no comments

Liburan Seru di Surga Wisata Kota Kretek Kudus


wisata kudus

Tempat Wisata di Kudus – Secara umum Kota Kudus lebih terkenal sebagai produsen rokok kretek terbesar di Jawa Tengah bahkan mungkin di Indonesia. Disamping itu Kudus juga populer dengan julukan Kota Santri. Julukan yang sangat pantas mengingat zaman dulu kota ini menjadi pusat penyebaran agama Islam, tepatnya di abad pertengahan. Ini bisa dbuktikan dari adanya makam beberapa tokoh Islam seperti Sunan Muria, Sunan Kudus dan Sunan Kedu.

Menilik dari ketiga makam sunan tersebut sepertinya cukup masuk akal jika Kudus dikenal sebagai pusat wisata ziarah. Namun dibalik itu sejatinya Kota Kudus juga menyimpan potensi keindahan alam yang luar biasa. Meski belum mendunia layaknya Yogyakarta, indahnya Indonesia dari sudut yang lain bisa kita nikmati dari kota kecil di Jawa Tengah ini.

Tempat Wisata di Kudus Paling Populer

Untuk menjawab rasa penasaran kamu tentang apa saja yang menarik di Kota Kudus, berikut rangkumen beberapa tempat wisata di Kudus paling menarik yang harus kamu tahu.

Keunikan Air Tiga Rasa Rejenu

Air Tiga Rasa Rejenu Kudus

Tempat wisata unik ini terdapat di kawasan Gunung Muria. Dikatakan unik karena terdapat 3 mata air dengan rasa berbeda. Dari kompleks makam Sunan Muria menuju lokasi mata air 3 rasa Rejenu ini kamu harus berjalan ke arah Utara atau tepatnya berada di atas sebuah air terjun bernama Air Terjun Montel.

Menurut kepercayaan masyarakat setempat, 3 mata air dengan rasa berbeda di kawasan Rejenu ini memiliki khasiat masing-masing apabila diminum.

Pada mata air pertama rasa air disini tawar sedikit asam atau orang Kudus menyebutnya asem-asem kecut. Konon sumber air ini memiliki khasiat menyembuhkan berbagai penyakit ringan maupun berat.

Sumber air yang kedua rasanya sangat mirip dengan soft drink atau minuman bersoda. Konon jika minum air disini maka seseorang bisa lebih percaya diri menghadapi semua persoalan hidup.

Sementara sumber air yang terakhir atau ketiga rasanya mirip minuman beralkohol (seperti rasa arak / tuak). Jenis air ketiga ini dipercaya mampu mendatangkan rejeki dan melancarkan usaha. Satu hal yang unik, jika jenis air 1, 2, dan 3 dicampur dan diminum rasanya seperti air tawar biasa.

Kalau kamu penasaran dengan Air 3 Rasa Rejenu, datang saja di Desa Japan – Kecamatan Dawe – Kudus, Jawa Tengah.

Hunting Foto di Gray Canyon Kudus

Gray Canyon Kudus

Begitu kamu yang pernah datang di Gray Canyon Kudus mungkin kamu tidak percaya ada tempat seindah ini di Indonesia, sebab tempat-tempat seperti ini biasanya hanya ada di luar negeri. Namun kenyataannya tempat wisata ini terdapat di Indonesia dan menjadi aset wisata kebanggaan masyarakat Kudus.

Sejatinya Gray Canyon Kudus adalah lokasi bekas galian namun kini menjelma menjadi pusat wisata paling populer di Kudus. Tempat ini sangat cocok buat kamu yang hobi fotografi ataupun foto selfie.

Gray Canyon Kudus ini berada di Desa Tanjung Rejo – Kecamata Jekulo – Kudus, Jawa Tengah.

Menelusuri Sejarah Rokok Kretek di Museum Kretek

Museum Kretek

Sudah menjadi rahasia umum bahwa Kota Kudus merupakan salah satu sentra perkembangan rokok kretek di Indonesia. Hal ini dapat dibuktikan dari museum kretek di Kudus yang khusus berisi sejarah perkembangan rokok kretek di Jawa Tengah khususnya di Kota Kudus.

Begitu memasuki area museum kamu akan diperkenalkan seluk beluk tantang rokok kretek. Mulai dari sejarah rokok kretek, proses pembuatan rokok kretek baik pembuatan secara manual maupun dengan teknologi modern. Museum Kretek ini berlokasi di Jalan Getas Pejaten – Kecamatan Jati – Kudus, Jawa Tengah.

Bersantai di Taman Oasis

Taman Oasis

Taman Oasis merupakan tempat wisata di Kudus yang diprioritaskan untuk wisata keluarga. di taman indah ini kamu bisa duduk-duduk santai sambil ngobrol bersama teman atau saudara. Sekarang tempat wisata yang dibangun oleh PT. Djarum ini menjadi destinasi wisata favorit dan selalu ramai oleh pengunjung terutama diakhir pekan.

Taman Oasis beralamat di Desa Gondangmanis – Kecamatan Bae – Kudus, Jawa Tengah.

Sensasi Dingin Air Terjun Montel

Air Terjun Montel

Selain Sumber Air 3 Rasa kamu bisa menjelajah tempat wisata lain di Gunung Muria yaitu Air Terjun Montel. Air tejrun yang masih sangat alami ini memiliki ketinggian tak kurang dari 50 meter, dengan kisaran suhu rata-rata 18-20 derajat Celsius. Kamu yang menahan gerah dan panas selama menuju lokasi bisa langsung merasakan sensasi dingin Air Terjun Montel yang berada di Desa Kajar – Kecamatan Dawe – Kudus, Jawa Tengah.

Mitos Jodoh di Sendang Jodo

Sendang Jodo

Buat kamu yang sering bermasalah dengan pasangan sebaiknya segera berkunjung ke Sendang Jodo Kudus. Terlepas apakah mitos atau fakta, konon jika pasangan muda-mudi datang di Sendang Jodo maka hubungannya akan langgeng sampai pernikahan.

Tempat wisata ini sejatinya adalah sebuah mata air (disebut sendang) yang memancarkan air yang tak pernah berhenti. Bisa dibilang destinasi wisata favorit ini merupakan tempat wisata sumber abadi. Untuk kamu yang ingin mencoba “tuah” dari mitos Sendang Jodo bisa datang langsung di Desa Purworejo – Kecamatan Bae – Kudus, Jawa Tengah.

Kemegahan Masjid Menara Kudus

Masjid Menara Kudus

Tempat wisata religi Masjid Menara Kudus memiliki sejarah yang berkaitan dengan penyebaran agama Islam di Jawa tengah. Masjid ini dibangun oleh Sunan Kudus sekitar tahun 1549 masehi, dan batu pertama yang digunakan adalah Batu Baitul Maqdis yang didatangkan dari Palestina.

Masjid Menara Kudus terlihat unik karena bentuk menaranya sangat mirip dengan bangunan candi. Tentu saja ini menggambarkan arsitektur masjid mengadopsi budaya Islam yang dipadukan dengan budaya Hindu.

Masjid Menara Kudus beralamat di Desa Kauman – Kecamatan Kota – Kudus, Jawa Tengah.

Tentunya selain tempat-tempat wisata yang direkomendasikan diatas, kamu masih bisa menikmati indahnya Indonesia dari tempat wisata lainnya di Kota Kudus. Perjalanan wisatamu akan semakin lengkap jika kamu menyempatkan diri mampir di sejumlah tempat makan  untuk mencicipi kuliner khas Kudus.

Reply

hit counter
Select Language