no comments

Mengenal Ribuan Satwa di Taman Safari Prigen (Taman Safari II)


surgawisata

Terletak di Provinsi Jawa Timur tepatnya di Desa Jatirejo, Kecamatan Prigen, Kabupaten Pasuruan, Taman Safari Prigen merupakan tempat wisata kedua setelah Taman Safari yang terlebih dulu dibangun di Bogor. Taman Safari kedua ini berada di area seluas 340 hektar di ketinggian 800 MDPL. Seperti halnya Taman Safari Bogor tempat ini adalah suaka margasatwa sekaligus tempat berlibur yang menyenangkan untuk keluarga.

Dibanding mengunjungi kebun binatang, berlibur ke Taman Safari ini tentu memberi pengalaman berbeda. Jika di kebun binatang hanya terlihat satwa yang terkurung di tempat tertentu, sebaliknya di Taman Safari pengunjung bisa menyaksikan satwa-satwa yang berkeliaran bebas di habitat aslinya. Pengunjung bisa leluasa menyaksikan tingkah laku unik berbagai jenis satwa yang mungkin tidak bisa ditemui di kehidupan satwa yang hidup di kebun binatang.

Sama seperti Taman Safari pertama, Taman Safari Prigen ini juga merupakan pusat konservasi penyelamatan jenis hewan langka yang terancam punah. Selain pusat konservasi taman ini juga didesain dengan perpaduan konsep rekreasi dan edukasi. Diharapkan bagi para pengunjung, terutama pengunjung anak-anak bisa mengenal kehidupan maunpun tingkah laku hewan di habitat asilnya. Pihak pengelola juga menyuguhkan berbagi pertunjukan menarik seputar satwa yang sifatnya mengedukasi para pengunjung.

Fasilitas dan Wahana Taman Safari Prigen

Kawasan Taman Safari Prigen dibagi menjadi 3 zona utama. Yang pertama zona satwa, kedua zona baby zoo dan yang ketiga zona rekreasi.

Zona Satwa

Jika masuk ke zona satwa maka pengunjung bisa menyaksikan kehidupan berbagai jenis satwa dari semua negara-negara di dunia. Oleh karena itu zona ini masih dibagi menjadi 4 zona lagi yaitu zona Asia, zona Eropa, zona Amerika dan zona Afrika. Masing-masing zona diisi oleh hewan yang berasal dari negara yang termasuk dalam zona dengan habitat alam berbeda.

Biasanya pengunjung akan diajak berkeliling melakukan safari adventure ke zona satwa menggunakan bus safari sebelum mengunjungi wahana lain. Yyang datang membawa kendaraan pribadi bisa berkeliling menggunakan kendaraan sendiri. Di zona yang bisa dimasuki secara gratis ini pengunjung bisa memberi makan satwa sepuasnya. Ada beberapa hewan herbivora yang boleh diberi makan diantaranya zebra, kijang dan unta. Namun begitu ada beberapa kawasan yang menerapkan peraturan dan harus dipatuhi pengunjung. Contohnya tidak boleh membuka pintu atau jendela kendaraan ketika memasuki habitat hewan buas, tidak boleh membunyikan klakson, tidak boleh berhenti di habitat beruang terlalu lama, dan peraturan-peraturan lain.

surgawisata

Zona Baby Zoo

Jika pengunjung memasuki zona Baby Zoo disana sudah menunggu sejumlah wahana edukasi dengan hewan-hewan yang menghuni tempat tersebut. Di zona ini pengunjung bisa menyaksikan hewan-hewan yang hidup di habitatnya maupun kebun binatang mini dengan konsep terbuka. Tempat ini menawarkan 14 macam pertunjukan (exhibit satwa) sekaligus menjadi sarana edukasi yang tepat untuk anak-anak agar mengenal perilaku hewan lebih dekat.

Di Baby Zoo ini pengunjung bisa berinteraksi langsung dengan Harimau Benggala, Simpanze, Bekantan, Marmoset, Kanguru, dan aneka satwa eksotis lainnya. Pengunjung juga diperbolehkan menggendong anak-anak hewan tersebut sampai puas. Tak lupa pengunjung juga bisa berfoto bersama anak-anak hewan liar seperti bayi singa, bayi harimau atau bayi orangutan.

Pertunjukan harimau, burung, lumba-lumba dan lainnya juga bisa dinikmati di zona Baby Zoo. Pengelola memgemas pertunjukan sedemikan rupa sehingga menjadi sarana edukasi. Dengan demikian pengunjung bisa melihat kemampuan hewan-hewan yang mungkin belum diketahui sebelumnya. Salah satu contohnya pertunjukan Animal Education Show. Disini setidaknya ada 5 pertunjukan yang sifatnya edukatif terkait satwa yaitu pertunjukan gajah, orangutan, burung pemangsa, harimau dan lumba-lumba.

Di sudut yang lain juga ada pertunjukan Temple of Terror. Pertunjukan ini memperlihatkan aksi teatrikal yang cukup memacu jantung dimana tokoh stuntman (pemeran pengganti) melakukan aksi yang cukup ekstrim dengan efek ledakan api. Pertunjukan ini juga melibatkan beberapa jenis hewan seperti harimau putih, julang emas, rangkong badak, merak hijau dan burung gagak.

Indonesia itu indah

Zona Rekreasi

Di zona terakhir Taman Safari Prigen ada zona rekreasi. Masuk ke zona ini pengunjung bisa mencoba berbagai jenis wahana permainan seperti Sepeda Layang, Puri Misteri, Bom-Bom Boat, Bom-Bom Car, Rio Bravo dan masih banyak lagi. Yang menyukai permainan tantangan bisa mencoba Fying Fox, Shooting Target dan Paint Ball War Game. Disini pengunjung juga berkesempatan berkeliling menunggang gajah atau unta. Tak kalah seru di zona ini ada 4D cinema. Sensasi menonton disini sama seperti 3D cinema, hanya saja tempat duduk di 4D cinema dapat bergerak-gerak sendiri sehingga semua seolah-olah nyata.

Masih di zona rekreasi Taman Safari, disini pengunjung bisa mencoba Water Park seluas tak kurang dari 3,5 hektar. Setidaknya ada 4 wahana air yang bisa dicoba disini. Ada wahana Water Slide yang memicu adrenalin dimana pengunjung dapat meluncur dengan kecepatan 50 kilometer per-jam. Wahana berikutnya ada Lazy River tempat bagi pengunjung yang suka bermalas-malasan sambil mengapung di air.. Ada juga wahana Crocodile Cave yang akan membawa pengunjung memperhatikan spesies buaya dan arwana. Wahana terakhir ada Pirate Pool, disini pengunjung bisa bermain air sepuasnya bersama keluarga.

surgawisata Indonesia

Lapar tapi tidak membawa bekal makanan? Tidak perlu khawatir karena di Taman Safari ini banyak penjual makanan yang menyediakan berbagai menu. Uniknya pengunjung juga berkesempatan makan ditemani harimau putih disebuah restoran bernama Tiger Café. Sebelum pulang pengunjung dapat membeli oleh-oleh atau souvenir untuk keluarga atau teman di rumah. Ada beberapa jenis souvenir yang cukup unik topi, payung, tas, kaos hingga stiker yang bergambar satwa-satwa yang menghuni Taman Safari Prigen. Bagi pengunjung yang datang dari luar kota bisa bermalam di hotel atau penginapan tak jauh dari lokasi.


Reply

hit counter
Select Language