no comments

Keindahan Landscape Pantai Teleng Ria Pacitan dari Perbukitan


Pantai Teleng Ria Pacitan – Bukan hanya Malang dan Lamongan daerah di Jawa Timur yang memiliki banyak wisata pantai. Di Kabupaten Pacitan juga terdapat wisata pantai yang tak kalah eksotis dengan panorama mempesona yang merupakan salah satu surgawisata di Indonesia. Pantai ini bernama Pantai Teleng Ria, dimana selain terkenal dengan alamnya yang indah pantai ini juga menjadi lokasi yang tepat bagi surfer pemula yang ingin menjajal ombak di Samudera Hindia. Lokasi Pantai Teleng Ria tidak begitu jauh dari pusat Kota Pacitan, tepatnya di Desa Teleng – Sidoharjo Kecamatan Pacitan. Dibanding deretan pantai selatan Pulau Jawa yang berbatasan dengan Samudera Hindia yang lain, posisi pantai ini paling strategis dan lebih mudah dijangkau oleh wisatawan.

Terletak tepat di Teluk Pacitan, pantai yang nampak unik dengan relief-relief landai in panjangnya 2,5 kilometer dengan luas lebih dari 40 hektar. Pantai Teleng Ria posisinya berdampingan dengan Pantai Temperan namun keduanya difungsikan untuk kepentingan berbeda. Pantai Teleng Ria khusus untuk wisata sementara Pantai Temperan hanya diprioritaskan untuk aktivitas perikanan, dimana di kawasan pantai ini juga terdapat pelabuhan perikanan. Karena letaknya sangat berdekatan masing-masing aktivitas di kedua pantai ini sedikit banyak saling mempengaruhi satu sama lain. Intinya pengunjung yang datang ke Pantai Teleng Ria kadang juga tertarik mengunjungi Pantai Temperan yang memiliki hasil ikan yang melimpah, begitu juga sebaliknya.

indahnya indonesia

Aktivitas Seru di Pantai Teleng Ria

Pantai Teleng Ria terletak diantar pegunungan Limo dimana disekeliling pantai menjulang tebing-tebing tinggi menyerupai huruf “U”. Tebing-tebing ini seperti melindungi pantai sehingga ombaknya cukup tenang, tidak seperti pantai-pantai lain di Samudera Hindia yang terkenal dengan ombaknya yang cukup ganas. Di kabupaten Pacitan sendiri pantai ini merupakan pantai pertama yang dieksplorasi menjadi kawasan wisata. Namun kini pantai-pantai lain seperti Pantai Soge, Pantai Klayar dan Pantai Watu Karung juga sudah dikembangkan menjadi destinasi wisata pantai yang cukup populer di Pacitan dan merupakan salah satu bukti bahwa Indonesia Itu Indah.

Seperti halnya di tempat wisata pantai pada umumnya, di Pantai Teleng Ria Pacitan ini pengunjung bisa melakukan berbagai aktvitas menyenangkan. Mulai dari berjemur, berenang, atau sekedar berjalan-jalan menyusuri pantai merupakan aktivitas yang biasa dilakukan wisatawan di tempat ini. Pengunjung bisa sepuasnya bermain sepeda, voli pantai atau jogging. Bagi yang hobi memancing bisa menyalurkan hobinya disini sampai puas dan ntuk organisai seperti pramuka atau sekolah juga diperbolehkan berkemah di Pantai Teleng Ria.

Pengunjung pantai ini biasanya meningkat di akhir pekan atau hari libur. Umumnya yang paling disukai di pantai adalah panas matahari yang tidak terlalu menyengat ketika menyusuri pasir pantai. Berbeda dari pantai lain dengan dominasi warna pasir putih, pasir di Pantai Teleng Ria warnanya putih cenderung kecoklatan. Bermain air di pantai ini harus waspada karena sudah banyak korban yang terseret ombak akibat bermain terlalu jauh. Untuk mengingatkan wisatawan jika ombak terlalu besar bisanya petugas pantai meniupkan peluit. Memang ombak di pantai ini cukup tenang namun diwaktu-waktu tertentu tiba-tiba gelombang cukup tinggi sehingga sangat berbahaya untuk surfing maupun berenang.

Keindahan landscape Pantai Teleng Ria juga bisa dinimati dari atas bukit. Perbukitan disekitar pantai memang sangat teduh dan udaranya cukup segar sehingga lebih nyaman untuk rileks sambil mengamati pantai dari ketinggian. Terdapat dua bukit yang mengelilingi pantai. Dari atas dua bukit tersebut pengunjung lebih leluasa menyaksikan palung-palung laut yang membentuk formasi 3 garis lurus di tengah laut.

Pantai Pacitan

Kursus Kilat Berselancar

Jika pengunjung tertarik surfing di pantai ini bisa menyewa alat selancar yang tersedia di sekitar pantai. Harganya sekitar Rp 50 ribu. Biasanya ombak di Pantai Teleng Ria tidak begitu besar, jadi bagi pemula yang ingin belajar berselancar bisa mencoba disini. Untuk yang baru pertama mencoba berselancar ada kursus surfing kilat dengan biaya Rp 20 ribu. Latihan yang didampingi surfer profesional ini biasanya hanya berlangsung maksimal 2 jam.

Tak jauh dari bibir pantai, tepatnya di muara Sungai Teleng sudah dilengkapi beberapa wahana untuk bermain anak-anak. Di dermaga kecil misalnya, disini sudah dilengkapi kapal-kapal mainan. Kawasan Pantai teleng Ria memang masih terus berbenah. Saat ini sudah dimulai penyempurnaan area perkemahan, pembangunan untuk pertunjukan seni serta tempat-tempat khusus untuk kuliner.

Pantai Pacitan

Sejumlah fasilitas umum yang biasanya ada di beberapa tempat wisata pantai seperti gardu pandang, MCK, musholla, dan lain-lainnya juga sudah tersedia disini. Kebanyakan wisatawan yang datang menggunakan kendaraan pribadi singgah beberapa saat di gardu-gardu pandang yang sudah disediakan. Disini pengunjung lebih leluasa mengamati pantai dan pegunungan yang indah dari kejauhan.

Pengunjung yang tidak membawa perbekalan dari rumah bisa membeli makanan di sekitar pantai. Banyak juga pedagang yang berkeliling menawarkan makanan ringan, air mineral, soft drink dan aneka kuliner khas Pacitan. Sejumlah fasilitas lain seperti kolam renang, area parkir hingga pos informasi juga sudah tersedia di kawasan pantai.

Rute Terekat ke Lokasi

Pacitan merupakan kabupaten di Jawa Timur yang berbatasan langsung dengan Provinsi Jawa Tengah, jadi cukup mudah diakses dari arah Barat seperti Solo, Jogja dan Karanganyar. Kota Pacitan lebih cepat diakses dari Jogja karena kondisi jalan lumayan mulus meskipun ruasnya kurang lebar. Dari Jogja ke Pacitan hanya butuh waktu 2,5 jam melalui Kota Wonosari Kabupaten Gunungkidul.

Jika berangkat dari Solo butuh waktu tempuh 3 jam melalui Kabupaten Wonogiri. Sementara pengunjung dari Surabaya butuh waktu lebih dari 6 jam melalui beberapa kota seperti Mojokerto, Jombang, Nganjuk, Madiun dan Ponorogo. Pantai Teleng Ria Pacitan ini hanya berjarak 2 kilometer dari Kota Pacitan dengan waktu tempuh kurang lebih 10 menit.


Reply

hit counter
Select Language