ada beberapa rute alternatif yang dapat dipilih, namun untuk jalur terpendek menuju lokasi ini,  maka lebih baik melalui Jalur Jakarta menuju Serang lalu Malimping kemudian Bayah dan Sawarna. Rute Pantai Sawarna ini cukup sulit karena aspal jalannya sudah banyak yang mengalami kerusakan. Selain melalui jalur Jakarta, Anda juga dapat melewati jalur Sukabumi. Dari kota Sukabumi, Anda tinggal mengikuti jalur menuju Lebak Banten. Jalanan menuju Lebak tersebut memang agak menanjak dan sedikit rusak namun tidak terlalu parah. Selain itu juga harus berhati-hati saat berada di perbatasan Jawa Barat dan Banten, atau sekitar 11 km dari kota Sukabumi. Anda harus sangat memperhatikan arah penunjuk jalan menuju Pantai Sawarna karena arahnya sedikit berbeda dengan arah menuju Lebak ataupun Pandeglang. Jalur menuju pantai tersebut juga cukup sempit, selain itu juga terdapat banyak tikungan yang curam.

Sedangkan jika menggunakan kendaraan umum, rute yang harus dilewati jika dari Jakarta adalah dengan menuju ke terminal Pelabuhan Ratu. Setelah sampai di terminal tersebut, kemudian perjalanan dapat dilanjutkan dengan mengendarai angkutan umum Elf jurusan pantai Sawarna. Angkutan tersebut hanya beroperasi hingga pukul 5 sore saja.

pantai sawarna banten

 

Akomodasi di Sekitar Pantai Sawarna

 

Jika berniat untuk bermalam di pantai ini, Anda tidak perlu khawatir karena di sekitar pantai telah terdapat banyak penginapan dan homestay. Harga penginapan di Sawarna tersebut sangat bervariasi tapi cukup murah yaitu berkisar antara Rp 60.000 sampai Rp 200.000 per-malam tergantung fasilitas yang tersedia di penginapan tersebut.

Di Sawarna ini juga sudah terdapat berbagai minimarket 24 jam. Jadi Anda tidak perlu khawatir jika ingin membeli cemilan atau kebutuhan lainnya ketika tengah malam. Di sekitar lokasi juga sudah terdapat banyak sekali warung makan yang menyediakan makanan khas Sawarna.

Jika ingin sedikit berhemat ketika datang ke Sawarna, maka alangkah lebih baiknya jika Anda menggunakan paket wisata yang sudah banyak tersedia.

 

Wisata Yang Ada Di Sawarna

 

Selain terkenal dengan pantainya, di Sawarna ini juga terdapat banyak sekali objek wisata yang lain. Menurut penuturan warga sekitar, setidaknya ada 4 tempat wisata yang ada di Pantai Sawarna ini. Ke empat tempat itu ialah Pantai Pasir Putih Sawarna, Batu Karang Dua, Gua Lalay, dan tempat untuk melakukan kegiatan outbond.

pantai sawarna banten

Ke empat tempat tersebut adalah objek wisata yang ada di sekitar pantai saja. Namun sebenarnya di Desa Sawarna ini sedikitnya terdapat sembilan titik lokasi yang dapat dikunjungi oleh wisatawan. Ke sembilan lokasi wisata tersebut ialah Karang Taraje, Legon Pari, Karang Beureum, Tanjung Layar, Pasir Putih, Goa Lalay, Karang Bokor dan Pulo Manuk. Untuk mengunjungi ke sembilan lokasi tersebut Anda harus menyewa ojek karena lokasinya tidak selalu bisa dilewati oleh mobil. Untuk menyewa ojek, biasanya wiatawan dikenakan tarif sekitar Rp 150.000. Jika kebetulan Anda berniat untuk berwisata ke Pantai Sawarna ini, maka sempatkanlah untuk mengunjungi lokasi lainnya yang tidak kalah indah.

 

 


Reply

hit counter
Select Language