no comments

Kuliner Khas Bali: Berburu Makanan Enak di Pulau Dewata


kuliner di Bali

Kuliner Khas Bali – Tempat wisata skala internasional seperti Bali bisa dipastikan menawarkan koleksi wisata maha indah lengkap dengan fasilitas-fasilitas lengkap untuk wisatawan. Mudahnya transportasi dan akomodasi mewah yang disediakan cukup membuktikan bahwa Bali memang salah satu destinasi wisata yang layak di perhitungkan di dunia internasional.

Jika tempat wisata di Bali sudah didukung fasilitas transportasi dan akomodasi yang memadai, lantas bagaimana dengan kuliner khas Bali? Apakah sajian kuliner asli Bali mampu menjawab rasa penasaran pemburu kuliner dari luar Bali?

Daftar Makanan Khas Bali paling Populer

Sebenarnya Bali bukan saja surganya wisata alam namun untuk ketersediaan wisata kuliner sepertinya juga harus diapresiasi. Nah, apa saja makanan khas Bali yang direkomendasikan buat kamu? Simak list makanan enak dari Bali berikut ini.

Sate Lilit, Kuliner Primadona di Bali

sate lilit bali

Sama seperti namanya, proses pembuatan Sate Lilit adalah dengan cara daging dililitkan, bukan ditusuk seperti sate kebanyakan. Daging yang nantinya dililitkan pada tusuk sate, sebelumnya dicincang halus lalu dicampur dengan bumbu-bumbu khas Bali, baru kemudian dililitkan di tangkai bambu atau batang serai sehingga aromanya lebih wangi dan sedap.

Karena dicincang terlebih dulu maka Sate Lilit lebih empuk dan gurih. Ada beberapa jenis daging yang digunakan sebagai bahannya seperti daging ayam, babi, atau ikan tenggiri. Namun biasanya yang menjadi primadona di Bali yaitu Sate Lilit dari ikan tenggiri.

Sate Lilit sendiri cukup mudah ditemukan di Bali baik di rumah makan , restoran maupun pasar tradisional. Bahkan tak sedikit pedagang yang menjual kuliner ini dengan cara berkeliling.

Rasa Super Pedas Rujak Kuah Pindang & Rujak Bulung

rujak kuah pindang

Bagi kamu yang pernah berkunjung ke Bali mungkin pernah mencicipi kuliner rujak yang dicampur bumbu kuah ikan tuna. Kuliner unik ini memang cukup mudah dijumpai baik di restoran maupun warung-warung kecil pinggir jalan.

Sensasi rasa dari irisan mangga yang dicampur kuah pindang super pedas sepertinya cukup membuat lidahmu berdansa.  Kalau kamu tidak suka mangga, isian Rujak Bulung bisa kamu ganti dengan jenis buah lain atau mungkin rumput laut. Poin utama kuliner ini adalah sensasi pedasnya. Jadi kalau kamu tidak suka makanan pedas sebaiknya tidak perlu mencoba.

Untuk rekomendasi tampatnya, kamu bisa menjumpai kuliner Rujak Bulung di Warung Rujak Kuah Pindang Bo Hwa dan Warung Rujak Glogor di Denpasar.

Rasa Unik Lontong Tipat Blayag

tipat blayag

Kalau kamu sudah akrab dengan kuliner Bali Tipat Cantok, kali ini kamu harus berkenalan dengan Tipat Blayag kuliner khas Buleleng. Tipat Blayag ini bentuknya bulat memanjang seperti lontong, hanya saja tidak dibungkus daun pisang tapi dililit dengan janur atau daun kelapa muda.

Jika Tipat Catok disajikan dengan bumbu kacang, Tipat Blayag mengandalkan bumbu dari olahan tepung beras dicampur bumbu Bali. Bumbunya kental dengan tekstur mirip santan, tentunya sangat nikmat jika dikolaborasikan dengan Tipat Blayag yang dipotong-potong, gorengan ceker ayam, kacang kedelai, ayam sisit, sayur urap dan kerupuk kulit ayam.

Sajian Tipat Blayag ini mudah kamu temukan di kawasan Singaraja. Beberapa restoran dan rumah makan di kawasan Kuta dan Denpasar juga menyediakan kuliner unik ini.

Kelezatan Bubur ala Nasi Tepeng

bubur ala nasi tepeng

Ini merupakan kuliner khas Bali yang terkenal di daerah Gianyar. Ciri khas Nasi Tepeng adalah teksturnya yang lembek mirip bubur. Cara penyajiannnya, Nasi Tepeng disiram dengan racikan bumbu rempah asli Bali, biasanya bumbu ini didominasi rasa pedas yang cukup kuat.

Adapun makanan lain yang turut menyempurnakan kelezatan Nasi Tepeng diantaranya kacang merah, terong, kacang panjang, nangka muda, daun kelor dan kelapa parut. Untuk lauk biasanya menggunakan ayam goreng suwir dan telur. Kamu bisa mecoba kuliner Nasi Tepeng di kawasan Pasar Senggol Gianyar, Bali.

Ikon Kuliner Ayam Betutu

ayam betutu

Sangat keterlaluan kalau kuliner khas Bali yang satu ini tidak masuk list kuliner buruan kamu di Bali. Ayam Betutu memang terkenal sangat lezat sehingga kemudian menjadi icon kuliner di Bali. Lagi-lagi kamu akan dimanjakan kuliner dengan sensasi super pedas dengan rempah melimpah dari Ayam Betutu ini.

Ayam Betutu dibuat dari ayam kampung. Prosesnya, setelah isi perut dibuang lalu diisi dengan bumbu rempah. Berikutnya ayam yang sudah diisi bumbu dibungkus daun pisang lalu dipanggang diatas bara sekam. Proses pemanggangan bisa mencapai 24 jam untuk menghasilkan Ayam Betutu yang gurih, lembut dan bumbu-bumbunya lebih meresap.

Kamu bisa mencoba kelezatan Ayam Betutu di daerah Gilimanuk seperti “Rumah Makan Ayam Betutu Liku”” atau Rumah Makan Ayam Betutu Men Tempeh”.

Lawar Kuwir, Daging Cincang Bebek Entog

Lawar Kuwir, Daging Cincang Bebek Entog

Lawar merupakan makanan khas Bali dari campuran daging cincang dan aneka sayuran ditambah dengan bumbu rempah khas Bali. Adapun daging cincang yang digunakan untuk Lawar ini biasanya adalah daging babi. Namun sebagi alternatif untuk pecinta kuliner yang tidak makan babi, daging cincang kemudian diganti dengan Kuwir (bebek entog). Nah, jadilah kuliner yang semakin populer yaitu Lawar Kuwir.

Daging bebek entog biasanya dicincang terlebih dulu lalu dicampur sayuran yang sudah dipotong-potong. Berikutnya campuran ini ditambah parutan kelapa dan yang terakhir dilumuri bumbu Bali. Sajian Lawar Kuwir ini lebih nikmat disajikan dengan nasi putih hangat dan Sate Lilit, kacang tanah goreng, Ayam Betutu (disuwir-suwir), dan sayur dari bahan batang pisang atau jukut ares.

Keunikan kuliner Lawar Kuwir ini bisa kamu nikmati di “Warung Lawar Kuwir Bu Wit”, “Warung Lawar Kuwir Men Koko” di Tabanan atau di “Warung Makan Pan Sinar” di Denpasar.

Nah, kalau kamu belum puas juga dengan rekomendasi kuliner khas Bali diatas, kamu bisa  mencoba kuliner lain yang tak kalah nikmat seperti Nasi Campur Ayam Bali, Serombotan, atau mungkin Babi Guling.


Reply

hit counter
Select Language