no comments

Kuliner Khas Lombok: Rekomendasi Makanan Enak Asli Suku Sasak


kuliner khas lombok

Kuliner Khas Lombok – Seperti pulau lain di Indonesia Timur, keindahan alam di Lombok sangat potensial dikembangkan menjadi objek wisata. Beberapa kawasan yang sudah dieksplorasi menjadi destinasi wisata dipastikan menuai sukses jika dilihat jumlah wisatawan yang datang setiap harinya.

Pantai Senggigi, Pantai Mandalika, Segara Anak, Taman Suranadi dan lain-lainnya mungkin tempat wisata di Lombok yang cukup akrab di telinga. Lalu bagaimana dengan wisata kulinernya? Sajian lezat apa saja yang layak kita coba saat berkunjung ke Lombok?

Daftar Kuliner Khas Lombok Paling Populer

Kemanapun tujuan traveling kamu dipastikan tidak bisa jauh-jauh dengan urusan perut. Ini sangat beralasan sebab setiap daerah memiliki sajian kuliner berbeda dengan rasa khas. Begitu juga jika kamu berkunjung ke Lombok, ada sejumlah sajian enak khas Lombok yang wajib kamu coba. Apa saja?

Kuliner Ekstra Pedas Ayam Taliwang

ayam taliwang

Ayam Taliwang termasuk salah satu ikon kuliner di Lombok, jadi tak ada alasan buat kamu untuk tidak mencobanya. Kuliner yang paling banyak diburu traveler ini merupakan ayam olahan baik diolah dengan cara dipanggang, dibakar, atau digoreng. Supaya citarasa kulinernya tetap menonjol bahan yang digunakan biasanya ayam kampung dan dikombinasikan dengan rempah-rempah dan sambal ektra pedas.

Ayam Taliwang sendiri biasanya disajikan dengan kuliner lainnya seperti Plecing Kangkung. Makanan khas Lombok ini mudah kamu temukan di restoran dan warung-warung makan di Pulau Lombok dan Sumbawa.

Rekomendasi buat kamu yang ingin mencicipi Ayam Taliwang super lezat, datang saja di restoran “Taliwang Irama” di Jalan Ade Irma Suryani 10 Mataram. Menurut mereka yang pernah berkunjung, kelezatan Ayam Taliwang di restoran ini tidak ada duanya di Lombok.

Sensasi Pedas Nasi Balap Puyung

Nasi Balap Puyung

Tak kalah dengan Ayam Taliwang, Nasi Balap Puyung juga termasuk kuliner khas Lombok yang cukup populer. Kuliner ini sangat lezat karena merupakan kombinasi nasi putih dengan taburan daging ayam suwir yang sebelumnya telah diolah dengan kacang kedelai, udang kering, abon, belut goreng dan cabai pedas. Tampilannya memang sederhana namun begitu mencicipinya kamu tak bisa membantah kelezatannya.

Keunikan rasa Nasi Balap Puyung cukup sukses membuat para wisatawan jatuh hati. Keberadaannya selalu dicari dari rumah-rumah makan pinggir jalan hingga restoran-restoran mewah. Kalau mau rasa Nasi Balap Puyung paling spesial di Lombok kamu bisa datang di rumah makan “Nasi Balap Puyung Cap Inaq Esun” di Desa Puyung Lombok Tengah atau di Jalan Sriwijaya, Maratam, Lombok Barat.

Kuliner Ekstrim “Ares”

Coba kamu bayangkan, gedebog pisang yang biasanya dibuang atau paling banter dipakai menancapkan wayang kulit justru disulap menjadi kuliner olahan yang sangat lezat. Tidak percaya? Datang saja ke Lombok untuk mencicipi kuliner Ares, yaitu makanan olahan yang dibuat dari gedebog pisang yang masih muda. Dari bahannya memang kuliner ini cukup ekstrim tapi setelah mencicipinya dijamin kamu akan ketagihan.

Sebenarnya Ares dari dulu terkenal sebagai makanan tradisional Suku Sasak. Menu ini umumnya digunakan sebagai sajian tetap di acara pernikahan atau even-even besar lainnya. Cara pengolahannya, bahan utama berupa ares (gedebog pisang bagian paling dalam) dicampur santan dan rempah-rempah sehingga tercipta sajian yang unik dan gurih. Tidak ada rekomendasi khusus tempat yang menyediakan kuliner ini sebab hampir setiap warung makan di Lombok menyediakan Ares.

Sate Bulayak, Variasi Rasa Sate Khas Lombok

Sate Bulayak

Kamu pasti tahu bahwa Madura sangat terkenal dengan kuliner satenya. Namun di Lombok ada salah satu varian rasa sate yaitu Sate Bulayak. Jika umumnya sate dibuat dari daging ayam atau daging kambing, maka makanan tradisional Suku Sasak ini dibuat hanya dari daging sapi.  

Biasanya Sate Bulayak disajikan dengan lontong. Uniknya, lontong ini bukan seperti jenis lontong yang biasa. Jika lontong kebanyakan menggunakan bungkus daun pisang, lontong disini dibungkus daun aren yang dibentuk lilitan memanjang menyerupai spiral. Bumbu sate yang digunakan adalah bumbu rahasia Suku Sasak sehingga kelezatannya tidak ada duanya.

Penasaran dengan kelezatan Sate Bulayak? Kamu bisa menjumpai kuliner khas Lombok ini di berbagai tempat wisata di Lombok. Namun menurut beberapa sumber, Sate Bulayak paling enak yaitu di Taman Narmada atau Taman Suranadi tepatnya di Halaman Pura Lingsar.

Rasa Istimewa Plecing Kangkung

Plecing Kangkung

Plecing kangkung sebenarnya sajian kuliner yang dibuat dari jenis kangkung biasa, namun cara pengolahannya saja yang berbeda. Komposisi Plecing Kangkung yaitu kangkung yang sudah direbus kemudian disajikan bersama sambal tomat. Rasanya sangat istimewa karena sambal tomat ini dibuat dari perpaduan bermacam-macam bumbu seperti terasi, cabe rawit, garam, dan aneka rempah tradisional. Meskipun sama-sama kangkung tapi konon kangkung asli Lombok lebih enak dibanding kangkung dari daerah lain sehingga rasa Plecing Kangkung makin istimewa.

Bebalung, Kuliner untuk Meningkatkan Stamina

Bebalung

Tak kalah dengan jenis kuliner lain, Bebalung merupakan makanan khas Suku Sasak yang kini kian populer. Kuliner ini terbuat dari iga sapi yang dimasak dengan bumbu-bumbu seperti bawang merah, bawang putih, kunyit, jahe, cabe rawit dan lengkuas. Meskipun menggunakan bahan dasar dari tulang dengan sedikit daging, namun makanan ini dipercaya menjadi sumber energi untuk meningkatkan vitalitas.

Menu yang menjadi hidangan wajib hajatan masyarakat Suku Sasak ini adalah sup yang bentuknya hampir mirip dengan gulai. Namun rasanya tentu saja jauh berbeda. Kalau kamu sedang berada di Lombok Barat bisa mencicipi kuliner Bebalung paling lezat di depot “Kelebet” jalan HOS Cokroaminoto.

Nah, itu tadi rekomendasi kuliner khas Lombok buat kamu yang nanti ingin berlibur ke Pulau Lombok dan sekitarnya. Tentu saja masih banyak sajian kuliner lain yang tak kalah enak bisa kamu temukan disana. Tergantung seberapa tebal kantong kamu untuk mencoba semua kuliner yang ada. 

Reply

hit counter
Select Language