no comments

Menikmati Wisata Alam dan Wahana Edukasi Taman Safari Bogor


Menikmati Wisata Alam dan Wahana Edukasi Taman Safari Bogor

Belakangan Taman Safari Bogor menjadi salah satu tempat wisata di Jawa Barat yang paling banyak dikunjungi wisatawan terutama saat liburan tiba. Tempat wisata ini tidak hanya sarana rekreasi namun juga bersifat edukasi dimana pengunjung dapat berinteraksi langsung dengan berbagai jenis fauna di habitat aslinya. Tempat ini juga tepat untuk mengisi liburan anak-anak karena sifatnya lebih mendidik.

Taman Safari Bogor berada di Kabupaten Bogor tepatnya di Desa Ciberaeum Cisarua. Taman yang merupakan Taman Safari pertama di Indonesia ini berada di wilayah yang populer dengan sebutan Puncak Bogor. Selain di Bogor masih ada tiga Taman Safari lagi di Indonesia yaitu di Batang, Bali, dan Pasuruan Jawa Timur.

Zaman dulu Taman Safari di Bogor ini merupakan area perkebunan teh. Karena kurang produktif maka tahun 1980 pemerintah merubah perkebunan ini menjadi cagar alam termasuk untuk penangkaran hewan-hewan langka. Lokasinya sendiri tepat di Gunung Gede Pangrango pada ketinggian 900-1800 MDPL, dengan suhu rata-rata 16-24 derajat Celsius. Dari rata-rata suhu tersebut bis dipastikan kawasan ini cukup sejuk dan nyaman.

Menyusuri Belantara Taman Safari

Begitu menginjakkan kaki di Taman Safari Bogor ini pengunjung langsung disambut pemandangan pepohonan khas pegunungan dengan udaranya yang sejuk. Di tempat ini terdapat sekitar 2.500 spesies hewan dari berbagai belahan dunia. Jika ingin melihat hewan liar langsung dihabitatnya pengunjung hanya boleh berkeliling menggunakan mobil dengan kaca tertutup. Pemandangan seantero taman juga bisa disaksikan lebih jelas dari ketinggian dengan menaiki kereta gantung. Namun pengunjung harus mematuhi sejumlah peraturan demi keselamatan masing-masing.

Kesempatan berkeliling dan melihat langsung kehidupan hewan liar adalah cara yang tepat untuk belajar mendekatkan diri dengan alam. Tentunya cara ini sangat tepat untuk menanamkan wawasan pada anak tentang bagaimana pentingnya mencintai alam dan isinya. Jika selama ini anak-anak mengenal hewan dan habitatnya hanya melalui buku, mereka bisa menyaksikan sendiri bagaimana hewan-hewan liar bersahabat dengan alam ditempat ini.

wisata jawa barat

Spot dan Wahana Menarik

Disini pengunjug tidak hanya diajak mengenal kehidupan ribuan jenis fauna namun berbagai wahana seru juga telah menanti. Sejumlah fasilitas dan wahana tersaji lengkap baik wahana di darat, air maupun udara. Tentu menjadi pengalaman tak terlupakan jika pengunjung dapat mencoba semua wahana yanga ada bersama teman dan keluarga.

Satu tempat paling menarik di Taman Safari Bogor ini adalah Baby Zoo. Pengunjung bisa secara langsung mengabadikan momen berkesan bersama anak-anak hewan, termasuk spesies hewan buas seperti anak macan tutul, anak singa, ular, anak orang utan dan lain-lainnya. Pengunjung bisa mengabadikan pengalaman menarik berenteraksi dengan hewan-hewan tersebut dalam foto maupun video.

baby zoo taman safari bogor

Selain Baby Zoo di area yang sama juga ada program khusus yaitu Swimming with Dolphin. Tempat ini biasanya paling disukai oleh anak-anak karena mereka bisa menyaksikan tingkah lucu lumba-lumba dari dekat. Selain itu pengunjung bisa berenang dan berinteraksi dengan hewan yang terkenal cerdas ini. Program ini diprioritaskan untuk anak-anak penyandang autis sebagai bentuk terapi bagi mereka.

Di Taman Safari Bogor pengunjung juga bisa merasakan petualangan menunggang gajah. Di atas punggung gajah Sumatera wisatawan akan dibawa masuk hutan belantara, tentunya kawasan hutan yang aman bagi pengunjung. Selama satu jam pengunjung bisa berkeliling dengan dipandu oleh pawang gajah yang sudah terlatih.

Tak hanya fasilitas wahana air dan darat, disini pengunjung juga lebih leluasa menikmati pemandangan taman dari atas dengan naik balon udara panas. Di ketinggian sekitar 40 meter terlihat jelas keindahan Taman Safari yang nampak sempurna diantara pemandangan alam Gunung Gede Pangrango.

Taman safari Bogor benar-benar menghadirkan wahana lengkap yang membuat pengunjung merasa puas. Ada satu lagi wahana yang tak kalah menarik untuk dicoba yaitu Wild Wild West. Disini pengunjung diajak masuk kehidupan ala koboi dengan menyaksikan berbagai atraksi koboi yang nyaris sempurna dengan tambahan efek suara canggih. Untuk menyaksikan pertunjukan koboi ini pengunjung tidak dikenakan biaya apapun.

Jika masih belum puas pengunjung bisa mencoba aktivitas lain yang tak kalah seru yaitu berkeliling menggunakan kereta mini di perkampungan bernuansa Afrika. Bisa juga mencoba wahana lainnya seperti naik perahu Kano dan sepeda air. Pengunjung yang suka atraksi sirkus atau kesenian tradisional juga bisa menyaksikan pentas sirkus maupun kesenian tradisional di Balai Ruyung Safari.

Mengingat banyaknya wahana menarik yang bisa dinikmati pengunjung sepertinya butuh lebih dari satu hari berlibur di Taman Safari Bogor ini. Untuk itu bagi yang ingin menginap sudah disediakan bungalow atau tempat unik berupa caravan lengkap dengan kamar tidur dan toilet. Bagi yang ingin bersantap juga telah tersedia restoran dan café disekitar lokasi. Sebelum pulang pengunjung bisa membeli oleh-oleh atau cinderamata. Disini banyak pedagang yang menjual berbagai model boneka satwa, banyak juga kios-kios yang menyediakan pakaian maupun pernak-pernik.

surgawisata jawa barat

Akses Paling Cepat ke Taman Safari Bogor

Lokasi Taman Safari Bogor mudah diakses terutama dari kota Bandung, Jakarta dan Cianjur. Dari Bandung jaraknya sekitar 78 kilometer, sementara jika berangkat dari Jakarta jarak tempuhnya sekitar 80 kilometer. Apabila menggunakan kendaraan pribadi roda empat dari Jakarta maka harus mengikuti jalan menuju Puncak setelah keluar dari pintu Tol Ciawi. Jika menggunakan sepeda motor jalur paling cepat yaitu mengikuti Jalan Raya Bogor lalu masuk menuju Puncak. Sampai di Kecamatan Cisarua disisi kanan ada gapura besar penunjuk arah ke Taman Safari.

Bagi yang memilih menggunakan transportasi umum (bis) dari Jakarta bisa turun di terminal Baranagsiang Bogor. Selanjutnya naik angkot jurusan Ciawi. Berikutnya dari Ciawi naik angkutan jurusan Cianjur lalu turun di lokasi. Taman Safari Bogor.

 

 


Reply

hit counter
Select Language